PELATIHAN PENGEMBANGAN TEKNOLOGI BARU DALAM PENGAJARAN DAN PEMBELAJARAN MELALUI APLIKASI LMS MAHASISWA PPG UNIVERSITAS ISLAM MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.44288Keywords:
Pelatihan, Pengembangan Teknologi Baru, Pengajaran dan Pembelajaran, Learning Management System (LMS), Mahasiswa PPG, Universitas Islam MakassarAbstract
Pengabdian ini bertujuan untuk fokus pada Pelatihan Pengembangan Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran melalui Aplikasi Learning Management System (LMS) bagi Mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Islam Makassar bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam memanfaatkan teknologi digital untuk mendukung proses pembelajaran yang efektif. Dalam konteks pendidikan yang semakin dipengaruhi oleh kemajuan teknologi, penggunaan LMS menjadi sangat penting untuk mengelola materi, interaksi, serta evaluasi pembelajaran. Meskipun LMS telah diterapkan di berbagai institusi pendidikan, tantangan terbesar yang dihadapi adalah pemahaman dan penguasaan teknologi ini oleh mahasiswa. Oleh karena itu, pelatihan ini dirancang untuk memperkenalkan mahasiswa PPG Universitas Islam Makassar pada teknologi-teknologi baru yang relevan dalam konteks pengajaran dan pembelajaran berbasis digital. Pelatihan ini melibatkan berbagai sesi yang mengajarkan penggunaan LMS secara optimal, serta integrasi berbagai aplikasi dan teknologi terbaru yang dapat memperkaya pengalaman belajar dan mempermudah proses pengajaran. Metode pelatihan yang digunakan bersifat interaktif, dengan pendekatan langsung kepada mahasiswa melalui praktik penggunaan LMS dan teknologi pendukung lainnya. Dengan pelatihan ini, mahasiswa PPG diharapkan mampu meningkatkan keterampilan digital mereka, serta dapat memanfaatkan LMS untuk memperkaya dan meningkatkan kualitas proses pembelajaran di lingkungan sekolah.Pelatihan ini diharapkan tidak hanya memberikan pemahaman teknis mengenai penggunaan LMS, tetapi juga memperkuat pemahaman mahasiswa tentang peran teknologi dalam inovasi pengajaran yang lebih menarik dan efektif. Secara keseluruhan, pelatihan ini diharapkan dapat mendukung pengembangan profesional mahasiswa PPG Universitas Islam Makassar dalam menghadapi tantangan pendidikan di era digital, serta memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.References
Anderson, T., & Elloumi, F. (Eds.). (2004). Theory and practice of online learning. Athabasca University Press.
Bates, A. W. (2019). Teaching in a digital age: Guidelines for designing teaching and learning. BCcampus.
Palloff, R. M., & Pratt, K. (2013). Lessons from the virtual classroom: The realities of online teaching. Jossey-Bass.
Al-Samarraie, H., Teng, B. K., Alzahrani, A. I., & Alalwan, N. (2018). E-learning continuance satisfaction in higher education: A unified perspective from instructors and students. Studies in Higher Education, 43(11), 2003–2019. https://doi.org/10.1080/03075079.2017.1298088
Martin, F., & Bolliger, D. U. (2018). Engagement matters: Student perceptions on the importance of engagement strategies in the online learning environment. Online Learning, 22(1), 205–222. https://doi.org/10.24059/olj.v22i1.1092
Kemendikbud RI. (2020). Panduan penyelenggaraan program pendidikan profesi guru. Diakses dari https://ppg.kemdikbud.go.id
MoodleDocs. (2023). Using Moodle for teaching and learning. Diakses dari https://docs.moodle.org
Universitas Islam Makassar. (2023). Laporan pelaksanaan pelatihan LMS bagi mahasiswa PPG. Lembaga Pengembangan Pendidikan.
Universitas Islam Makassar. (2024). Bimtek SPADA LMS NADRUSU, Tingkatkan Kompetensi Pembelajaran Daring.
Fa'iziyah, N. (2023). Penggunaan Learning Management System (LMS) Moodle dalam Pembelajaran PAI di SMA Labschool Cirendeu. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Makassar. (2023). Berbagai Artikel tentang Inovasi Pembelajaran dan Teknologi Pendidikan.
Rohmah, N. (2023). Pembelajaran E-Learning Perspektif Gender. Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.
Siregar, E. (2023). Pemanfaatan Learning Management System (LMS) sebagai Pendukung Pembelajaran Online.
Haryono, T. (2023). Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan Teknologi untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Abdul Wahid, Nur Afni, Faisal Saransi, Sri Hastati, Badruddin Kaddas, Abrina Maulidnawati Jumrah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.