PELATIHAN PENGEMBANGAN TEKNOLOGI BARU DALAM PENGAJARAN DAN PEMBELAJARAN MELALUI APLIKASI LMS MAHASISWA PPG UNIVERSITAS ISLAM MAKASSAR

Authors

  • Abdul Wahid Universitas Islam Makassar
  • Nur Afni Universitas Islam Makassar
  • Faisal Saransi Politeknik Ilmu Pelayaran
  • Sri Hastati Universitas Islam Makassar
  • Badruddin Kaddas Universitas Islam Makassar
  • Abrina Maulidnawati Jumrah Politeknik Ilmu Pelayaran
  • Rahmawati Rahmawati Universitas Islam Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.44288

Keywords:

Pelatihan, Pengembangan Teknologi Baru, Pengajaran dan Pembelajaran, Learning Management System (LMS), Mahasiswa PPG, Universitas Islam Makassar

Abstract

Pengabdian ini bertujuan  untuk fokus pada Pelatihan Pengembangan Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran melalui Aplikasi Learning Management System (LMS) bagi Mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Islam Makassar bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam memanfaatkan teknologi digital untuk mendukung proses pembelajaran yang efektif. Dalam konteks pendidikan yang semakin dipengaruhi oleh kemajuan teknologi, penggunaan LMS menjadi sangat penting untuk mengelola materi, interaksi, serta evaluasi pembelajaran. Meskipun LMS telah diterapkan di berbagai institusi pendidikan, tantangan terbesar yang dihadapi adalah pemahaman dan penguasaan teknologi ini oleh mahasiswa. Oleh karena itu, pelatihan ini dirancang untuk memperkenalkan mahasiswa PPG Universitas Islam Makassar pada teknologi-teknologi baru yang relevan dalam konteks pengajaran dan pembelajaran berbasis digital. Pelatihan ini melibatkan berbagai sesi yang mengajarkan penggunaan LMS secara optimal, serta integrasi berbagai aplikasi dan teknologi terbaru yang dapat memperkaya pengalaman belajar dan mempermudah proses pengajaran. Metode pelatihan yang digunakan bersifat interaktif, dengan pendekatan langsung kepada mahasiswa melalui praktik penggunaan LMS dan teknologi pendukung lainnya. Dengan pelatihan ini, mahasiswa PPG diharapkan mampu meningkatkan keterampilan digital mereka, serta dapat memanfaatkan LMS untuk memperkaya dan meningkatkan kualitas proses pembelajaran di lingkungan sekolah.Pelatihan ini diharapkan tidak hanya memberikan pemahaman teknis mengenai penggunaan LMS, tetapi juga memperkuat pemahaman mahasiswa tentang peran teknologi dalam inovasi pengajaran yang lebih menarik dan efektif. Secara keseluruhan, pelatihan ini diharapkan dapat mendukung pengembangan profesional mahasiswa PPG Universitas Islam Makassar dalam menghadapi tantangan pendidikan di era digital, serta memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

References

Anderson, T., & Elloumi, F. (Eds.). (2004). Theory and practice of online learning. Athabasca University Press.

Bates, A. W. (2019). Teaching in a digital age: Guidelines for designing teaching and learning. BCcampus.

Palloff, R. M., & Pratt, K. (2013). Lessons from the virtual classroom: The realities of online teaching. Jossey-Bass.

Al-Samarraie, H., Teng, B. K., Alzahrani, A. I., & Alalwan, N. (2018). E-learning continuance satisfaction in higher education: A unified perspective from instructors and students. Studies in Higher Education, 43(11), 2003–2019. https://doi.org/10.1080/03075079.2017.1298088

Martin, F., & Bolliger, D. U. (2018). Engagement matters: Student perceptions on the importance of engagement strategies in the online learning environment. Online Learning, 22(1), 205–222. https://doi.org/10.24059/olj.v22i1.1092

Kemendikbud RI. (2020). Panduan penyelenggaraan program pendidikan profesi guru. Diakses dari https://ppg.kemdikbud.go.id

MoodleDocs. (2023). Using Moodle for teaching and learning. Diakses dari https://docs.moodle.org

Universitas Islam Makassar. (2023). Laporan pelaksanaan pelatihan LMS bagi mahasiswa PPG. Lembaga Pengembangan Pendidikan.

Universitas Islam Makassar. (2024). Bimtek SPADA LMS NADRUSU, Tingkatkan Kompetensi Pembelajaran Daring.

Fa'iziyah, N. (2023). Penggunaan Learning Management System (LMS) Moodle dalam Pembelajaran PAI di SMA Labschool Cirendeu. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Makassar. (2023). Berbagai Artikel tentang Inovasi Pembelajaran dan Teknologi Pendidikan.

Rohmah, N. (2023). Pembelajaran E-Learning Perspektif Gender. Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

Siregar, E. (2023). Pemanfaatan Learning Management System (LMS) sebagai Pendukung Pembelajaran Online.

Haryono, T. (2023). Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan Teknologi untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan

Downloads

Published

2025-04-10

How to Cite

Wahid, A., Afni, N., Saransi, F., Hastati, S., Kaddas, B., Jumrah, A. M., & Rahmawati, R. (2025). PELATIHAN PENGEMBANGAN TEKNOLOGI BARU DALAM PENGAJARAN DAN PEMBELAJARAN MELALUI APLIKASI LMS MAHASISWA PPG UNIVERSITAS ISLAM MAKASSAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 2225–2229. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.44288

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.