PENDAMPINGAN MELALUI DARING PENGGUNAAN APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN SKILL MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR DALAM MEMBUAT MEDIA AJAR

Authors

  • Nurjannah Nurjannah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Dian Suparti Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Taufik Hidayat Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Syamsuriyanti Syamsuriyanti Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Suardi Suardi Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41674

Keywords:

Aplikasi Canva, Pelatihan, Soft Skill

Abstract

Penggunaan TIK dalam proses pembelajaran sudah bukan hal yang asing lagi dalam era globalisasi seperti sekarang ini. Adanya internet memungkinkan kita untuk belajar kapan dan di mana saja dengan lingkup yang sangat luas Pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan dalam revolusi industri 4.0 membuat perubahan dalam gaya belajar dalam kegiatan pembelajaran. Guru dituntut untuk mengikuti proses pembelajaran digital yang interaktif dan mampu meningkatkan minat dan motivasi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Adanya Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, mahasiswa dituntut memiliki soft skill, dan kemampuan di luar bidang studinya. Dari adanya permasalahan di masyarakat sehingga Tim PKM menyusun Progam Pengabdian ini yang bertujuan untuk memberi bekal kepada mahasiswa PGSD kelas G sebagai calon guru agar mampu mengoperasikan aplikasi Canva untuk pembuatan media pembelajaran yang inovatif. Aplikasi ini sangat bermanfaat untuk membuat berbagai macam desain, seperti cover, spanduk, banner, undangan, dan lain-lain. Metode pengabdian yang digunakan adalah tutorial, di mana mahasiswa didampingi agar mampu mengoperasikan aplikasi Canva. Mahasiswa yang mengikuti pengabdian ini adalah para mahasiswa Program Studi Pendidikan Dasar pada Program Pascasarjana Muhammadiyah Makassar. Hasil dari pengabdian ini diharapkan mahasiswa mampu mengoperasikan Canva, dan dapat menerapkannya di lingkungan masyarakatnya

References

Akbar, A., & Noviani, N. (2019). Tantangan dan solusi dalam perkembangan teknologi pendidikan di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Analicia & Yogica. (2021). Media Pembelajaran Visual Menggunakan Canva Pada Materi Sistem Gerak. Jurnal Edutech Undiksha 9(2): 260

Efendi, R., Putra, A., Hasibuan, G., & Siregar, P. S. (2023). Canva Application-Based Learning Media on Motivation and Learning Outcomes. International Journal of Elementary Education, 7(2), 342–352.

Elsa, E., & Anwar, K. (2021). The Perception of Using Technology Canva Application as a Media for English Teacher Creating Media Virtual Teaching and English Learning in Loei Thailand. Journal of English Teaching, Literature, and Applied Linguistics, 5(1), 62. https://doi.org/10.30587/jetlal.v5i1. 2253

Fathoni, T. (2024). Menggali Pemikiran Roger Bacon dalam Pendidikan Berbasis Eksperimen dan Metode Ilmiah. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4(02), 2080–2091.

Fauziyah, N. L., Widodo, J. P., & Yappi, S. N. (2016). The Use of ‘ Canva for Education ’ and the Students ’ Perceptions of Its Effectiveness in the Writing Procedure Text. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 6368–6377.

Garris Pelangi. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2ini),1–18. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/article/view/8354

Ginting, R. V. B., Arindani, D., Lubis, C. M. W., & Shella, A. P. (2021). Literasi digital sebagai wujud pemberdayaan masyarakat di era globalisasi. Jurnal Pasopati, 3(2).

Haisam Arrasyid, A., Rimanda, R., Puadah, U. S., & Aeni, A. N. (2022). Sharing Pelatihan Canva Dalam Pembuatan Konten Islami. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia,2(1),99– 103. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.

Hapsari & Zulherman. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu 5(4): 2384–94

Hijrah, L., Arransyah, M. F., Putri, K., Arija, N., & Putri, R. K. (2021). Pelatihan Penggunaan Canva Bagi Siswa di Samarinda. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 3(1),98. https://doi.org/10.30872/plakat.v3i 1.5849

Irsan, I., G, A. L. N., Pertiwi, A., & R, F. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif Menggunakan Canva. Jurnal Abdidas, 2(6), 1412–1417. https://doi.org/10.31004/abdidas.v 2i6.498 Jafar Adrian, Q., Putri, N. U., Jayadi, A.,

Isnaini, Sulistiyani, & Putri. (2021). Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 5(1): 291

Kartiwi & Rostikawati. (2022). Pemanfaatan Media Canva Dan Aplikasi Quizizz Pada Pembelajaran Teks Fabel Siswa SMP. Semantik 11(1): 61.

Mulyono, A. (2018). Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Munirah, M., Asfahani, A., Fathoni, T., Cindy, A. H., & Hasan, Z. (2024). EMPOWERING WOMEN THROUGH ENTREPRENEURSHIP IN URBAN COMMUNITIES. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 6520–6527.

Mustaghfirin, A., Fikri, M. K., Diansyah, N., Sidik, F., & Fatoni, T. (2024). Menciptakan Menciptakan Lingkungan Inovatif Melalui Kepemimpinan Kepala Sekolah. Social Science Academic, 2(2).Raihani , IF, Aprida, N., Fitri, N., & Suryanda, A. (2021). Penilaian Sumatif dan Penilaian Formatif Pembelajaran Online. Laporan Pendidikan Biologi, 2 (1), 1-10.

Rohma & Sholihah. (2021). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva Materi Bangun Ruang Limas. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung 9(3): 292–306

Sembiring, J. P., Sudana, I. W., Darmawan, O. A., Nugroho, F. A., & Ardiantoro, N. F. (2022). Pengenalan Aplikasi Canva Kepada Siswa/Siswi Smkn 1 Tanjung Sari, Lampung Selatan. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS),3(2),187. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v3i2.2020.

Suardi, Hidayah Quraisy, Nurul Awalyah. 2024. Pengaruh Game Interaktif Wordwall Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN NO. 138 Inpres Mangulabbe. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 44-55. http://journal.unpacti.ac.id/index.php/ELIPS

Syamsuriyanti, Idawati, Isra Aulia. 2024. Pengaruh Penggunaan Aplikasi Capcut Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPS Murid Kelas IV SDN 248 Laikang Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10 (2), 477-484.

Tanjung & Faiza. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, 7(2), 79–80.

Zariono. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran PAI-BP dI SD Abstrak Pendahuluan Dunia Saat Ini Dilanda Musibah Yaitu Wabah Corona Virus Disease (Covid 19). Jurnal Cakrawala Pendas 8(1): 117–27

Downloads

Published

2025-01-24

How to Cite

Nurjannah, N., Suparti, D., Hidayat, T., Syamsuriyanti, S., & Suardi, S. (2025). PENDAMPINGAN MELALUI DARING PENGGUNAAN APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN SKILL MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR DALAM MEMBUAT MEDIA AJAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 837–843. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41674

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.