PENGENALAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN VIRTUAL REALITY ERA SOCIETY 5.0

Authors

  • Ashabul Taufik Universitas Islam Makassar
  • Andi. Muh. Akbar Saputra Universitas Islam Makassar
  • Kamal Kamal Universitas Islam Makassar
  • Indra Farman Universitas Islam Makassar
  • Nur Alamsyah Universitas Islam Makassar
  • Abdul Wahid Universitas Islam Makassar
  • Muh Chairil Imran Universitas Islam Makassar
  • Nur Afni Universitas Islam Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41252

Keywords:

Teknologi Pembelajaran, Virtual reality, Society 5.0, Pengabdian Masyarakat, SMKN 3 Makassar

Abstract

Pengabdian ini bertujuan memperkenalkan teknologi pembelajaran berbasis Virtual reality (VR) di SMKN 3 Makassar sebagai bagian dari adaptasi pendidikan era Society 5.0. Teknologi VR menawarkan pembelajaran yang interaktif, personal, dan mendalam, cocok untuk jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Metode pelaksanaan mencakup identifikasi masalah melalui observasi dan wawancara, perencanaan program, implementasi kegiatan, monitoring dan evaluasi, serta dokumentasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa VR membantu meningkatkan minat belajar siswa melalui visualisasi 3D perangkat keras jaringan komputer. Kegiatan melibatkan presentasi, tanya jawab, dan demonstrasi VR, yang disambut antusias oleh 45 siswa dan 2 guru pendamping. Peserta belajar bahwa VR tidak hanya untuk hiburan, tetapi juga efektif sebagai media pembelajaran. Evaluasi menunjukkan tingkat kepuasan tinggi, dengan 89% peserta merasa sangat puas dan 11% puas. Pengabdian ini memberikan pengetahuan dan pengalaman baru kepada siswa dan guru dalam menggunakan teknologi VR, yang diharapkan dapat menjadi referensi pengembangan media pembelajaran di sekolah kejuruan

References

Abdussamad. (2021). Metodologi Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI Press.

Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arianto, B., & Rani, S. (2024). Teknik Wawancara dalam Metoda Penelitian Kualitatif. Borneo Novelty Publishing.

Hanifah, U., Niar, S., & Agustian. (2021). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran. Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 123–133.

Naufal Azmi, M., Mansur, H., & Hadi Utama, A. (2024). Potensi Pemanfaatan Virtual reality Sebagai Media Pembelajaran Di Era Digital. JDPP Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1), 211–226.

Raihan, S., & Nurzalkinah, S. (2024). Tantangan Penggunaan Teknologi Ddalam Pembelajaran Di Era Society 5.0. NSJ: Nubin Smart Journal, 4(1), 1–9.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syafriafdi, N. (2020). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran. Jurnal Al-Aulia, 06(02), 1–8.

Taufik, A., Saputra, A., & Saputra, A. M. A. (2024). Pengembangan Laboratorium Virtual Berbasis Virtual reality menggunakan Headset VR pada Materi Pengenalan Perangkat Jaringan Komputer. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(4), 4497–5405.

Downloads

Published

2025-02-13

How to Cite

Taufik, A., Saputra, A. M. A., Kamal, K., Farman, I., Alamsyah, N., Wahid, A., … Afni, N. (2025). PENGENALAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN VIRTUAL REALITY ERA SOCIETY 5.0. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 1303–1307. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41252

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.