PENGUATAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA MELALUI PELATIHAN MENULIS BERITA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.42466Keywords:
Keterampilan Menulis, menulis berita, Pelatihan.Abstract
Keterampilan menulis yang baik memungkinkan pemikiran kritis dan komunikasi yang efektif, baik untuk tujuan akademik, profesional, maupun pribadi. Keberhasilan akademik, pemikiran kritis, dan komunikasi yang efektif bergantung pada kemampuan menulis yang baik. Namun, banyak siswa menghadapi kesulitan membuat tulisan yang mudah dipahami, ringkas, dan terorganisir. Latihan menulis tradisional tidak selalu melibatkan siswa atau menekankan keterampilan komunikasi dunia nyata. Kesenjangan ini menunjukkan bahwa pendekatan pengajaran kreatif harus digunakan untuk membantu siswa membangun keterampilan penting secara terstruktur selain membuat tulisan relevan dan menarik. Melalui penulisan yang terfokus dan berorientasi pada tujuan, pelatihan menulis berita menawarkan solusi yang ampuh untuk masalah ini. Metode yang digunakan yaitu pemaparan materi, praktik menulis berita dan Focus Group Discussion. Hasil pelatihan menunjukkan selama pelatihan menulis berita, siswa mampu mengumpulkan informasi dari sumber yang dapat diandalkan, memverifikasi kebenaran, dan mensintesis informasi dari berbagai sudut pandang. Mereka juga dapat mengevaluasi kredibilitas sumber informasi dan mempraktikkan pengumpulan informasi yang dapat dipertanggung jawabkan selama pelatihan. Tim pengabdian menyimpulkan bahwa pelaksanaan pelatihan menulis berita di SMK Laniang Makassar berjalan dengan baik dan memenuhi tujuan pengabdian.References
Anwari, R. (2020). Pelatihan Jurnalistik Untuk Siswa Kelas XI MA Darussalam Barambai. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 4(1), 107–110. https://doi.org/10.37859/jpumri.v4i1.1905
Hamdan, H. (2023). Penguatan Kompotensi Pemuda Desa Kebunsari Melalui Pelatihan Penulisan Berita Online. SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 110. https://doi.org/10.35329/sipissangngi.v3i1.3913
Humaizi Humaizi, R. Hamdani Harahap, & Muhammad Yusuf. (2024). Pelatihan Peningkatan Menulis Teks Berita Melalui Pendekatan Genre-Based bagi Siswa SMA Negeri 1 Stabat. Sejahtera: Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri, 3(2), 18–25. https://doi.org/10.58192/sejahtera.v3i2.2050
Imran, M. C. (2022). Applying Hemingway App to Enhance Students’ Writing Skill. Education, Language, and Culture (EDULEC), 2(2), 180–185. https://jurnal-eureka.com/index.php/edulecj
Imran, M. C. (2023). Babbel Application To Improve Students ’ Vocabularies. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(2), 110–113.
Indahyati, R., & Rahman, W. A. (2022). Teachers’ Perceptions on the Use of Teaching Media in English Classroom. Klasikal: Journalof Education, Language Teaching and Science, 4(2), 2656–8772.
Muhammad, A. T., Mayong, M., & Salam, S. (2023). Pelatihan Menulis Berita (Citizen Journalism) Siswa SMK Negeri 1 Kota Bima. IPTEK: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(3), 2023.
Murniati, M., Muslimin, K., Wahab, A., & Fajrie, M. (2019). Program Pelatihan Jurnalistik Sekolah di MA NU Tengguli Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara. Journal of Dedicators Community, 3(2), 146–155. https://doi.org/10.34001/jdc.v3i2.868
Mursidin, M., Ilmiah Mursidin, I., & Asrang, A. (2022). The Impacts of Online Games on Students’ English Achievement. Indonesian Journal of Education (INJOE), 2(1), 1–11. https://doi.org/10.54443/injoe.v2i1.6
Nonci, J., Ruswiyani, E., & Muin, Z. I. (2022). The Implementation of Visual Media in Teaching English Literacy to The Deaf Students of Tenth Grade at Small 1 Pangkep. Journal of Research and Multidisciplinary, 5(1), 552–557. http://journal.alhikam.net/index.php/jrm
Nurjannah, S., Erniati, E., & N, J. (2020). The Use Of Content Based Instruction In English Language Teaching. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 3(2), 359. https://doi.org/10.31100/dikdas.v3i2.809
Permadi, D., Hidayat, F., & Putri, R. S. (2024). Pelatihan Penulisan Berita Dan Pengelolaan Website Desa Wisata Guci. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 42. https://doi.org/10.62411/ja.v7i1.1635
Rahmah, H., Febriana, K. A., & Syafiie, S. S. L. (2023). Peningkatan Literasi Jurnalistik Melalui Pelatihan Penulisan Berita pada Siswa Ekstrakurikuler Jurnalistik SMA Muhammadiyah 01 Semarang. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 273. https://doi.org/10.33633/ja.v6i1.975
Rosadi, A., Nur, R. A., Ridwan, D., & Apriandinata, I. (2022). Pelatihan Penulisan dan Publikasi Artikel Pengabdian Kepada Masyarakat Pada Mahasiswa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(1), 125–130. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v3i1.297
Salniwati, S., Rustiani, K. W., Burhan, F., Nurtikawati, N., Heli, W. O., & Alimin, L. (2022). Pelatihan Jurnalistik Dalam Menulis Buletin Dengan Konten Budaya. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1258–1264. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5932
Sari, Y., & Ummanah. (2022). Pelatihan Literasi Menulis di Media Massa Itu Mudah. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(5), 314–318. https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/ABD/article/view/5509/3524
Septiana, I., & Rifai, A. (2021). Gerakan Pramuka Dkc Kota Semarang Pada Masa Covid-19. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 300–307. https://jurnal.unpad.ac.id/kumawula/article/view/32692/pdf
Sulviana. (2020). Maxim Violation in Efl Classroom. Journal of Education and Counseling, 2(1), 176–187. https://journal.unugiri.ac.id/index.php/JEC/article/view/156
Sundoro, B. T., Brian, F., Ekaristianto, H., Atma, U., Yogyakarta, J., Hukum, F., Atma, U., & Yogyakarta, J. (2023). Pelatihan dan pendampingan penulisan teks berita bagi sekolah menengah atas pangudi luhur Surakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, 6(2), 157–165.
Wijayanti, W., Agnes, A., & Febriasari, D. (2018). Pelatihan Penulisan Berita Dan Opini Bagi Remaja Katolik (Rekat) Gereja Mater Dei Wenny Wijayanti 1 , Agnes Adhani 2 , Diani Febriasari 3 1. Warta Abdimas, 01(01), 10–18.
Zuhri, A., Salma, C. R., Ditya, D. D., Mulyani, W., Sarfika, D., Handayani, M., Kania, R., & Zahara, R. (2024). Pelatihan Penulisan Press Release Dengan Metode Komunikasi, Informasi, Dan Edukasi Guna Mempersiapkan Public Relations Specialist. Pena Dimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 79–86.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Chairil Imran, Jusmaniar Nonci, Muhammad Chairil Imran, Rizka Indahyanti, Sulviana Sulviana, Sitti Nurjannah, Masuji Ayumi, Amalia Ramadhani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.