PENGUATAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA MELALUI PELATIHAN MENULIS BERITA

Authors

  • Muthmainnah Mursidin Universitas Islam Makassar
  • Jusmaniar Nonci Universitas Islam Makassar
  • Muhammad Chairil Imran Universitas Islam Makassar
  • Rizka Indahyanti Universitas Islam Makassar
  • Sulviana Sulviana Universitas Islam Makassar
  • Sitti Nurjannah Universitas Islam Makassar
  • Masuji Ayumi Universitas Islam Makassar
  • Amalia Ramadhani Universitas Islam Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.42466

Keywords:

Keterampilan Menulis, menulis berita, Pelatihan.

Abstract

Keterampilan menulis yang baik memungkinkan pemikiran kritis dan komunikasi yang efektif, baik untuk tujuan akademik, profesional, maupun pribadi. Keberhasilan akademik, pemikiran kritis, dan komunikasi yang efektif bergantung pada kemampuan menulis yang baik. Namun, banyak siswa menghadapi kesulitan membuat tulisan yang mudah dipahami, ringkas, dan terorganisir. Latihan menulis tradisional tidak selalu melibatkan siswa atau menekankan keterampilan komunikasi dunia nyata. Kesenjangan ini menunjukkan bahwa pendekatan pengajaran kreatif harus digunakan untuk membantu siswa membangun keterampilan penting secara terstruktur selain membuat tulisan relevan dan menarik. Melalui penulisan yang terfokus dan berorientasi pada tujuan, pelatihan menulis berita menawarkan solusi yang ampuh untuk masalah ini. Metode yang digunakan yaitu pemaparan materi, praktik menulis berita dan Focus Group Discussion. Hasil pelatihan menunjukkan selama pelatihan menulis berita, siswa mampu mengumpulkan informasi dari sumber yang dapat diandalkan, memverifikasi kebenaran, dan mensintesis informasi dari berbagai sudut pandang. Mereka juga dapat mengevaluasi kredibilitas sumber informasi dan mempraktikkan pengumpulan informasi yang dapat dipertanggung jawabkan selama pelatihan. Tim pengabdian menyimpulkan bahwa pelaksanaan pelatihan menulis berita di SMK Laniang  Makassar berjalan dengan baik dan memenuhi tujuan pengabdian.  

References

Anwari, R. (2020). Pelatihan Jurnalistik Untuk Siswa Kelas XI MA Darussalam Barambai. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 4(1), 107–110. https://doi.org/10.37859/jpumri.v4i1.1905

Hamdan, H. (2023). Penguatan Kompotensi Pemuda Desa Kebunsari Melalui Pelatihan Penulisan Berita Online. SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 110. https://doi.org/10.35329/sipissangngi.v3i1.3913

Humaizi Humaizi, R. Hamdani Harahap, & Muhammad Yusuf. (2024). Pelatihan Peningkatan Menulis Teks Berita Melalui Pendekatan Genre-Based bagi Siswa SMA Negeri 1 Stabat. Sejahtera: Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri, 3(2), 18–25. https://doi.org/10.58192/sejahtera.v3i2.2050

Imran, M. C. (2022). Applying Hemingway App to Enhance Students’ Writing Skill. Education, Language, and Culture (EDULEC), 2(2), 180–185. https://jurnal-eureka.com/index.php/edulecj

Imran, M. C. (2023). Babbel Application To Improve Students ’ Vocabularies. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(2), 110–113.

Indahyati, R., & Rahman, W. A. (2022). Teachers’ Perceptions on the Use of Teaching Media in English Classroom. Klasikal: Journalof Education, Language Teaching and Science, 4(2), 2656–8772.

Muhammad, A. T., Mayong, M., & Salam, S. (2023). Pelatihan Menulis Berita (Citizen Journalism) Siswa SMK Negeri 1 Kota Bima. IPTEK: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(3), 2023.

Murniati, M., Muslimin, K., Wahab, A., & Fajrie, M. (2019). Program Pelatihan Jurnalistik Sekolah di MA NU Tengguli Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara. Journal of Dedicators Community, 3(2), 146–155. https://doi.org/10.34001/jdc.v3i2.868

Mursidin, M., Ilmiah Mursidin, I., & Asrang, A. (2022). The Impacts of Online Games on Students’ English Achievement. Indonesian Journal of Education (INJOE), 2(1), 1–11. https://doi.org/10.54443/injoe.v2i1.6

Nonci, J., Ruswiyani, E., & Muin, Z. I. (2022). The Implementation of Visual Media in Teaching English Literacy to The Deaf Students of Tenth Grade at Small 1 Pangkep. Journal of Research and Multidisciplinary, 5(1), 552–557. http://journal.alhikam.net/index.php/jrm

Nurjannah, S., Erniati, E., & N, J. (2020). The Use Of Content Based Instruction In English Language Teaching. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 3(2), 359. https://doi.org/10.31100/dikdas.v3i2.809

Permadi, D., Hidayat, F., & Putri, R. S. (2024). Pelatihan Penulisan Berita Dan Pengelolaan Website Desa Wisata Guci. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 42. https://doi.org/10.62411/ja.v7i1.1635

Rahmah, H., Febriana, K. A., & Syafiie, S. S. L. (2023). Peningkatan Literasi Jurnalistik Melalui Pelatihan Penulisan Berita pada Siswa Ekstrakurikuler Jurnalistik SMA Muhammadiyah 01 Semarang. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 273. https://doi.org/10.33633/ja.v6i1.975

Rosadi, A., Nur, R. A., Ridwan, D., & Apriandinata, I. (2022). Pelatihan Penulisan dan Publikasi Artikel Pengabdian Kepada Masyarakat Pada Mahasiswa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(1), 125–130. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v3i1.297

Salniwati, S., Rustiani, K. W., Burhan, F., Nurtikawati, N., Heli, W. O., & Alimin, L. (2022). Pelatihan Jurnalistik Dalam Menulis Buletin Dengan Konten Budaya. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1258–1264. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5932

Sari, Y., & Ummanah. (2022). Pelatihan Literasi Menulis di Media Massa Itu Mudah. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(5), 314–318. https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/ABD/article/view/5509/3524

Septiana, I., & Rifai, A. (2021). Gerakan Pramuka Dkc Kota Semarang Pada Masa Covid-19. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 300–307. https://jurnal.unpad.ac.id/kumawula/article/view/32692/pdf

Sulviana. (2020). Maxim Violation in Efl Classroom. Journal of Education and Counseling, 2(1), 176–187. https://journal.unugiri.ac.id/index.php/JEC/article/view/156

Sundoro, B. T., Brian, F., Ekaristianto, H., Atma, U., Yogyakarta, J., Hukum, F., Atma, U., & Yogyakarta, J. (2023). Pelatihan dan pendampingan penulisan teks berita bagi sekolah menengah atas pangudi luhur Surakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, 6(2), 157–165.

Wijayanti, W., Agnes, A., & Febriasari, D. (2018). Pelatihan Penulisan Berita Dan Opini Bagi Remaja Katolik (Rekat) Gereja Mater Dei Wenny Wijayanti 1 , Agnes Adhani 2 , Diani Febriasari 3 1. Warta Abdimas, 01(01), 10–18.

Zuhri, A., Salma, C. R., Ditya, D. D., Mulyani, W., Sarfika, D., Handayani, M., Kania, R., & Zahara, R. (2024). Pelatihan Penulisan Press Release Dengan Metode Komunikasi, Informasi, Dan Edukasi Guna Mempersiapkan Public Relations Specialist. Pena Dimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 79–86.

Downloads

Published

2025-02-25

How to Cite

Mursidin, M., Nonci, J., Imran, M. C., Indahyanti, R., Sulviana, S., Nurjannah, S., … Ramadhani, A. (2025). PENGUATAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA MELALUI PELATIHAN MENULIS BERITA . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 1518–1522. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.42466

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.