EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERKOLABORASI DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Authors

  • Muda Sakti Raja Sihite Universitas HKBP Nomensen Medan
  • David Frendy Sormin Universitas HKBP Nomensen Medan
  • Nelly Enjelika Panggabean Universitas HKBP Nomensen Medan
  • Martina Sabnariana Simorangkir Universitas HKBP Nomensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.43758

Keywords:

Efektivitas, Pembelajaran Berkolaborasi, Rasa percaya Diri Siswa

Abstract

Pembelajaran berkolaborasi merupakan salah satu metode yang dapat meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pembelajaran berkolaborasi dalam meningkatkan dua aspek tersebut di kalangan peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara yang dilakukan pada siswa di SMA Negeri 1 Sipoholon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang terlibat dalam pembelajaran kolaboratif mengalami peningkatan rasa percaya diri dalam menyampaikan pendapat dan lebih termotivasi dalam belajar. Faktor-faktor seperti interaksi sosial, dukungan teman sebaya, dan keterlibatan aktif dalam diskusi kelas memainkan peran penting dalam hasil tersebut. Dengan demikian, pembelajaran kolaboratif dapat menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.

References

Amiruddin. (2019). Pembelajaran Kooperatif dan Kolaboratif. Journal of Educational Science (JES), 5(1), 24–32.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Sarah, T., & Witarsa, R. (2023). Pengaruh Pembelajaran Kolaborasi terhadap Keterampilan Menirukan Gerak Hewan pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 4(1), 226–233. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.152

Zainuddin, M.-. (2017). Model Pembelajaran Kolaborasi Meningkatkan Partisipasi Siswa,Keterampilan Sosial, dan Prestasi Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 3(1), 75–83. https://doi.org/10.23887/jiis.v3i1.11474

Downloads

Published

2025-03-20

How to Cite

Sihite, M. S. R., Sormin, D. F., Panggabean, N. E., & Simorangkir, M. S. (2025). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERKOLABORASI DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 2098–2101. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.43758

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.