EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERKOLABORASI DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.43758Keywords:
Efektivitas, Pembelajaran Berkolaborasi, Rasa percaya Diri SiswaAbstract
Pembelajaran berkolaborasi merupakan salah satu metode yang dapat meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pembelajaran berkolaborasi dalam meningkatkan dua aspek tersebut di kalangan peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara yang dilakukan pada siswa di SMA Negeri 1 Sipoholon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang terlibat dalam pembelajaran kolaboratif mengalami peningkatan rasa percaya diri dalam menyampaikan pendapat dan lebih termotivasi dalam belajar. Faktor-faktor seperti interaksi sosial, dukungan teman sebaya, dan keterlibatan aktif dalam diskusi kelas memainkan peran penting dalam hasil tersebut. Dengan demikian, pembelajaran kolaboratif dapat menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.References
Amiruddin. (2019). Pembelajaran Kooperatif dan Kolaboratif. Journal of Educational Science (JES), 5(1), 24–32.
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Sarah, T., & Witarsa, R. (2023). Pengaruh Pembelajaran Kolaborasi terhadap Keterampilan Menirukan Gerak Hewan pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 4(1), 226–233. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.152
Zainuddin, M.-. (2017). Model Pembelajaran Kolaborasi Meningkatkan Partisipasi Siswa,Keterampilan Sosial, dan Prestasi Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 3(1), 75–83. https://doi.org/10.23887/jiis.v3i1.11474
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muda Sakti Raja Sihite, David Frendy Sormin, Nelly Enjelika Panggabean, Martina Sabnariana Simorangkir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.