PENGUATAN LITERASI FISIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.42076Keywords:
Literasi Fisik, Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Sekolah DasarAbstract
Permasalah yang dialami mitra berkaitan dengan masih banyak siswa yang memiliki ketergantungan terhadap gadget dan rendahnya pastisipasi aktif siswa didalam proses pembelajaran pendidikan jasmani. Oleh sebab itu perlu dicari solusi dari masalah tersebut dengan memberikan Penguatan materi kepada siswa tentang literasi fisik melalui proses pembelajaran pendidikan jasmani yang tujuannya akan untuk memberikan pemahaman dan pengalaman yang positif kepada siswa untuk hidup aktif beraktifitas fisik dan menjadikan sebagai gaya hidup sehat seumur hidup. Target dari pengabdian ini adalah siswa Sekolah Dasar 179 Pekanbaru. Pelaksanaan kegiatan ini dengan memberikan materi kepada siswa tentang literasi fisik yang menarik dan menyenangkan melalui slide bergambar dan video yang telah disiapkan oleh pemateri. Pada kegiatan ini pemateri juga mengajak siswa untuk mempraktekkan aktifitas fisik melalui permainan-permainan yang menyenangkan bertujuan memberikan pengalaman yang positif kepada peserta. Hasil kegiatan ini diperoleh ada peningkatan sebesar 80 % terhadap pemahaman dan kesiapan siswa aktif dalam melakukan literasi Fisik dikehidupan sehari-hari. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian ini memperoleh hasil yang signifikan.References
Aldiansyah, N. F., & Kristiyandaru, A. (2023). Pengaruh Gadget Terhadap Minat Berolahraga Pada Siswa Kelas Vi Sdn Gading 4 Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 11(2), 2338–2798.
Erizka, S. N., Bayu, W. I., & Iyakrus. (2024). Peran Literasi Jasmani dalam Partisipasi Aktivitas Jasmani pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ikatan Keluarga Alumni Undiksh, 22(1), 1–7. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.23887/ika.v 22i1.77101
Friskawati, G. F., & Dwijantie, J. S. (2022). Differences of physical literacy perception of kindergarten teachers: Seen from demographic information. Journal Sport Area, 7(3), 405–414. https://doi.org/10.25299/sportarea.2022.vol7(3).10019
Hardovi, B. H., Susetyo, A. M., Aabid, Moh. F., & Aprilia, A. P. (2024). Pengenalan Literasi Fisik Sebagai Pendidikan Jasmani dan Menjawab Gangguan Gadged Siswa SMP 1 Muhammadiyah Jember. Jompa Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 53–59. https://doi.org/10.57218/jompaabdi.v3i1.1054
Kriswanto, E. S., Meikahani, R., Kurniawan, D. D., & Safitri, A. P. (2023). LITERASI FISIK ANAK USIA DINI. UNY Press.
Lestari, R., & Sulian, I. (2020). Faktor-Faktor Penyebab Siswa Kecanduan Handphone Studi Deskriptif Pada Siswa Di Smp Negeri 13 Kota Bengkulu. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling, 3(1), 23–37. https://doi.org/10.33369/consilia.v3i1.9473
Lundvall, S. (2015). Physical literacy in the field of physical education – A challenge and a possibility. Journal of Sport and Health Science, 4(2), 113–118. https://doi.org/10.1016/j.jshs.2015.02.001
Marshahifa, D., & Anwar, A. S. (2023). Analisis Penggunaan Smartphone Terhadap Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar. Abdima Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 2(1), 890–899.
Permana, R., & Habibie, A. (2020). Analisis Assesmen Literasi Jasmani Dengan Kebutuhan Pembelajaran Pjok Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Tasikmalaya. Prosiding Seminar Nasional Lppm Ump, 0(0), 221–226.
Priadana, B. W., Saifuddin, H., & Prakoso, B. B. (2021). Kelayakan pengukuran aspek pengetahuan pada instrumen physical literacy untuk siswa usia 8-12 tahun. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 20(1), 21. https://doi.org/10.20527/multilateral.v20i1.9675
Putra, A. A., & Wahyuni, I. W. (2021). Pengaruh Penggunaan Handphone Pada Siswa Sekolah Dasar. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 18(1).
Putri, F. I. A., Sulhaliza, A. P., Purwati, Y., Fakhriyah, F., & Aditia, E. (2023). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 12(8), 2237–2246. https://doi.org/10.26418/jppk.v12i8.67557
Reni, S. K. A., Hendrayana, Y., & Rahma, A. (2024). Persepsi Guru Penjas Terhadap Literasi Fisik Pendidikan Jasmani: Systematic Literature Review. JURNAL DUNIA PENDIDIKAN, 4(2), 852–860. https://doi.org/10.55081/jurdip.v4i2.190
Robinson, D. B., Randall, L., & Barrett, J. (2018). Physical Literacy (Mis)understandings: What do Leading Physical Education Teachers Know About Physical Literacy? Journal of Teaching in Physical Education, 37(3), 288–298. https://doi.org/10.1123/jtpe.2018-0135
Rozi, F. (2021). Pendidikan Jasmani Solusi Atasi Kecanduan Gadget. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(1), 49–55. https://doi.org/10.46963/asatiza.v2i1.251
Rukhmana, T., Sujana, N., Putra, S. R., & Nugraha, A. R. (2024). Pengaruh Gadget pada Karakter Anak di SD. Journal on Education, 06(03), 16534–16539.
Shearer, C., Goss, H. R., Edwards, L. C., Keegan, R. J., Knowles, Z. R., Boddy, L. M., Myers, E. J., & Foweather, L. (2018). How is physical literacy defined? A contemporary update. Journal of Teaching in Physical Education, 37(3), 237–245. https://doi.org/10.1123/jtpe.2018-0136
Subagyo, R. U., & Fithroni, H. (2022). Identifikasi Perilaku Kurang Gerak (Sedentary Behavior) Pada Siswa Sekolah Dasar Di Sdn Kertajaya 5 Surabaya. urnal Kesehatan Olahraga, 10(3), 195–202.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Zulkifli Zulkifli, Evadila Evadila, Arzami Gunawan, Agus Indriana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.