PENGENALAN ASPEK BAHASA JERMAN MELALUI LITERASI UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR DI RUMAH SINGGAH NUR SAHABAT KAMPUNG MELAYU KECAMATAN JATINEGARA JAKARTA TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.35924Abstract
Pengenalan Bahasa Jerman melalui literasi untuk siswa sekolah dasar di Rumah Singgah Nur Sahabat merupakan sebuah kegiatan yang dirancang sebagai upaya meningkatkan partisipasi dan motivasi siswa SD untuk mempelajari Bahasa Asing. Pengenalan melalui literasi tidak hanya membaca, tetapi juga mendengar nyanyian, gerak dan lagu, melihat video tentang negara Jerman sampai mempraktikkan percakapan Bahasa Jerman yang sederhana. Mengingat pentingnya Bahasa Asing selain Bahasa Inggris di era globalisasi sekarang ini, maka penguasaan Bahasa Jerman pun menjadi suatu hal penting yang harus diajarkan sejak dini. Secara umum kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan lancar, baik, dan sesuai dengan perencanaan yang telah disiapkan sebelumnya. Metode pelaksanaan di susun dalam 3 bagian yaitu Tahap Persiapan. Tahap Pelaksanaan dan Tahap Tindak lanjut. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan yang telah dilaksanakan selama 3 hari selama 3 minggu, peserta belajar minimal dapat menyebutkan beberapa kosa kata Bahasa Jerman yang digunakan sehari-hari di lingkungan keluarga dan sekolah. Hal ini diketahui saat diadakan kuis pada pertemuan terakhir.References
Emilia, H. (2022). Bentuk Dan Sifat Pengabdian Masyarakat Yang Diterapkan Oleh Perguruan Tinggi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 122-130. https://doi.org/10.37567/pkm.v2i3.1127
Matulessy, Biancha Elizabeth, and Samuel Patra Ritiauw. 2024. “PENGENALAN BAHASA JERMAN BAGI ANAK SD DAN SMP DI KELURAHAN KENDANGSARI II GANG 2 KOTA SURABAYA.” Pattimura Mengabdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(2):181–85. https://doi.org/10.30598/pattimura-mengabdi.2.2.181-185
Samusamu, Gisyela Jean Velisia. 2024. “MEMBANGUN JEMBATAN BAHASA: PENGENALAN BAHASA JERMAN KEPADA ANAK-ANAK DI DESA PASSO.” Pattimura Mengabdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(1):6–11. https://doi.org/10.30598/pattimura-mengabdi.2.1.6-11.
Santoso, Iman. 2014. “Pembelajaran Bahasa Asing Di Indonesia: Antara Globalisasi Dan Hegemoni.” Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra 14(1):1–11.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ellychristina D Hutubessy, Santiah Santiah, Ary Fadjar Isdiati, Savira Aulia Rahma, M. Rizki Ardiansyah, Deni Santoso

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.