PENGENALAN SENI KALIGRAFI CINA DALAM RANGKA MEMOTIVASI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS MEMPELAJARI BAHASA MANDARIN

Authors

  • Hudiyekti Prasetyaningtyas Universitas Negeri Jakarta
  • Ayu Trihardini Universitas Negeri Jakarta
  • Devi Nur Universitas Negeri Jakarta
  • Karen Angel Universitas Negeri Jakarta
  • Vilyam Loving Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.33596

Keywords:

Seni Kaligrafi Cina, Siswa SMA, Pembelajaran Bahasa Mandarin

Abstract

Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin (PSPBM) adalah prodi pendidikan bahasa asing juga prodi termuda pada Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta (FBS UNJ). Sebagai bagian dari institusi pendidikan formal yang turut mencetak calon guru Bahasa Mandarin, penerimaan mahasiswa baru yang berkualitas pada PSPBM UNJ dapat memengaruhi kualitas pembelajaran bahasa Mandarin di Indonesia. Adapun kegiatan penerimaan mahasiswa baru berkualitas berbenturan dengan permasalahan berupa kurangnya pengenalan siswa/i SMA sederajat akan budaya Cina dan Bahasa Mandarin sehingga memengaruhi ketertarikan pada PSPBM. Untuk itu, diperlukan sebuah kegiatan yang dapat memfasilitasi para siswa berkenalan dengan seni budaya Cina. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memperkenalkan seni kaligrafi Cina kepada siswa/i SMA sederajat dan memberikan informasi seputar kehidupan kampus di PSPBM UNJ. Bekerja sama dengan MGMP Bahasa Mandarin DKI Jakarta, kegiatan dilakukan secara luring pada 25 dan 26 September 2023 di Kampus A UNJ dengan mengundang perwakilan dari 7 sekolah di Jabodetabek. Sebanyak 60 peserta hadir selama 2 hari tersebut. Kegiatan pengabdian berupa pengenalan seni kaligrafi Cina diharapkan dapat membuka wawasan siswa/i SMA mengenai budaya Cina dan Bahasa Mandarin, sehingga dapat menarik minat mereka mempelajari bahasa Mandarin

References

Chaer, A & Agustina, L. (2010). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Jian, M.W., Dong J.Y., Gong M.G., Yu H, Nie L.Q., Yin Y.L., Lam K.M. (2020, April). Learning the Tradition Art of Chinese Calligraphy via Three-Dimensional Reconstruction and Assessment. ISS Transaction on Multimedia. 22(4), 970-979. DOI: 10.1109/TMM.2019.2937187

Han, K., You W., Shi S., & Sun L. (2023) The Impression of Round and Square: Chinese Calligraphy Aesthetics in Modern Type Design. International Journal of Human–Computer Interaction. DOI: 10.1080/10447318.2023.2222252

Lim, K. H. (2011). IDU: Huruf Kuno Korea. Dalam Syamsuddin, M. (Ed.) Huruf Hangeul dan Bahasa Korea (pp. 9-22). Yogyakarta: INAKOS.

Liu, H.L. (2020). The Dilemma and Outlet of Chinese Calligraphy in International Chinese Language Education. Advances in Social Science, Education and Humanities Research: 4th International Conference on Culture, Education and Economic Development of Modern Society. 416, 823-826.

Rahmawati, E, dkk. (2023). Pandangan Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Kuliah Membaca dan Menulis Lanjut. Fenghuang: Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin, 02(01), 19-26.

Sutami, H. (2012). Fungsi dan Kedudukan Bahasa Mandarin di Indonesia. Paradigma: Jurnal Kajian Budaya, 2 (2), 213-239.

Sutami, H. (2023). Linguistik Sinika (Chinese Linguistics): Sebuah Pengantar. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Trihardini, A., Wikarti, A.R., & Andriani, S. (2018, Oktober). Pemahaman Lintas Budaya bagi Pendidik Bahasa Mandarin. Jurnal Cakrawala Mandarin, 2(2), 28-36. DOI: 10.36279/apsmi.v2i2.64.g36

Trihardini, A., dkk. (2023, April). Lokakarya Desain Latihan Tata Bahasa, Keterampilan Berbicara, Membaca Bahasa Mandarin Guru SMA. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 05(02), 109-115. DOI: 10.36722/jpm.v5i2.1897

Downloads

Published

2025-01-04

How to Cite

Prasetyaningtyas, H., Trihardini, A., Nur, D., Angel, K., & Loving, V. (2025). PENGENALAN SENI KALIGRAFI CINA DALAM RANGKA MEMOTIVASI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS MEMPELAJARI BAHASA MANDARIN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 93–97. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.33596

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.