PEMBUATAN RUBLIK PENILAIAN PERFORMEN PADA KELOMPOK KERJA GURU (KKG) PJOK SE KECAMATAN RENGAT BARAT KABUPATEN INDRAGIRI HULU
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.42253Keywords:
Pembuatan Rublik, Performen, Kelompok Kerja GuruAbstract
Pengabdian Masarakat yang dilakukan pada guru-guru Penjas Se Kecamatan Rengat Barat merupakan mitra dalam pengabdian masyarakat, bertujuan meningkat ; 1) Bertambahnya wawasan guru-guru penjas se Kecamatan Rengat Barat tentang pembuatan Rublik Peneliaian Performen, 2). Meningkatan pemahaman dan kreativitas guru-guru penjas se Kecamatan Rengat Barat dalam pembuatatan rublik penilaian performen. Dari hasil Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini di harapkan akan meningkatkan kompetensi dan kemampuan guru-guru dalam menyusun Rublik penilain performen yang tepat sesuai langkah pembelajaran penjas, dan menjadikan luaran dari kegiatan pengabdian ini dan diperoleh oleh mitra terdapat kompetensi, pengetahuan dan pemahaman guru-guru penjas seKecamatan Rengat Barat dan mampu menerapkan rublik penelian performen yang tepat dan terarah dalam pembelajaran penjas. Hasil penerimaan manfaat kegiatan pengabdian masyrakat ini dapat dilihat dari antusias peserta selama kegiatan berlangsung yang mana menunjukan partisipasi aktif dalam menyampaikan pertanyaan dan memberikan respon positif terhadap materi yang disampaikan oleh tim PKMReferences
Arends RI. Learning to Teach. New York: McGraw-Hill; 2012.
Djemari M. Pengukuran penilaian dan evaluasi pendidikan. cet. 1. Yogyakarta: Nuha Litera; 2012. 250 p.
Sudjana N. Penilaian hasil Proses Pembelajaran. 21st ed. Bandung: Alfabeta; 2017. 180 p.
Djiwandono S. Tes Bahasa: Pegangan bagi Pengajar Bahasa. jakarta: Indeks; 2011.
Guntur. Penilaian Berbasis Kinerja pada Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: UNY; 2014.
Yuli, M.A, Safa’ah A. Pengaruh media papinka terhadap kemampuan menghitung penjumlahan dan pengurangan dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar. JURMIA. 2021;1(1):21–8.
Riadi A. Problematika sistem evaluasi pembelajaran. Ittihad J Kopertais Wil XI Kalimantan. 2017;15(27):1–12.
Suwarno, C. A., & Aeni C. Pentingnya Rubrik Penilaian dalam Pengukuran Kejujuran Peserta Didik. Edukasi J Pendidik. 2021;19(1):161–73.
Wulan AR. Menggunakan Asesmen Kinerja untuk Pembelajaran Sains dan Penelitian. Bandung: UPI Pres; 2018.
Hamdu, G. & S. The Analysis of Rubric Feasibility Using Video Snippets of Learning Process. Relawan J Indones. 2019;6(2):239–52.
Koroh, L. I. D., Lao, H. A. E., Tari, E. & L. Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Muhammadiyah Epnde. J Nauli (Jurnal Pengabdi Masy. 2022;2(1):10–6.
Rindayati, E., Putri, C. A. D., & Damariswara R. Kesulitan Calon Pendidik dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. J Tindakan Kelas. 2022;3(1):18–27.
Mustofa, M., & Mariati P. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar: Dari Teori ke Praktis. Indones Berdaya. 2022;4(1):13–8.
Zulrafli, kamarudin, jamilin.T. Pendampingan Peningkatan Kualitas Evaluasi Pembelajaran Dalam Menganalisis Butir soal Guru Penjas Se Kecamatan rengat Barat. Batara Wisnu Journal : Indonesian Journal of Community Services. 2023 3 (1):31-35
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Zulrafli Zulrafli, Kamarudin Kamarudin, Yahyar Erawati, Ricky Fernando

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.