PELATIHAN ICE BREAKING DAN KREATIVITAS GURU DI SD

Authors

  • Mufarizuddin Mufarizuddin Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Muhammad Syahrul Rizal Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Putri Hana Pebriana Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Hendri Hendri Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Jandriadi Jandriadi Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41959

Keywords:

Ice Breaking, Kreativitas Guru, Pembelajaran SD

Abstract

Pelatihan ice breaking dan kreativitas guru di Sekolah Dasar (SD) merupakan langkah penting dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran. Ice breaking memiliki peran penting dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, meningkatkan konsentrasi siswa, serta membangun hubungan yang harmonis antara guru dan murid. Kreativitas guru dalam menyampaikan materi juga berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pelatihan ice breaking dalam meningkatkan kreativitas guru SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelatihan langsung kepada guru-guru SD dengan pendekatan partisipatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah mengikuti pelatihan, guru lebih mampu menciptakan suasana kelas yang interaktif dan menyenangkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelatihan ice breaking berkontribusi positif dalam meningkatkan kreativitas guru dan efektivitas pembelajaran di SD.

References

Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. Englewood Cliffs: Prentice Hall.

Borich, G. D. (2017). Effective Teaching Methods: Research-Based Practice (9th ed.). Pearson.

Dewantara, K. H. (2004). Pendidikan: Bagian Pertama (Edisi Revisi). Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.

Hamdani, H. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hendrickson, R. (2016). Creative Teaching: Ideas to Boost Student Engagement. New York: HarperCollins.

Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Nucci, L. P., Narvaez, D., & Krettenauer, T. (2014). Handbook of Moral and Character Education (2nd ed.). Routledge.

Piaget, J. (1973). To Understand Is to Invent: The Future of Education. New York: Grossman.

Phenix, P. H. (1964). Realms of Meaning: A Philosophy of the Curriculum for General Education. New York: McGraw-Hill.

Tilman, D. (2009). The Power of Character Education: Creating Positive School Climates. Character.Org.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge: Harvard University Press.

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Mufarizuddin, M., Rizal, M. S., Pebriana, P. H., Hendri, H., & Jandriadi, J. (2024). PELATIHAN ICE BREAKING DAN KREATIVITAS GURU DI SD. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 5896–5898. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41959

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.