PENERAPAN GERAKAN LITERASI DAN NUMERASI MELALUI KAMPUS MENGAJAR V DI SDN 4 SINGKAM

Authors

  • Bertaria Sohnata Hutauruk Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Selviana Napitupulu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Rianita Simamora Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Erna Helena M Tampubolon Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Tiara Kristina Pasaribu Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Bobby Pramjit Singh Dhillon Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Anggun Tiur Ida Sinaga Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Aprido.B. Simamora Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Syamsul Bahri Universitas Islam Negeri AR Raniry Banda Aceh
  • Donna Ria Pasaribu Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Firman Pangaribuan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Theresia Siahaan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Jesika Melina Simamora Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mars

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41459

Keywords:

Penerapanan, Literasi, Numerasi, Kampus mengajar

Abstract

Sekolah penugasan yang menjadi sasaran Program Kampus Mengajar Angkatan 5 adalah SD N. 4 Singkam, Kecamatan Sianjurmula-mula, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Tujuan  dari  kegiatan  Pengabdian  ini  adalah  untuk  mengimplementasikan gerakan literasi dan numerasi hasil dari kegiatan  Kampus  Mengajar  angkatan  5  pada  tahun  2023  yaitu    pelatihan kegiatan  literasi  dan numerasi  kepadaguru-guruSD Negeri4  SINGKAM kabupaten   Samosir Sumatera   Utara   dalam meningkatkan  pengetahuan  seluruh siswa/I.  Dari Observasi  dilaksanakan  secara  langsungoleh  mahasiswayang melaksanakan Kampus Mengajar dibutuhkan  sekolah meningkatkan literasi dan numerasi di sekolah baik  dalam  aspek  pembelajaran,  adaptasi  teknologi,  dan  sebagainya. Sekolah  yang  menjadi  sasaran tempat  penugasan  mahasiswa  kampus  mengajar  adalah  sekolah-sekolah  yang  berada  di  daerah  3T dengan akreditas B maupun C tetapi sekolah sasaran di kampus mengajar 5 ini hanya sebatas SD dan juga  SMP.Pada  penugasan  kampusmengajar  kali  ini,  mahasiswa  berkesempatan  untuk  melakukan observasi di SDN 4 Singkam. Metode  yang  dilaksanakan  dalam kegiatan pengabdian ini terdiri dari observasi,   perencanaan,   persiapan,   tindakan,      refleksi   dan   evaluasi   terhadap      workshop  pengembangan  pembelajaran media belajar.Hasil  dari  kegiatan pengabdian  masyarakat  ini  yang  dilaksanakan  oleh  dosen-dosen  adalah  bahwa  guru-guru  mampu menguasai  teknoogi  seta  dapat  mengaplikasikannya      dalam   penyampaian   materi-materi pembelajaradikelas.  Kemudian  meningkatakan wawasantent pentingnya media   pembelajaran    yang    berbasis  sisteminformasi  dan  teknologi.  Guru-guru  mampu  mendesain  materi-materi,  tugas  peserta  didik melalui media.

References

Hutasoit,dkk Improving Students' Literacy and Numeracy Skills and Assisting Administrative Activities through The Kampus Mengajar Batch 3 Program at SD Negeri 071169 Ombolata Alasa ,Vol 9 No 1 (2022)

Hutauruk, et.al workshop pengembanganmediapembelajaran bahasa inggris berbasisinformasi dan teknologi di sma negeri 1 sidamanik, Vol.4,No.2Juni 2023,Hal.3967-3970P-ISSN 2721-4990| E-ISSN 2721-50083867

Hutauruk, et.almeningkatkan kemampuan siswa dengan metode ceramah dan tanya jawab di sd negeri 094099 sirube-rube, Vol 5, No 5 (2022)

Sahid. (2016). Pengembangan Media pembelajaran Berbasis ICT. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY, Yogyakarta

Downloads

Published

2025-01-06

How to Cite

Hutauruk, B. S., Napitupulu, S., Simamora, R., Tampubolon, E. . H. M., Pasaribu, T. K., Dhillon, B. P. S., … Simamora, J. M. (2025). PENERAPAN GERAKAN LITERASI DAN NUMERASI MELALUI KAMPUS MENGAJAR V DI SDN 4 SINGKAM. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 191–200. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41459

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.