MEMPERKOKOH EKONOMI PADA SATUAN PENDIDIKAN DENGAN MENGEMBANGKAN BADAN USAHA MILIK SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.42157Keywords:
Badan Usaha Milik Sekolah, Pembiayaan Sekolah, Pendanaan AlternatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pentingnya membangun Badan Usaha Milik Sekolah (BUMS) di Sekolah Dasar sebagai sumber pendanaan alternatif dalam pembiayaan sekolah. Artikel ini merupakan bahan sosialisasi dalam pelaksanaan Iptek bagi Masyarakat (IbM) yang dilaksanakan di SD 1 Muhammadiyah Gentasari, Kroya Cilacap, Jawa Tengah. Selain melakukan sosialisasi, pengabdi juga melakukan pendampingan dan monitoring pembangunan BUMS. Hasil sosialisasi dan analisis menggambarkan, jika negara memiliki Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Pemerintah Daerah memiliki (BUMD), dan Pemerintah Desa memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bumdes, mengapa sekolah tidak memiliki Badan Usaha Milik Sekolah (BUMS)? BUMS dibangun tak harus dengan modal besar, melainkan bertolak dari keadaan sekolah seadanya. Dimulai dari mengelola makan peserta didik, mengelola seragam sekolah, simpan pinjam warga sekolah, pada akhirnya BUMS bisa membangun toko, pabrik tekstil dan produk tekstil, bahkan tidak mungkin membangun perbankan. Dengan memiliki BUMS, memungkinkan sekolah memiliki sumber pendanaan alternatif yang tidak tergantung kepada negara dan orang tua siswa. Mereka memungkinkan menggaji guru lebih besar, membangun laboratorium yang memadai, dan menyiapkan berbagai fasilitas yang diperlukan bagi pendidikan.References
Amiruddin, Amiruddin. 2019. “Sekolah Unggul Mandiri.” Jurnal Kariman 7(1). doi: 10.52185/kariman.v7i1.100.
Amitha Hoata, Aprillia T., I.Wayan Gede Sutadarma, and Ni Nyoman Ayu Dewi. 2021. “Hubungan Kebiasaan Sarapan Pagi Dan Status Gizi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar.” E-Jurnal Medika Udayana 10(10). doi: 10.24843/mu.2021.v10.i10.p17.
Azhari, Ulpha Lisni, and Dedy Achmad Kurniady. 2016. “Manajemen Pembiayaan Pendidikan, Fasilitas Pembelajaran, Dan Mutu Sekolah.” Jurnal Administrasi Pendidikan 23(2).
Diana, Miska Rosa, Ferdian Ferdian, and Munir Munir. 2023. “Pengembangan Sumber Dan Alokasi Pendanaan Pendidikan Islam.” Jurnal Ilmiah Mandala Education 9(3).
Hidayat, Rais, Vicihayu Dyah M, and Himmatul Ulya. 2019. “Kompetensi Kepala Sekolah Abad 21: Sebuah Tinjauan Teoretis.” Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah 4(1). doi: 10.34125/kp.v4i1.394.
Kadarsih, Inge, Sufyarma Marsidin, Ahmad Sabandi, and Eka Asih Febriani. 2020. “Peran Dan Tugas Kepemimpinan Kepala Sekolah Di Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 2(2).
Kaukab, M.Elfan. 2022. “Latar Gelap Kampanye Politik 2023: Krisis Ekonomi, Pangan, Atau Energi?” Fokus Bisnis Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi 21(2).
Komariah, Nur. 2017. “Kepemimpinan Entrepreneurship Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kemandirian Pembiayaan Sekolah.” Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban 5(1).
Nurhadi, Muljani A. 2013. “Mencari Alternatif Sumber Daya Pendanaan Pendidikan.” Jurnal Manajemen Pendidikan 1(1).
Rustiawan, Hafid. 2021. “Komersialisasi Pendidikan (Analisis Pembiayaan Pendidikan).” TAZKIYA: Keislaman, Kemasyarakatan Dan Kebudayaan 16(1).
Sudarmono, Sudarmono, Lias Hasibuan, Kasful Anwar Us, and Sekolah Menengah. 2021. “Pembiayaan Pendidikan.” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial 2(1).
Wandra, Dedi, and Hadiyanto Hadiyanto. 2021. “Perencanaan Pembiayaan Pendidikan.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3(5). doi: 10.31004/edukatif.v3i5.1005.
Zulfa, Umi. 1970. “Membangun Madrasah Bermutu Melalui Praktik Manajemen Pembiayaan Pendidikan Berbasis Potensi Umat (Sebuah Alternatif Model Pembiayaan Pendidikan Di Indonesia).” Jurnal Kependidikan 1(1). doi: 10.24090/jk.v1i1.529
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Wakhudin Wakhudin, Cahyono Purbomartono, Raden Beny Wijarnako

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.