SOSIALISASI SOFTWARE DESAIN GRAFIS ADOBE PHOTOSHOP CS DAN CORELDRAW UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GURU SMPIT AL QALAM JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.39577Keywords:
Desain Grafis, Media Pembelajaran, Keterampilan GuruAbstract
Perkembangan ilmu pengetahuan berbanding lurus dengan perkembangan teknologi yang memiliki pengaruh cukup besar dalam kehidupan manusia saat ini, maka sudah saatnya guru memiliki kemampuan yang lebih baik lagi di antaranya guru bisa meningkatkan keterampilan untuk diri sendiri. Tujuan pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat untuk meningkatkan keterampilan Guru SMPIT Al Qalam Jakarta dengan penggunaan software desain grafis Adobe Photoshop CS dan CorelDraw. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan melalui beberapa tahapan seperti pengkajian, perencanaan dan pengembangan, pelaksanaan (sosialisasi), dan evaluasi. Jumlah peserta dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini sekitar 12 orang guru SMPIT Al Qalam. Berdasarkan hasil tersebut diperoleh informasi bahwa kegiatan ini sangat relevan dengan kebutuhan peserta. Kegiatan ini menambah pengetahuan dan keterampilan tentang penggunaan media pembelajaran inovatif agar lebih menarik dan mudah dipahami oleh siswa saat pembelajaran. Jika dibuat dalam bentuk persentase naik dari kemampuan awal 50%, setelah pelatihan yang paham menjadi lebih dari 87%. Hal ini dapat ambil kesimpulan bahwa sosialisasi yang diberikan dapat bermanfaat untuk guru.References
Alit, R., & Putra, C. A. (2018). Implementation CorelDraw as the Idea of Entrepreneurial Student Boarding School Al-Iqbal Surabaya with Lean Startup Approach. Nusantara Science and Technology Proceedings, 383–388. https://doi.org/10.11594/nstp.2018.0157
Andrews, T. (2013). Acknowledging the distance learner: The role of the student voice in enhancing the quality of the distance learner’s E-Learning experience. In Outlooks and Opportunities in Blended and Distance Learning. https://doi.org/10.4018/978-1-4666-4205-8.ch017
Bayusi, B., & Susanto, D. (2021). Desain Media Promosi PT. Budi Nabati Perkasa dengan Menggunakan Adobe Photoshop. Prosiding Seminar Nasional Informatika (SENATIKA) 2021, 118–122.
Dewi, M. S. (2012). Penggunaan Aplikasi Adobe Photoshop dalam Meningkatkan Keterampilan Editing Foto bagi Anak Tunarungu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(2), 260–270. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu
Gunawan, I. (2024). Pendidikan Karakter: Tantangan dan Solusi di Era Digital. Seminar Nasional Pendidikan (SNP) 2024, 3047–6275.
Hafeez, A., Gujjar, A. A., & Noreen, Z. (2014). Demanding need of growing technologies in distance learning system. Turkish Online Journal of Distance Education, 15(4), 170–180. https://doi.org/10.17718/tojde.04872
Haryani, P. (2024). Pelatihan Desain Grafis Aplikasi CorelDraw bagi Pemuda Pemudi Karang Taruna Desa Pogung Dalangan. Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS, 2(1), 198–204.
Horowitz, D. (2017). Teaching video editing and motion graphics with Photoshop. Innovative Marketing, 13(3), 17–24. https://doi.org/10.21511/im.13(3).2017.02
Hu, H.-J. (2023). The Design and Implementation of an Innovative Course on the Creation of Cultural Landscape Images: A Case Study of Dalin Township in Taiwan. Education Sciences, 13(1). https://doi.org/10.3390/educsci13010036
Hulu, Y. (2023). Problematika Guru dalam Pengembangan Teknologi dan Media Pembelajaran. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(6), 2023.
Kuncoro, K. S., Sukiyanto, S., Irfan, M., Amalia, A. F., Pusporini, W., Wijayanti, A., & Widodo, S. A. (2022). Peningkatan Literasi Digital Guru Guna Mengatasi Permasalahan Pembelajaran di Era Pandemi Covid-19. Abdi Wiralodra?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 17–34. https://doi.org/10.31943/abdi.v4i1.50
Li, R. (2021). Analysis of the Combination and Application of Design Software in Computer Graphic Design. In Advances in Intelligent Systems and Computing (Vol. 1303). https://doi.org/10.1007/978-981-33-4572-0_256
Muhardi, M. (2004). Kontribusi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Bangsa Indonesia. Jurnal Sosial dan Pembangunan, XX(4), 478–492.
Nento, F., & Manto, R. (2023). Peran Teknologi dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 11(1), 1–5. https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX-0000-00
Ningrum, T. A., & Suherman, D. S. (2022). Peningkatan Kompetensi Literasi Digital Guru Melalui Bimtek Pembuatan Media dan Evaluasi Pembelajaran Daring untuk Sekolah Dasar. Journal of Practice Learning and Educational Development, 2(3), 127–131. https://doi.org/10.58737/jpled.v2i3.55
Noe’man, A., & Hartanti, D. (2023). Workshop Desain Grafis untuk Meningkatkan Skill TIK bagi Santri. Journal of Computer Science Contributions (JUCOSCO), 3(1), 96–103.
Rahman, H. (2014). The role of ICT in open and distance education. Turkish Online Journal of Distance Education, 15(4), 162–169. https://doi.org/10.17718/tojde.47700
Rasyid, H. (2015). Membangun Generasi Melalui Pendidikan Sebagai Investasi Masa Depan. Jurnal Pendidikan Anak, IV(1), 565–581.
Saripudin, S., & Robbani, M. D. F. (2024). Integrasi Teknologi Dalam Pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(3), 2024. https://doi.org/10.17509/e.v23i3.72163
Sarwosri, S., Rochimah, S., Akbar, R. J., Oranova, D., & Yuhana, U. L. (2022). Pelatihan Desain Grafis untuk Guru-Guru di SMP AL-Uswah Surabaya. SEWAGATI Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(4), 1–7. https://doi.org/10.12962/j26139960.v6i4.170
Suryani, S., Arwansyah, A., & Hasyrif, H. (2021). Pengembangan Soft Skill Guru SD melalui Pelatihan Aplikasi Perkantoran dan Desain Grafis di Polewali Mandar. Jurnal SOLMA, 10(1), 181–188. https://doi.org/10.22236/solma.v10i1.5272
Wahab, J. (2022). GURU SEBAGAI PILAR UTAMA PEMBENTUKAN KARAKTER. Jurnal Inspiratif Pendidikan, XI(2)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dona Katarina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.