PELATIHAN METODE BERHITUNG CEPAT MATEMATIKA UNTUK SISWA SD IT DAARUL ISTIQLAL

Authors

  • Yulia Tiara Tanjung Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
  • Imanuddin Siregar Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
  • Arief Rahman Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
  • Halimah Halimah Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.39228

Keywords:

Metode hitung cepat, Kemampuan Numerasi, Matematika .

Abstract

Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang dipejari di semua tingkatan sekolah, maka dari itu perlu penguasaan materi dan pemahaman materi sejak dini supaya pengetahuan matematika bisa berkembang dengan baik.Tujuan dari Pelatihan  Metode  Hitung  Cepat  Sederhana  bagi  Peserta  Didik  yaitu  memberikan  bekal  dan  mengasah  kemampuan numerasi peserta didik sehingga memiliki bekal keterampilan . Pelaksanaa Pelatihan dilakukan dengan tiga tahapan yaitu Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaandan Tahap Evaluasi. Peserta pelatihan yaitu peserta didik SD yang berjumlah 25 orang. Pelaksanaan dilakukan dengan pemaparan materi dilakukan secara pleno, pengerjaan lembar kerja yang menarik disertai dengan permainan Hasil kegiatan, menunjukkan kemajuan setiap peserta didik, mengasah  kemampuan numerasi, kemampuan prosedural dan memberikan umpan balik yang konstruktif. Aktivitas games dan kuis ternyata sangat efektif dalam  meningkatkan  semangat  belajar  peserta  didik  dan  mengasah kemampuan numerasinya. Mereka tidak hanya belajar dengan serius,  tetapi juga bersenang-senang dan saling mendukung satu sama lain.  Antusiasme dan partisipasi aktif dari seluruh peserta didik menunjukkan bahwa metode ini sangat efektif dan menyenangkan bagi mereka. Hasil kuis yang dilakukan di akhir pelatihan, menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan hitung cepat dan numerasi peserta didik. hitung cepat matematika terbukti meningkatkan rasa percaya diri anak, sehingga mereka akan mampu dan berani untuk mengerjakan soal perhitungan dan semangat mencoba untuk menyelesaikannya

References

Asyar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pengajaran. Jakarta: Referensi GP Press Group

Musthafa, S., & Mandailina, V. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Sd Menggunakan Metode Jarimatika. JCES FKIP UMMat, 1(1), 30. https://doi.org/10.31764/jces.v1i1.71Areni, I. S. (2019). Pengenalan Pembelajaran Interaktif Berbasis Game di SDN 14 Bonto-Bonto Kabupaten Pangkep. Panrita Abdi-Jurnal ..., 3(2), 177-183.

Khadijah, K. (2020). Peningkatan Pengetahuan Mengoptimalkan Pembelajaran dengan Alat Peraga Teorema Pythagoras. Equals, 3(1), 21–29. https://doi.org/10.46918/eq.v3i1.581

Kurniawan, A., Mukhadis, A., & Widiyanti, W. (2019). 21st Century Skills sebagai Upaya Pengembangan Kapabilitas Siswa SMK di Fourth Industrial Revolution Era.Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(7), 857. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i7.12614

Lenggono, W. (2017). Penggunaan Media Pengajaran. Purwokerto: UMP

Lestari, W., & Zainudin, M. (2022). Studi Literatur Permasalahan Dalam Kemampuan Berpikir Numerik Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 4(2). Oktradiksa, A. (2019). PKU bagi MI Muhamamdiyah Rambeanak 2 Kabupaten Magelang. Publikasi Pendidikan UNM, 9(3), 227–231.

Maulani, Alfi dkk. (2020). Penerapan Google Classroom dalam Pelatihan Maple dan Mathematica pada SMP IT Bina Adzkia. Jurnal Abdi Masyarakat, 1(3), 47

Maulani, Alfi dkk. (2021). Penerapan Zoom dan Google Classroom dalam Pelatihan Maple Calculator pada SMP Negeri 1 Teras. JPKM, 1(2), 261

Pratomo, R. H. S., Nur, S. M., Liana, A., Sulfaidah, S., Khadijah, K., & Al-Banna, M. Z. (2022). Interactive Worksheet to Improve Children’s Literacy Ability. Mattawang: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 260–267. https://doi.org/10.35877/454ri.mattawang1094

Rahma, A., & Rizkiyani, F. (2019). Peningkatan Pemahaman Guru PAUD Tentang Kebencanaan melalui Pembelajaran Sains. Publikasi Pendidikan, 9(3), 254. https://doi.org/10.26858/publikan.v9i3.10023

Rangkuti, M. A., Manurung, I. F. U., Tarigan, N., Panggabean, D. D., Irfandi, I., Harahap, M. H., & Syah, D. H. (2019). Pendampingan Guru-Guru Sekolah Dasar Mendesain Pembelajaran Tematik Berbasis Alat Peraga Di Kecamatan Medan Helvetia. Publikasi Pendidikan, 9(3), 232. https://doi.org/10.26858/publikan.v9i3.10296

Rosiyana, M., & Umi Nurbaeti, R. (2023). Pelatihan Berhitung Cepat dengan Metode Jarimatika bagi Siswa Sekolah Dasar Desa Cigadung. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 3(02), 88–94. https://doi.org/10.46772/jamu.v3i02.918 213/jmm.v3i2.50

Downloads

Published

2024-12-14

How to Cite

Tanjung, Y. T. ., Siregar, I. ., Rahman, A. ., & Halimah, H. (2024). PELATIHAN METODE BERHITUNG CEPAT MATEMATIKA UNTUK SISWA SD IT DAARUL ISTIQLAL. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 12083–12087. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.39228

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.