PELATIHAN METODE BERHITUNG CEPAT MATEMATIKA UNTUK SISWA SD IT DAARUL ISTIQLAL
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.39228Keywords:
Metode hitung cepat, Kemampuan Numerasi, Matematika .Abstract
Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang dipejari di semua tingkatan sekolah, maka dari itu perlu penguasaan materi dan pemahaman materi sejak dini supaya pengetahuan matematika bisa berkembang dengan baik.Tujuan dari Pelatihan Metode Hitung Cepat Sederhana bagi Peserta Didik yaitu memberikan bekal dan mengasah kemampuan numerasi peserta didik sehingga memiliki bekal keterampilan . Pelaksanaa Pelatihan dilakukan dengan tiga tahapan yaitu Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaandan Tahap Evaluasi. Peserta pelatihan yaitu peserta didik SD yang berjumlah 25 orang. Pelaksanaan dilakukan dengan pemaparan materi dilakukan secara pleno, pengerjaan lembar kerja yang menarik disertai dengan permainan Hasil kegiatan, menunjukkan kemajuan setiap peserta didik, mengasah kemampuan numerasi, kemampuan prosedural dan memberikan umpan balik yang konstruktif. Aktivitas games dan kuis ternyata sangat efektif dalam meningkatkan semangat belajar peserta didik dan mengasah kemampuan numerasinya. Mereka tidak hanya belajar dengan serius, tetapi juga bersenang-senang dan saling mendukung satu sama lain. Antusiasme dan partisipasi aktif dari seluruh peserta didik menunjukkan bahwa metode ini sangat efektif dan menyenangkan bagi mereka. Hasil kuis yang dilakukan di akhir pelatihan, menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan hitung cepat dan numerasi peserta didik. hitung cepat matematika terbukti meningkatkan rasa percaya diri anak, sehingga mereka akan mampu dan berani untuk mengerjakan soal perhitungan dan semangat mencoba untuk menyelesaikannyaReferences
Asyar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pengajaran. Jakarta: Referensi GP Press Group
Musthafa, S., & Mandailina, V. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Sd Menggunakan Metode Jarimatika. JCES FKIP UMMat, 1(1), 30. https://doi.org/10.31764/jces.v1i1.71Areni, I. S. (2019). Pengenalan Pembelajaran Interaktif Berbasis Game di SDN 14 Bonto-Bonto Kabupaten Pangkep. Panrita Abdi-Jurnal ..., 3(2), 177-183.
Khadijah, K. (2020). Peningkatan Pengetahuan Mengoptimalkan Pembelajaran dengan Alat Peraga Teorema Pythagoras. Equals, 3(1), 21–29. https://doi.org/10.46918/eq.v3i1.581
Kurniawan, A., Mukhadis, A., & Widiyanti, W. (2019). 21st Century Skills sebagai Upaya Pengembangan Kapabilitas Siswa SMK di Fourth Industrial Revolution Era.Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(7), 857. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i7.12614
Lenggono, W. (2017). Penggunaan Media Pengajaran. Purwokerto: UMP
Lestari, W., & Zainudin, M. (2022). Studi Literatur Permasalahan Dalam Kemampuan Berpikir Numerik Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 4(2). Oktradiksa, A. (2019). PKU bagi MI Muhamamdiyah Rambeanak 2 Kabupaten Magelang. Publikasi Pendidikan UNM, 9(3), 227–231.
Maulani, Alfi dkk. (2020). Penerapan Google Classroom dalam Pelatihan Maple dan Mathematica pada SMP IT Bina Adzkia. Jurnal Abdi Masyarakat, 1(3), 47
Maulani, Alfi dkk. (2021). Penerapan Zoom dan Google Classroom dalam Pelatihan Maple Calculator pada SMP Negeri 1 Teras. JPKM, 1(2), 261
Pratomo, R. H. S., Nur, S. M., Liana, A., Sulfaidah, S., Khadijah, K., & Al-Banna, M. Z. (2022). Interactive Worksheet to Improve Children’s Literacy Ability. Mattawang: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 260–267. https://doi.org/10.35877/454ri.mattawang1094
Rahma, A., & Rizkiyani, F. (2019). Peningkatan Pemahaman Guru PAUD Tentang Kebencanaan melalui Pembelajaran Sains. Publikasi Pendidikan, 9(3), 254. https://doi.org/10.26858/publikan.v9i3.10023
Rangkuti, M. A., Manurung, I. F. U., Tarigan, N., Panggabean, D. D., Irfandi, I., Harahap, M. H., & Syah, D. H. (2019). Pendampingan Guru-Guru Sekolah Dasar Mendesain Pembelajaran Tematik Berbasis Alat Peraga Di Kecamatan Medan Helvetia. Publikasi Pendidikan, 9(3), 232. https://doi.org/10.26858/publikan.v9i3.10296
Rosiyana, M., & Umi Nurbaeti, R. (2023). Pelatihan Berhitung Cepat dengan Metode Jarimatika bagi Siswa Sekolah Dasar Desa Cigadung. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 3(02), 88–94. https://doi.org/10.46772/jamu.v3i02.918 213/jmm.v3i2.50
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yulia Tiara Tanjung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.