OPTIMALISASI KEMAMPUAN MENULIS KARYA ILMIAH MAHASISWA MELALUI PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH

Authors

  • Luana Sasabone Universitas Kristen Indonesia Paulus
  • Kaharto Kaharto Politeknik Maritim AMI Makassar
  • Yuriatson Yuriatson Politeknik Sandi Karsa Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.42807

Keywords:

Menulis, Pelatihan, Penulisan karya ilmiah

Abstract

Penulisan karya ilmiah merupakan kegiatan kegiatan kompleks dengan cara yang terorganisir, tepat, dan mudah dipahami sehingga dapat membantu diskusi ilmiah. Ketepatan, objektivitas, organisasi logis, dan argumentasi berbasis bukti adalah prinsip-prinsip utama yang ditekankan dalam penulisan karya ilmiah. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa mahasiswa kurang termotivasi untuk menulis karya ilmiah, mereka memiliki pemahaman yang kurang tentang bagaimana menulis karya ilmiah, tulisan mereka masih kurang berkualitas dan anggapan karya ilmiah sebagai syarat lulus kuliah saja. Untuk mengatasi hal tersebut, tim pengabdian mencoba untuk mengadakan pelatihan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis karya ilmiah. Metode yang digunakan yaitu pemaparan materi, praktik menulis karya ilmiah dan Focus Group Discussion. Hasil pelatihan telah menunjukkan hasil yang positif berupa peningkatan kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa. Hampir semua mahasiswa menyatakan bahwa mereka berharap kegiatan ini dapat berlangsung secara berkelanjutan dan intensif, sehingga kualitas karya tulis ilmiah mereka akan meningkat. Tim pengabdian menyimpulkan bahwa pelaksanaan pelatihan karya ilmiah berjalan sesuai tujuan dan mendorong mahasiswa untuk menulis karya ilmiah.

References

Ekaputra, F. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Untuk Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa. Buguh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 222–227. https://doi.org/10.23960/buguh.v3n3.2152

Ekasriadi, I. A. A., Sukendra, I. K., Fridayanthi, P. D., & Puspawati, G. A. M. (2023). PKM. Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Dan Publikasi Ilmiah Di Sdn 3 Penatih. Jurnal PKM. Widya Mahadi, 4(Desember), 122–131. https://doi.org/10.59672/widyamahadi.v4i1.3393

Erlianti, D., Hikmah, N., Suhariyanto, D., Budiarti Mustika Sari, V., Hakim, M. L., & Nurchayati, N. (2023). Pelatihan penyusunan karya tulis ilmiah terakreditasi Sinta. Community Development Journal, 4(2), 4758–4764.

Fauziah, N., Oktariani, O., Roizawati, R., & Rahmawati, R. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah kepada Guru-guru di SDN 42 Pekanbaru. Community Education Engagement Journal, 5(1), 87–95. https://doi.org/10.25299/ceej.v5i1.14624

Imran, M. C. (2022). Applying Hemingway App to Enhance Students’ Writing Skill. Education, Language, and Culture (EDULEC), 2(2), 180–185. https://jurnal-eureka.com/index.php/edulecj

Jubhari, Y., Sasabone, L., & Nurliah, N. (2022). The Effectiveness of Contextual Teaching and Learning Approach in Enhancing Indonesian EFL Secondary Learners’ Narrative Writing Skill. REiLA : Journal of Research and Innovation in Language, 4(1), 54–66. https://doi.org/10.31849/reila.v4i1.8633

Lasino, L., Umbase, L., Tonahati, T., Marbun, M., Teintang, R. A. Y., & Widiarto, T. (2023). Pkm Kreatifitas Dan Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4 SE-Articles), 8641–8647. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/19793

Nugroho, I. S., Hidayati, D. N., Yafi, M. A., & Wahyuningsih, D. D. (2023). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah, Penggunaan Aplikasi Pencarian Sumber Referensi Dan Manajemen Referensi Pada Mahasiswa. GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 194–200. https://doi.org/10.36728/ganesha.v3i2.2675

Putra, L. V., & Rini, Z. R. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Ngudi Waluyo. Jurnal Pengabdian Ibnu Sina, 2(2), 172–177. https://doi.org/10.36352/j-pis.v2i2.519

Rizqi, F. M., Wangi, M. S., & Widiyowati, E. (2022). Pelatihan Dan Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah Pada Mahasiswa Anggota Fordis. Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 5(1), 34–37. journdharmakarya/article/viewFile/11437/5233al.unpad.ac.id/

Sakaria, S., Rapi, M., M, A., Ismail, A., & Haliq, A. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Pancasakti Makassar. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 12–15. https://doi.org/10.59562/abdimas.v1i1.296

Sakina, R., Widyaningsih, A. W., & Hardiani, P. S. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Kepada Siswa Kelas Xii Sma Binar Ilmu Bandung. EJOIN : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(12), 1540–1545. https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i12.2042

Setiaji, A. B., & Mursalin, E. (2021). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Mahasiswa IAIN Ambon Scientific Writing Training for IAIN Ambon Students. Jurnal Mangente, 1(1), 25–37.

Utama, A. E., Marhani, Satriyantara, R., Anggraeni, D. P., & Dewi, I. R. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah untuk Memotivasi Literasi Menulis Siswa MTsN 1 Mataram. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 218–225. https://doi.org/10.29303/rengganis.v3i2.367

Zulhijra, Z., Suryana, E., Maryamah, M., Prihatin, N. Y., Mubharokh, A. S., Kgs. Gamal, A., & Ludiman Nugraha, P. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Dan Skripsi. Jurnal Pengabdian Kepada Mayarakat Nusantara (JPkMN), 4(1), 454–458.

Downloads

Published

2025-02-25

How to Cite

Sasabone, L., Kaharto, K., & Yuriatson, Y. (2025). OPTIMALISASI KEMAMPUAN MENULIS KARYA ILMIAH MAHASISWA MELALUI PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 1513–1517. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.42807

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.