PEMAHAMAN PENELITIAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE KUALITATIF DAN KUANTITATIF MELALUI WEBINAR NASIONAL

Authors

  • Yekti Nilasari Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Tono Wartono Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Darmun Darmun Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Much Al khaqqoh Istifa Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.42252

Keywords:

Pengabdian Masyarakat, Metode Kualitatif, Metode Kuantitatif.

Abstract

Penelitian atau pengabdian masyarakat dalam bidang penelitian metodologi menjadi penting untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai metode penelitian yang efektif dan tepat. Salah satu metode yang banyak digunakan adalah metode kualitatif dan kuantitatif, yang masing-masing memiliki pendekatan yang berbeda dalam pengumpulan dan analisis data. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam mengenai kedua metode tersebut kepada masyarakat umum, terutama mahasiswa, pelajar, dan praktisi penelitian. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah webinar interaktif yang dilaksanakan secara daring menggunakan platform Zoom. Webinar ini menyajikan materi mengenai perbedaan antara metode kualitatif dan kuantitatif, serta bagaimana cara memilih dan mengintegrasikan kedua metode tersebut dalam penelitian. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa sebagian besar peserta berhasil memahami konsep dasar dan aplikasi kedua metode tersebut dengan baik, terbukti dari kuis dan diskusi interaktif yang berjalan lancar. Kegiatan ini juga berhasil memperkenalkan pentingnya pemilihan metode yang tepat dalam menghasilkan penelitian yang valid dan reliabel. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah bahwa webinar dapat menjadi platform yang efektif dalam meningkatkan literasi penelitian bagi masyarakat luas.

References

Fatkhuri, F., & Nurdin, N. (2022). PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH BEBAS PLAGIARISME UNTUK MAHASISWA FAKULTAS HUKUM UPN VETERAN JAKARTA. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 375–383.

Halim, A., Noor, L. S., Hita, I. P. A. D., Cahyo, A. D., Risdwiyanto, A., & Utomo, J. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bidang Pendidikan Jasmani. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1601–1606.

Hasanah, M., Putra, M. A. H., & Handy, M. R. N. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-Guru Ips di SMPN 30 Banjarmasin Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru.

Wardana, B., & Hermanto, H. (2024). Implementasi Microservices di Situs Web Frontend. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (JUPTIK), 2(1), 24–27.

Winata, C. (2024). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Widya Techno Abadi. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(1), 238–246.

Bryman, A. (2016). Social research methods (5th ed.). Oxford University Press.

Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). SAGE Publications.

Denzin, N. K. (2012). The research act: A theoretical introduction to sociological methods (3rd ed.). Aldine Transaction.

Flick, U. (2018). An introduction to qualitative research (6th ed.). SAGE Publications.

Teddlie, C., & Tashakkori, A. (2009). Foundations of mixed methods research: Integrating quantitative and qualitative approaches in the social and behavioral sciences. SAGE Publications

Downloads

Published

2025-02-02

How to Cite

Nilasari, Y., Wartono, T., Darmun, D., & Istifa, M. A. khaqqoh. (2025). PEMAHAMAN PENELITIAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE KUALITATIF DAN KUANTITATIF MELALUI WEBINAR NASIONAL. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 1179–1182. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.42252

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.