WORKSHOP DAN PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER UNTUK GURU PAUD DI ACEH TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.39156Keywords:
Workshop, pembelajaran berbasis karakter, guru PAUD, pengabdian MasyarakatAbstract
Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru PAUD dalam mengembangkan dan mengimplementasikan pembelajaran berbasis karakter melalui kegiatan workshop. Sasaran program adalah 15 guru PAUD di Aceh Tengah yaitu TK Swasta Islam Terpadu Al-Hikmah, TK Swasta Bhayangkari, TK Swasta Mutuah Miko, TK Swasta It Tazkia dan Tk IT Mahabbah Al-Qur An. Program dilaksanakan melalui empat tahapan sistematis yang meliputi: tahap persiapan yang mencakup koordinasi dengan stakeholders dan analisis kebutuhan; tahap implementasi workshop yang terdiri dari sesi konsep dasar, pengembangan model, dan simulasi pembelajaran; tahap pendampingan melalui kunjungan kelas dan konsultasi online; serta tahap evaluasi untuk mengukur efektivitas program. Hasil program menunjukkan capaian yang signifikan, ditandai dengan peningkatan pemahaman guru tentang konsep pendidikan karakter dari 65% menjadi 87%, terciptanya 15 RPP berbasis karakter yang berkualitas, terbentuknya komunitas guru PAUD peduli karakter sebagai wadah pengembangan profesional berkelanjutan, dan terbangunnya kemitraan yang berkelanjutan dengan Dinas Pendidikan. Program ini memberikan kontribusi yang bermakna dalam pengembangan profesionalisme guru PAUD dan penguatan pendidikan karakter di tingkat usia dini yang diharapkan dapat menjadi model pengembangan program serupa di wilayah lain.References
Aly, A. (2017). Pengembangan Pembelajaran Karakter Berbasis Soft Skills Di Perguruan Tinggi. Ishraqi, 1(1), 18–30. https://doi.org/10.23917/ishraqi.v1i1.2926
Arifin, A.-R. K., & Fardana, N. A. (2014). Peran Pendidik PAUD dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Melalui Metode Pembelajaran Sentra dan Lingkaran. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 3(3), 188–198. http://journal.unair.ac.id/filerPDF/jpppaa5c340a9efull.pdf
Ismawati, E., Santosa, G. B., & Ghofir, A. (2017). Pengembangan model pembelajaran sastra Indonesia berbasis pendidikan karakter di SMA/SMK Kabupaten Klaten. METASASTRA: Jurnal Penelitian Sastra, 9(2), 185.
Kemdikbud. (2019). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 8. https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/?wpdmpro=buku-konsep-dan-pedoman-ppk
Mulyatiningsih, E. (2010). The Analysis of Character Education Models for Children, Adolescents and Adults. Ft Uny, 1–18.
Situmorang, E., & Saragih, M. (2024). Pelatihan pengajaran dan pembelajaran berbasis pengembangan softskill dan hardskill. Jpm-Unita - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 35–40.
Solissa, E. M., Utomo, Kadarsih, S., Djaja, D. K., Pahmi, & Sitopu, J. W. (2022). Strategi Penguatan Pendidikan Karakter Pada Tingkat Slta Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnaal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(1), 29–39.
Sudrajat, A., Darojat, O., Aripin, S., & Enceng. (2024). Pengembangan Model Pembelajaran Cooperative Learning Berbasis Pendidikan Karakter dalam Menghadapi Era Digitalisasi 4.0 Bagi Guru di Kabupaten Sumedang. Warta Pengabdian, 18(1), 1–14. https://doi.org/10.19184/wrtp.v18i1.41618
Yudistira, A. (2021). PKM Program Kemitraan Bagi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Pembelajaran Berbasis Karakter Kearifan Lokal di PAUD Danica Kids School Tamalanrea Makassar. 2(2).
Zukmadini, A. Y., Karyadi, B., & Rochman, S. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Workshop Model Integrasi Terpadu Literasi Sains Dan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPA. Publikasi Pendidikan, 11(2), 107. https://doi.org/10.26858/publikan.v11i2.18378
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Iqbal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.