PENDAMPINGAN KONTEN DIGITAL DI DESA WISATA WAY TEBING CEPA

Authors

  • M Renandi Ekatama Surya Universitas Mitra Indonesia
  • Desmon Desmon Universitas Mitra Indonesia
  • Andi Surya Universitas Mitra Indonesia
  • Armalia Reny WA Universitas Mitra Indonesia
  • Amelia Anwar Universitas Mitra Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41813

Keywords:

Pendampingan, Konten, Digital

Abstract

Pendampingan Pembuatan Konten Digital yang Aman dan Legal Pada Masyarakat Desa Way Tebing Cepa (WTC) Kabupaten Lampung Selatan adalah bentuk pengabdian kepada masyarakat yang akan dilakukan untuk membantu masyarakat memaksimalkan potensi yang dimiliki dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa wisata Taman Baru dan sekitarnya. Aparat desa, pengelola dessa wisata, dan masyarakat sekitar adalah sasaran pengabdian kepada masyarakat ini. Penyuluhan dilakukan sebelum pengabdian kepada masyarakat. Terlaksananya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dimungkinkan oleh ketersediaan tenaga ahli dari dosen Universitas Mitra Indonesia serta tenaga pembantu dari mahasiswa, anggota masyarakat, dan pejabat setempat. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat membantu pelaku masyarakat dengan memberikan pengetahuan tentang cara membuat koten digital sehingga mereka dapat menghindari pelanggaran hukum. Hasil pengabdian masyarakat diketahui bahwa kurangnya kesadaran masyarakat dalam keamanan dan pelanggaran hukum dalam dunia digital.

References

Anisa, R., & Rachmaniar. (2016). Hoax politik pada media sosial Instagram (Studi Etnografi Virtual Tentang Keberadaan Instagram dan Hoax Politik). In Prosiding Seminar Nasional

Komunikasi 2016. Retrieved from http://jurnal.fisip.unila.ac.id/index.php/prosidingkom/article/download/281/181

Gumgum, G., Justito, A., & Nunik, M. (2017). Literasi Media: Cerdas Menggunakan Media Sosial Dalam Menanggulangi Berita Palsu (Hoax) Oleh Siswa SMA. Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 35–40. https://doi.org/1410 -5675

Pakpahan, R. (2017). Analisis Fenomena Hoax Diberbagai Media Sosial Dan Cara Menanggulangi Hoax. Konferensi Nasional Ilmu Sosial dan Teknologi, 1(1).

Nisa, C. U., Disemadi, H. S., & Roisah, K. (2020). Aspek Hukum Tentang Black Campaign Pada Platform Media Sosial Instagram. Mahkamah :Jurnal Kajian Hukum Islam,5(1),1. https://doi.org/10.24235/mahkamah.v5i1.6032

Andrews, J. C., & Shimp, T. A. (2018). Advertising, Promotion, and other aspects of Integrated Marketing Communications 10th Edition. Boston: Cengage Learning.

Azhar, A. W., & Nasrun, H. (2020). Menulis Laporan Penelitian Bagi Peneliti Pemula. Selayo: Insan Cendekia Mandiri.

Blakeman, R. (2018). Integrated Marketing Communication Creative Strategy From Idea To Implementation Third Edition.

Maryland: Rowman & Little Eld. Butar Butar, C. R., & Ali, D. S. (2018). Promotional Mix Sebagai Variabel Moderasi Orientasi Pelanggan Dan Orientasi Pesaing Terhadap Kinerja Pemasaran (2020)

(Studi Empiris pada UKM Rumah Makan di Kabupaten Sragen) . JURNAL BIDANG ILMU EKONOMI. Ekarina.

LegalZoom. (2021). Understanding Copyright Law for Digital Content. Creative Commons. (2020). A User Guide to Creative Commons Licenses.

Pulizzi, J. (2014). Epic Content Marketing: How to Tell a Different Story, Break through the Clutter, and Win More Customers by Marketing Less. McGraw-Hill Education.

Rose, R. & Pulizzi, J. (2011). Managing Content Marketing: The Real-World Guide for Creating Passionate Subscribers to Your Brand. CMI Books.

Kingsnorth, S. (2019). Digital Marketing Strategy: An Integrated Approach to Online Marketing. Kogan Page.

Patel, N. (2020). The Future of Content Marketing: Trends, Tools, and Strategies. Neil Patel Blog.

Schneier, B. (2015). Data and Goliath: The Hidden Battles to Collect Your Data and Control Your World. W.W. Norton & Company.

Whitman, M. E., & Mattord, H. J. (2017). Principles of Information Security. Cengage Learning. ENISA. (2020). Cybersecurity Culture Guidelines: Behavioural Aspects of Cybersecurity.

European Union Agency for Cybersecurity. NIST. (2018). Framework for Improving Critical Infrastructure Cybersecurity. National Institute of Standards and Technology.

WIPO. (2019). World Intellectual Property Report. World Intellectual Property Organization General Data Protection Regulation (GDPR). (2018). Regulation (EU) 2016/679 of the

European Parliament and of the Council. Official Journal of the European Union.

Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi. (2020). Republik Indonesia.

Fenwick, M., Kaal, W. A., & Vermeulen, E. P. (2020). Legal Tech, Smart Contracts and Blockchain. Edward Elgar Publishing.

Lessig, L. (2020). Remix: Making Art and Commerce Thrive in the Hybrid Economy. Harvard Law Review, 134(2), 123-145.

Hugenholtz, P. B., & Senftleben, M. (2020). Fair Use in Europe: In Search of Flexibilities. Journal of Intellectual Property, Information Technology and Electronic Commerce Law (JIPITEC), 11(1), 1-20

Downloads

Published

2025-01-14

How to Cite

Surya, M. R. E., Desmon, D., Surya, A., WA, A. R., & Anwar, A. (2025). PENDAMPINGAN KONTEN DIGITAL DI DESA WISATA WAY TEBING CEPA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 497–500. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41813

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.