CERDAS DAN BIJAK DALAM BERMEDIA SOSIAL BAGI SISWA SMA – SMK WISNUWARDHANA MALANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35474Keywords:
Cerdas, Bijak, Media SosialAbstract
Maksud dan tujuan kegiatan pengadian ini adalah memberikan informasi dan edukasi tentang hukum dalam cerdas dan bijak bermedia sosial. Adapun kajian fokusnya adalam memberikan informasi hukum pada Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas UU Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Metode yang dilakukan dalam pengabdian berupa identifikasi masalah, pelaksanaan, ceramah, tanya jawab, diskusi interaktif dan evaluasi pemahaman. Kegiatan pengabdian ini merupakan upaya untuk memberi edukasi bahwa pentingnya bijak dan cerdas dalam bermedia sosial. Dalam bermedia sosial ada Undang-Undang yang berlaku di Indonesia yaitu undang-undang Tekhnologi dan informasi (UU ITE). Penggunaan media sosial tidak bisa sembarangan. Diharapkan siswa-siswi SMA-SMK Wisnuwardhana Malang sebagai generasi penerus bangsa menjadi paham dan lebih hati-hati menerima informasiinformasi serta bijak dalam bermedia sosial. Etika-etika saat bermedia sosial juga harus diperhatikan.References
A.Rafiq. 2020. Dampak Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Suatu Masyarakat. Jurnal Global Komunika Juli 2020 Vol I.
Ainiyah, N. 2018. Media sosial sebagai media informasi pendidikan bagi remaja milenial. Jurnal JPII, 2(2), 221-236.
Baron, R. A., & Byrne, D. 2018. Psikologi Sosial Edisi 10 Jilid 2. Erlangga.
Brown, A. 2020. Everything You’ve Wanted to Know About Gen Z But Afraid to Ask. Forbes diakses di https://www.forbes.com/sites/abrambrown/2020/09/23/ everything-youvewanted-to-know-about-gen-z-but-were-afraid-to-ask/?sh= 28e8cf793d19
Freberg, K. 2019. Social Media for Strategic Communication. London: Sage Publication
Keumala, M., Yoestara, M., & Putri, Z. 2018. The Impacts Of Gadget And Internet On The Implementation Of Character Education On Early Childhood. Proceedings of the International Conference on the Roles of Parents in Shaping Children’s Characters (ICECED), 313–325
Kim, A., McInerney, P., Smith, T.R., Yamakawa, N. 2020. What Makes Asia-Pasific’s Generation Z Different? McKinsey & Company. https://www.mckinsey.com/business-functions/marketing-and-sales/ourinsights what-makes-asia-pacifics-generation-z-different
Kurnia, dkk. 2018. Hubungan Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dengan Kemampuan Literasi Media Di UPT Perpustakan ITENAS. Jurnal pada Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Pendidikan Indonesia.
Maulida, Hindina, R. Yogie Prawira W dan Meydora Cahya N. 2022. Edukasi Hukum Dan Etika Bermedia Sosial Bagi Gen Z. Amal Ilmiah : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Fakultyas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo 1 (2) (2020) : 115-122
Mayuni, R. A. A., Gelgel, A. R. M & Pascarani, D. N. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Interaksi Sosial Pada Sekaa Teruna Desa Adat Kuta, Badung, Bali. Despasar: Universitas Udayana
Nasrullah,Rulli. 2017. Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Parwitasari, Tika Andarasni dkk (2022). Kesadaran Hukum Dan Etika Dalam Menggunakan Media Sosial. Jurnal Gema Keadilan (ISSN: 0852-0011) Volume 9 Edisi I, Agustus 2022 Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret
Pineda, K. 2020. Generation Create? Gen Z Might Be The Most Creative Generation Yet, Poll Says. USA Today. https://theharrispoll.com/generation-create-gen-z-might-bethe-most-creative-generation-yet-pollsays/#:~:text=But %20a%20new%20Harris%20Poll,over%20the%20age%20of%2024
Tartari, E. 2015. Benefits And Risks Of Children And Adolescents Using Social Media. European Scientific Journal, 11(13), 321–332.
Vanderhoven, E., Schellens, T., & Valcke, M. (2014). Educating Teens about the Risks on Social Network Sites. An intervention study in Secondary Education Enseñar a los adolescentes los riesgos de las redes sociales: una propuesta de intervención en Secundaria. Comunicar, 43. https://doi.org/10.3916/C43-2014-12
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tikka Dessy Harsanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.