PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA EDUKASI DALAM MENANGGULANGI PERUNDUNGAN DI KALANGAN SISWA SMP NEGERI 1 KAIRATU

Authors

  • Jumiati. Tuharea Universitas Pattimura
  • Fricean Tutuarima Universitas Pattimura
  • Jurgen R. Litualy Universitas Pattimura
  • Agustinus Nindatu Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.29574

Keywords:

Pemanfaatan Media Sosial, Sarana Edukasi, Menanggulangi Perundungan, Kalangan Siswa SMA

Abstract

Proposal ini bertujuan untuk memanfaatkan media sosial sebagai sarana edukasi yang efektif dalam menanggulangi perundungan di kalangan pelajar SMP. Perundungan, atau sering disebut sebagai bullying, adalah masalah serius yang dapat berdampak negatif pada kesejahteraan siswa, baik secara fisik maupun mental. Mengembangkan strategi edukasi yang berfokus pada penggunaan media sosial sebagai alat untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang perundungan dengan menggunakan metode kampanye online, konten edukatif, dan pelatihan untuk mengajarkan siswa tentang pentingnya menghormati perbedaan, membangun empati, dan mempromosikan kebaikan di lingkungan sekolah. Menjalin kerja sama dengan pihak sekolah, guru, orang tua, dan komunitas lokal untuk memastikan keberhasilan proyek ini. Selanjutnya  data yang dikumpulkan  dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini untuk mengukur dampak dari penggunaan media sosial dalam upaya menanggulangi perundungan di kalangan siswa SMP Negeri 1 Kairatu Seram Bagian Barat. Diharapkan kegiatan ini  memberikan kontribusi yang signifikan dalam mengurangi perundungan dan menciptakan lingkungan belajar yang aman, inklusif, dan mendukung bagi para siswa SMP Negeri 1 Seram Bagian Barat.

References

Aliffia Ananta, Suhadianto,2021.STOP Bullying. Untag Surabaya Press : Surabaya

Agustina, F. (2019). Analisis Perilaku Cyberbullying di Media Sosial dan Upaya Penanggulangannya (pp. 1–6). INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/5zcw6

Direktorat Sekolah Dasar. 2021. STOP Perundungan/Bullying Yuk. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi : Senayan Jakarta

Grista N.dkk. 2019. Gambaran Perundungan pada Siswa Tingkat SMA di Indonesia. Jurnal Psikogenesis, Volume 7, No.1, Juni 2019

Jorge J. Varela dkk. 2018. Bullying, Cyberbullying, Student Life Satisfaction and the Community of Chilean Adolescents. Applied Research Quality Life, dalam https://doi.org/10.1007/s11482-018-9610-7, diunduh Jumat 24 April 2020.

Ritola, 2007. Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak Di Lingkungan Pendidikan, Jakarta: P2TP2A,

Sakroni. Peran Pekerja Sosial Sekolah Dalam Menangani Perundungan Di Sekolah-Sekolah Di Bandung. Sosio Konsepsia, Vol. 9 (01), September - Desember, Tahun 2019, hlm. 71-84

Utami, A. S. F., & Baiti, N. (2018). Pengaruh Media Sosial terhadap Perilaku Cyberbullying pada Kalangan Remaja. Cakrawala - Jurnal Humaniora, 18(2), 257–262. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.ph p/cakrawala/article/view/3680/2624

Utami, Y. C. (2013). Cyberbullying di Kalangan Remaja. Journal Universitas Airlangga, 3(3), 1–10

Veenstra, R., dkk. 2014. The role of teachers in bullying: The relation between antibullying attitudes, efficacy, and efforts to reduce bullying. Journal of Educational Psychology,

https://psikologi.ui.ac.id/2017/10/04/kenali-korban-dan-pelaku perundunganstopperundungan/#:~:text=Perundungan%20adalah%20tindakan%20yang%20dilakukan,orang%20yang%20merasa %20tidak%20berdaya, diunduh kamis 1Oktober 2020

Downloads

Published

2024-06-13

How to Cite

Tuharea, J. ., Tutuarima, F. ., Litualy, J. R. ., & Nindatu, A. . (2024). PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA EDUKASI DALAM MENANGGULANGI PERUNDUNGAN DI KALANGAN SISWA SMP NEGERI 1 KAIRATU. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 5064–5068. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.29574