PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT BAGI GURU JURUSAN OTKP PERKANTORAN DI SMK NEGERI KABANJAHE
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27219Keywords:
Pembelajaran,Project,GuruAbstract
Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah membantu SMK Negeri1 Kabanjahe dan SMK Swasta Bersama Berastagi dalam mendampingi guru-guru untuk penguatan pembelajaran berbasis project yang akan digunakan untuk praktek pembelajaran mata pelajaran Produktif Perkantoran yang meliputi: Administrasi Umum, Teknologi Perkantoran, Kearsipan, dan Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana. Masalah lain yang dihadapi guru-guru produktif perkantoran meliputi kompetensi paedagogi dan profesional atau penguasaan materi keguruan dan materi ajar perkantoran masih rendah. Guru-guru OTKP Perkantoran di dua sekolah ini cenderung melakukan pembelajaran dengan ceramah untuk menyampaikan materi teori belaka dan tidak melakukan pembelajaran praktek untuk mencapai kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa untuk mempersiapkan siswanya untuk siap kerja. Untuk itu dipandang perlu melakukan pendampingan pembelajaran berbasis Project untuk guru SMK OTKP Perkantoran di SMK Negeri 1 Kabanjahe dan SMK Swasta Bersama Berastagi. Adapun target khusus dari kegiatan pengabdian ini, dihasilkannya; 1) Terbentuknya penguatan kemampuan guru dalam pembelajaran berbasis project; 2) Tersedianya Perangkat pembelajaran berbasis project; 3) Open Class Pendampingan pelaksanaan pembelajaran berbasis project. Untuk mencapai target tersebut rencana kegiatan pengabdian yang akan dilakukan antara lain; 1) pendampingan penguatan kemampuan guru dalam pembelajaran project; 2) Memfasilitasi pengembangan perangkat pembelajaran; dan 3) Pendampingan pelaksanaan pembelajaran dengan melakukan Open Class.References
Agustina, M. (2018). The Role of the Natural Science Laboratory (IPA) in Science Learning Madrasah Ibtidaiyah MI/SD (In Indonesian). At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(1), 1–10.
Darwis, M., Batari, U. D., Salam, R., Kasmita, M., & Baharuddin, A. (2019). Pengaruh
Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kualitas Proses Pembelajaran Pada Paket Keahlian
Administrasi Perkantoran Di SMK Negeri 1 Gowa. Jurnal Ad’ministrare, 5(2), 105–112.
Emda, A. (2017). Laboratorium Sebagai Sarana Pembelajaran kimia dalam Meningkatkan
Pengetahuan dan Ketrampilan Kerja Ilmiah. Lantanida Journal, 5(1), 83–92.
Hanafi, M. A. (2017). Praktik 70%, Teori 30%, Memperin Targetkan Lulusan SMK Terserap Semua. JawaPos.com. Diunduh dari
Jaya, H. (2012). Pengembangan Laboratorium Virtual untuk Kegiatan Paraktikum dan Memfasilitasi Pendidikan Karakter di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1).
Kusumawardani, D. A., & Rustiana, A. (2015). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru, Kompetensi Profesional Guru, dan Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Wijayakusuma Jati lawang. Economic Education Analysis Journal, 4(1).
Mumpuni, M. (2016). Developing "Mini Office" as a Learning Media in the State College of Accountancy: Mandatory or Optional? Diunduh dari
Nyangko, L. R., Karo, U. K., & Hamdani, A. (2016). Penggunaan Laboratorium Dalam Menunjang Proses Pembelajaran Teknik Pemesinan. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(1), 102–110. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jmee.v1i1.3742
Suryadi, R. A., & Mushlih, A. (2019). Desain & Perencanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Budi Utama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rotua Sahat Pardamean Simanullang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.