UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN CALON GURU GEOGRAFI DALAM PEMBUATAN E-MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS FLIP PDF PROFESIONAL DALAM PEMBELAJARAN NON KLASIKAL
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.26532Keywords:
E-Modul, Flip Pdf Profesional, Calon Guru Geografi.Abstract
Teknologi informasi dan komunikasi yang semakin maju dan berkembang pesat saat ini memberikan dampak kepada dunia pendidikan. Para mahasiswa keguruan yang merupakan calon guru masa depan khususnya dibidang pembelajaran geografi perlu meningkatkan keterampilan menggunakan berbagai teknologi agar mampu menghasilkan pembelajaran efektif serta inovatif dalam mengembangkan media pembelajaran, hanya saja masih banyak para calon guru yang belum cukup paham dalam memanfaatkan teknologi untuk pengembangan e-modul pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut perlu adanya pelatihan bagi mahasiswa keguruan yang merupakan calon guru sebagai aktor utama pendidikan untuk mengembangkan keterampilan dalam menyusun e-modul pembelajaran menggunakan flip pdf profesional. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa pendidikan geografi USN Kolaka yang merupakan calon guru geografi dalam mengembangkan e-modul pembelajaran menggunakan aplikasi flip pdf profesional. Kegiatan pelatihan dilaksanakan dengan beberapa tahap yaitu observasi, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Berdasarkan hasil pelatihan, para peserta menunjukkan respon yang positif hingga sangat positif terhadap efektivitas, kebermanfaatan, dan pemahaman peserta memahami fitur-fitur aplikasi flip pdf profesional dalam membuat e-modul pembelajaran dalam pembelajaran non-klasikal.References
Abidin, Z. (2022). The Impact Of Covid-19 Pandemic On Education And Judicial Practice In Indonesia. RI’AYAH, 5(2), 122–130.
Aprilia, A., Yudiyanto, Y., & Hakim, N. (2022). Pengembangan E-Modul Menggunakan Flip PDF Professional pada Materi Fungi Kelas X SMA. Journal of Education and Teaching (JET), 3(1), 116–127. https://doi.org/10.51454/jet.v3i1.141
Firdaus, L., Hunaepi, H., Muliadi, A., & Fitriani, H. (2020). Respon Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi COVID-19. Empiricism Journal, 1(2), 60–65. https://doi.org/10.36312/ej.v1i2.336
Hakim, L. (2020). Pemilihan Platform Media Pembelajaran Online Pada Masa New Normal. Justek?: Jurnal Sains Dan Teknologi, 3(2), 27. https://doi.org/10.31764/justek.v3i2.3516
Hariyadi, E., Sejati, A. E., & Zulhija, M. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis WhatsApp Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Pandemi COVID-19 Pada Pembelajaran Mata Pelajaran Geografi SMA. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11193–11204. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2854
Hendraningrat, D., & Fauziah, P. (2021). Media Pembelajaran Digital untuk Stimulasi Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 58–72. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1205
Indraswati Martayadi, Uwi, Rahmaniah, Sovia, Maulyda Mohammad, Archi, Utami Prihma, Sinta, D. (2021). Government policy on COVID-19: Perspective of certain professions in Indonesia. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia, 10(3), 126–135. https://jurnal.ugm.ac.id/jkki/article/view/61745
Kemendikbud. (2020). Adaptasi Kebiasaan Baru Pendidikan Tinggi. Majalah Dikti, 1–22.
Nisa, A. H., Mujib, M., & Putra, R. W. Y. (2020). Efektivitas E-Modul dengan Flip Pdf Professional Berbasis Gamifikasi Terhadap Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 14–25. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr
Roro, R., Rahada, R., & Arsyad, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Elektronik ( E-Modul ) Berbasis Flip Pdf Professional Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas XI SMA. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 93–104.
Seruni, R., Munawaoh, S., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. (2019). Pengembangan Modul Elektronik (E-Module) Biokimia Pada Materi Metabolisme Lipid Menggunakan Flip Pdf Professional. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(1), 48–56. https://doi.org/10.15575/jtk.v4i1.4672
Setiono, P., Dadi, S., Yuliantini, N., & Anggraini, D. (2021). Analisis Respon Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring. Jurnal Education and Development, 9(2), 19–23.
Sriwahyuni, I., Risdianto, E., & Johan, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Flip Pdf Professional Pada Materi Alat-Alat Optik di SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 145–152. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.145-152
Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. (2013). Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital. Innovation of Vocational Technology Education, 9(2), 101–116. https://doi.org/10.17509/invotec.v9i2.4860
Syaferi, A., Hakim, N., & Suhendi, Y. (2022). Developing COVID-19 Digital Comic by Using Flip Pdf Professional as A Learning Media For Tenth Grade Of Senior High School. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 5(1), 1–8.
Yulia Aftiani, R., Khairinal, K., & Suratno, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Flip Pdf Professional Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Iis 1 SMA Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 458–470. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.583
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Eko Hariyadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.