PENDAMPINGAN MEMBUAT MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA BAGI GURU DI SMA NEGERI 10 PALANGKA RAYA

Authors

  • Sundari Sundari Universitas Palangka Raya
  • Liling Lenlioni Universitas Palangka Raya
  • Muhammad Zidan Hasan Universitas Palangka Raya
  • Purnama Sari Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.37388

Keywords:

Pendampingan, Modul Ajar, Kurikulum Merdeka

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas pembelajaran, mengembangkan kompetensi dan profesionalisme guru, serta mendorong inovasi dalam membuat modul ajar. Selain itu, pendampingan bertujuan untuk menyediakan umpan balik konstruktif, memperkuat kolaborasi antar guru, dan membantu guru beradaptasi dengan perubahan kurikulum. Perubahan kurikulum saat ini yaitu kurikulum merdeka masih terdapat kurangnya pemahaman terhadap konsep kurikulum, keterbatasan sumber daya dan referensi, kurangnya keterampilan pedagogik inovatif, minimnya pendampingan dan pelatihan, keterbatasan teknologi dan infrastruktur, kesulitan dalam evaluasi dan asesmen, serta keragaman latar belakang siswa. Permasalahan-permasalahan ini menghambat guru-guru dalam menyusun modul ajar yang efektif dan sesuai dengan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka. Tim Pelaksana PKM Program Dosen Pendukung SDM Unggul (PDPSU) Universitas Palangka Raya dalam meningkatkan kualitas SDM di SMA Negeri 10 Palangka Raya memberikan pendampingan, penguatan serta pelatihan menyusun dan membuat modul ajar Kurikulum merdeka sesuai dengan Pedoman Pembelajaran dan Asesmen dari Kemendikbudristek.

References

Della Asmaria Putri, Ms., Resadana Yusran, M., Martius, M., Kom, S., Dedi Herdiansyah Riko Riyanda, Ms., Lenny Hasan, Ms., Zulki, M., Pd, S., Edi Yusman, M., Hj Erdawati, M., Gita Lentera Editor, P., Nila Sari, V., & Editor, M. (n.d.). Pengantar Pengantar Ilmu Manajemen Ilmu Manajemen Pengantar Ilmu Manajemen Organisasi dan Perkembangannya Organisasi dan Perkembangannya Organisasi dan Perkembangannya. https://gitalentera.com

Fajri, S., Ulaini, N., & Susantri, M. 2023. Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Sejarah. Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 6(2), 387–397. https://doi.org/10.31539/kaganga.v6i2.7164

Hidayat, N., & Khotimah, H. (2019). Pemanfaatan teknologi digital dalam kegiatan pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 2(1), 10–15.

Hutabarat, H., Harahap, M. S., & Elindra, R. 2022. Analisis penerapan kurikulum merdeka belajar di SMA Negeri Sekota Padangsidimpuan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(3), 58–69.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. "Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka." 2020.

Laporan UNICEF dan UNESCO tentang Tantangan dan Solusi dalam Pendidikan di Indonesia. 2021.

Nurhasanah, A., Simbolon, M. E., & Syafari, R. 2022. Fasilitasi Pengembangan Perangkat Ajar Menuju Kurikulum Merdeka. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 147–150.

Permendikbud No 12 Tahun 2024 Tentang Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah.

Purwasasmita, M. (2010). Strategi Pendampingan Daum Peningkatan Kemandirian Beujar Masyarakat. Jurnal Administrasi Pendidikan, 7(2).

Saputra, I. G. P. E., Sukariasih, L., & Muchlis, N. F. 2022. Penyusunan modul projek penguatan profil pelajar pancasila (p5) menggunakan flip pdf profesional bagi guru sma negeri 1 tirawuta: persiapan implementasi kurikulum merdeka. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 5.

Standar, B., KURIKULUM, D. A. N. A. P., Kebudayaan, R., & INDONESIA, R. (2022). Pembelajaran dan Asesmen. Jakarta.

Suratman, S., & Eriyanti, E. (2020). Peningkatan sumber daya manusia melalui pelatihan. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Windayanti, W., Afnanda, M., Agustina, R., Kase, E. B. S., Safar, M., & Mokodenseho, S. 2023. Problematika guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 6(1), 2056–2063

Downloads

Published

2024-12-29

How to Cite

Sundari, S., Lenlioni , L., Hasan , M. Z., & Sari, P. (2024). PENDAMPINGAN MEMBUAT MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA BAGI GURU DI SMA NEGERI 10 PALANGKA RAYA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 13113–13118. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.37388

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.