PELATIHAN STRATEGI PEMBELAJARAN ANAK DAN ORIANTASINYA DENGAN HUKUM ISLAM: PERSPEKTIF PAI DALAM KONSEP AL-GHAZALI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12128Keywords:
pelatihan, strategi pembelajaran anak, hukum islam, PAI, Konsep Al GhazaliAbstract
Pengabdian masyarakat dalam bentuk pelatihan strategi pembelajaran anak dan orientasinya dengan hukum Islam: perspektif PAI dalam konsep Al-Ghazali di TK Islam Terpadu Al-Farabi dengan jenis penelitian kualitatif berupa pendekatan deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilengkapi dengan teknik analisa data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Menunjukkan bahwa hasil penelitian pada rancangan perencanaan pelatihan dimulai dengan study lapangan, solusi permasalahan, penyiapan jadwal materi, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi kegiatan, dimana pelaksanaannya di latih oleh narasumber-narasumber yang terdiri dari Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Al Washliyah yang terdiri dari dosen prodi PIAUD, MPI dan PAI, pelatihan ini berjalan lancar dan memberikan manfaat pada para guru Taman Kanak-kanak yang ditunjukkan dengan tingkat pre tes dan post test terhadap yang meningkat dari yang 53,33 % rata-ratanya menjadi 78,33%. Penelitian diharapkan memberikan kontribusi bagi para guru Taman Kanak-kanak Islam terpadu Alfarabi agar dapat menjadi guru yang lebih kreatif dalam pengimplementasian strategi pembelajaran bagi anak usia dini berbasis Islam dalam konsep Alghazali.References
Aini, N., Armanila, A., & Harahap, M. R. (2021). Pembiasaan Pola Hafalan Ayat Pendek Pada Anak Usia Dini Di Ra Luqman Al-Hakim, Kalangan, Tapanuli Tengah. Hibrul Ulama, 3(2), 31–40. https://univamedan.ac.id/ejurnal/index.php/hibrululama/article/view/163%0Ahttps://univamedan.ac.id/ejurnal/index.php/hibrululama/article/download/163/140
Al-zarnuji, K. P. A. D. A. N. (2018). Abdur Rahman, et. al., Pendidikan Islam Di Indonesia (Cet. I; Yogyakarta: Suka Press, 2007), h. Vii. 549. 17, 549–561.
Armanila, Hilda Zahra Lubis, S. N. (2022). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN SEKS BERBASIS KONSEP ISLAM. 6(1), 42–56.
Armanila, A. (2019). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Dan Intrapersonal Melalui Pembelajaran Tematik Di Tk Zulhijjah Medan. Equalita: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 1(2), 63. https://doi.org/10.24235/equalita.v1i2.5480
Armanila, A. (2021). Implementasi Contextual Teaching and Learning dalam Pencapaian Perkembangan Aspek Agama pada Anak Usia Dini (Pendekatan Filsafat Ilmu-Ilmu Aini, N., Armanila, A., & Harahap, M. R. (2021). Pembiasaan Pola Hafalan Ayat Pendek Pada Anak Usia Dini Di Ra Luqman Al-Hakim, Kalangan, Tapanuli Tengah. Hibrul Ulama, 3(2), 31–40. https://univamedan.ac.id/ejurnal/index.php/hibrululama/article/view/163%0Ahttps://univamedan.ac.id/ejurnal/index.php/hibrululama/article/download/163/140
Al-zarnuji, K. P. A. D. A. N. (2018). Abdur Rahman, et. al., Pendidikan Islam Di Indonesia (Cet. I; Yogyakarta: Suka Press, 2007), h. Vii. 549. 17, 549–561.
Armanila, Hilda Zahra Lubis, S. N. (2022). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN SEKS BERBASIS KONSEP ISLAM. 6(1), 42–56.
Armanila, A. (2019). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Dan Intrapersonal Melalui Pembelajaran Tematik Di Tk Zulhijjah Medan. Equalita: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 1(2), 63. https://doi.org/10.24235/equalita.v1i2.5480
Armanila, A. (2021). Implementasi Contextual Teaching and Learning dalam Pencapaian Perkembangan Aspek Agama pada Anak Usia Dini (Pendekatan Filsafat Ilmu-Ilmu Keislaman). Jurnal Raudhah, 9(1), 109–125. https://doi.org/10.30829/raudhah.v9i1.946
Armanila, K. (2018). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Perdana Publishing.
Chadzik, M. (2015). Pemikiran Imam Al-Ghazali Tentang Pendidikan Akhlak Anak Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Hasnawati, S. (2022). STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ISLAM ANAK. 6581, 149–158.
Hattie, J. A. C., & Donoghue, G. M. (2016). Learning strategies: a synthesis and conceptual model. Npj Science of Learning, 1(1). https://doi.org/10.1038/npjscilearn.2016.13
Mahmud. (2011). Pemikiran Pendidikan Islam.
Mitra, D., & Purnawarman, P. (2019). Teachers’ Perception Related to the Implementation of Curriculum 2013. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 7(1), 44–52. https://doi.org/10.15294/ijcets.v7i1.27564
Nurani, S. dan Y. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Indeks.
Rahman, M. H. (2019). Metode Mendidik Akhlak Anak Dalam Perspektif Imam Al-Ghazali. Equalita: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 1(2), 30. https://doi.org/10.24235/equalita.v1i2.5459
Seila Rixkina, Armanila, Amsi Yuningsih, W. F. (2022). Guru dan Strategi Penanganan Pada Anak Dengan Masalah Emosional Abstrak. 10(2), 1–11.
State of Palestine. (2017). National Strategy for Early Childhood Development and Intervention 2017-2022.
Suri, D., & Chandra, D. (2021). Teacher’s strategy for implementing multiculturalism education based on local cultural values and character building for early childhood education. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 8(4), 271–285. https://doi.org/10.29333/ejecs/937
Suryadarma, Y., & Haq, A. H. (2015). Pendidikan Akhlak Menurut Imam Al-Ghazali. At-Ta’dib, 10(2), 362–381. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/view/460
Undang-undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang: Guru dan Dosen. (2012). Fokusindo Mandiri.
Wulan, S., & Fridani, L. (2021). Teaching Strategy in Early Childhood Education: Child-Friendly Classroom Management to Anticipate Bullying Behaviours. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(2), 379–394. https://doi.org/10.21009/jpud.152.10
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Armanila Armanila, Hasnah Siahaan, Dirja Hasibuan, Mesran Mesran, Syariah Hafizhoh, Abdul Halim, Zuriatul Husna, Sekar Ayu Lestari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.