PENERAPAN APLIKASI BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK PENGENALAN PLANET-PLANET KEPADA ANAK-ANAK TK DI YAYASAN SALIB SUCI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41912Keywords:
Teknologi Multimedia, Aplikasi Interaktif, Pendidikan Anak Usia Dini, Pembelajaran Berbasis BermainAbstract
Penggunaan teknologi multimedia untuk meningkatkan proses pembelajaran, khususnya dalam pendidikan anak usia dini, telah berubah secara signifikan sebagai akibat dari perkembangan teknologi komputer. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggunakan Adobe Animate guna membuat aplikasi multimedia interaktif yang akan mengajarkan siswa taman kanak-kanak di Yayasan Salib Suci tentang planet. Kami mengembangkan aplikasi ini dengan berbagai fitur interaktif, termasuk animasi, audio, dan video, untuk meningkatkan pengalaman belajar anak-anak. Penelitian ini mengikuti metode pengembangan perangkat lunak yang melibatkan identifikasi kebutuhan pembelajaran, perancangan antarmuka pengguna yang ramah anak, dan pengujian aplikasi dengan anak-anak untuk memastikan fungsionalitas dan efektivitasnya. Menurut temuan penelitian, aplikasi multimedia interaktif ini tidak hanya berhasil membangkitkan minat anak-anak untuk belajar tentang planet melalui permainan edukatif dan simulasi tata surya, tetapi juga membantu mereka memahami ide-ide ilmiah yang mungkin sulit dipahami menggunakan pendekatan yang lebih tradisional. Metodologi berbasis permainan aplikasi ini membantu anak-anak belajar sambil bersenang-senang, meningkatkan kemampuan kognitif, dan mendorong pembelajaran mandiri. Kami mengantisipasi bahwa penggunaan teknologi ini akan menjadi cara yang kreatif untuk meningkatkan standar pengajaran dalam pendidikan anak usia dini.References
Aryanti, P. G., Lailany, A. A., Amelia, I., Regita, A. N. H., Setiawan, K., & Yel, M. B. (2024). Media Interaktif Pembelajaran Berbasis Multimedia menggunakan Adobe Flash untuk TK dan PAUD. AJAD : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 61–75. https://doi.org/10.59431/ajad.v4i1.282
Fitra Andikos, A. (2019). Perancangan Aplikasi Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Hewan Pada Tk Islam Bakti 113 Koto Salak. (Indonesia Jurnal Sakinah) Jurnal Pendidikan Dan Sosial Islam, 1(1), 34–49.
Makaborang, H., & Talakua, A. (2023). Aplikasi Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Menggunakan Multimedia Development Life Cycle Untuk Pengenalan Warna. Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering (IJIRSE), 3(2), 94–102.
Miharja, R. R. R. S., Mulyana, E. H., & Muslihin, H. Y. (2020). Peningkatan Keterampilan Motorik Halus melalui Permainan Sains Billon pada Kelompok B: (Penelitian Single Case Experimental pada Kelompok B TK Al Munawaroh Banjarsari). Jurnal PAUD Agapedia, 4(1), 1–14.
Isa, Y., Eriyanti, Rahmi, J., & Novita, R. (2024). Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Menggunakan Adobe Animate CC pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VI Semester I di SD Negeri 10 OKU. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 248.
Aldiyanto, H., Handoko, D., Sabil, A., & Devania, R. (2023). DASAR EDITING CAPCUT UNTUK MEDIA SOSIAL BAGI SISWA MENENGAH PERTAMA (SMPIT AULADY). Prosiding Seminar Nasional LPPM UMJ , 2, 3.
Chalid, I. R. (2009). APLIKASI AUDIO STEGANOGRAFI UNTUK MELINDUNGI DATA MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA . CORE, 4.
Parinduri, S. H. (2023). Manfaat Canva untuk Melatih Kreativitas Pembuatan Mind Map Mata Kuliah Alat-Alat Ukur dan Instrumentasi. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains dan Terapan, 54, 55.
Rahmatullah , N. A., & Rosiyanti, H. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE ANIMATE PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PASCA PANDEMI. FIBONACCI : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 244, 245.
Safira, R. F., & Nahdi, D. S. (2024). KERAGAMAN PERANGKAT LUNAK MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR. Jurnal MADINASIKA, 69.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Indriarin Maria M. O, Dea Amelia Azzara, Aldi Tri Ardiansyah, Muhammad Satria P. P, Dimas Santoso, Asep Nana Hermana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.