PERSEPSI MINAT BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DENGAN ICE BREAKING

Authors

  • Usman Usman Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Iing Dwi Lestari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Brebeuf Pander Calvin Sinurat Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Febi Indah Pratiwi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ika Oktavia Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Intan Az Zahra Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Siti Munawaroh Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Teti Herawati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.4874

Keywords:

Ice Breaking, Pengaruh Belajar, Minat Belajar, Manfaat Ice Breaking

Abstract

Kejenuhan mahasiswa kerap terjadi dan menjadi hal yang biasa dalam berlangsungnya proses pembelajaran. Hal ini dianggap wajar bagi mahasiswa dalam pembelajaran. Salah satu solusinya adalah dengan dosen mempelajari bagaimana mengubah rasa jenuh tersebut dengan kegiatan Ice Breaking. Penggunaan Ice Breaking untuk mengetahui implementasi, manfaat untuk menumbuhkan rasa minat belajar mahasiswa yang akan menjadi tujuan penelitian. Model penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatifdimana data yang akan dikumpulkan melalui analisis, dengan hasil yang menunjukan bahwa : (1) Dengan adanya Ice Breaking dapat menarik dan menumbuhkan rasa minat belajar mahasiswa, meningkatkan motivasi belajar, memudahkan menyerap hasil belajar, serta komunikasi sesame teman dapat terjaga. (2) Ice breaking ini dapat diterapkan pada semua mata kuliah. (3)penerapan Ice Breaking ini bermanfaat untuk menghilangkan rasa jenuh, kebosanan, serta rasa ngantuk selama pembelajaran berlangsung.

References

Belajar, M. (2020). Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika Vol. 9 No. 2, 2020. 9(2), 120-131.

Dasar, S. (2021). Jurnal Basicedu. 5(1), 88-101.Kurniasari, W., & Setiawan, D. (2021). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Blended Learning Berbasis Pada Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.V7i1.891 Google Classroom. 7(1),

Desmidar, D., Desmidar, M., & Halim, S. (2021). Efektivitas ice breaking dalam mengurangi kejenuhan peserta didik mempelajari Bahasa Arab. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(2), 113-128.

Febriandari, E. I. (2018). Pengaruh kreativitas guru dalam menerapkan ice breaking dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 3(4), 485-494.

Mi, D. I., & Baten, A. S. (2020). Perbandingan Antara Metode Ice breaking Dengan Comparasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Iii Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (Pgmi) SekolahTinggi Ilmu Tarbiyah ( Stit) Tahun Pelajaran 2019/2020 Perbandingan Antara Metode Ice breaking Dengan Comparasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Iii Di Mi Al-Khairiyah Sinar Baten Talangpadang, 141-148.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 128-135.

Nurmaulidina, S., & Bhakti, Y. B. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Online Dalam Pemahaman Dan. 6(November), 248-251.

N. P., Pudjawan, K., & Suarjana, I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Arias Dengan SelinganIce Breaker Terhadap Hasil Belajar Ipa. 2(3), 312-320.

Prasiscka, A., & Putra, F. G. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Arias Berbantuan Ice breaking Games

Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis pembelajaran daring terhadap kejenuhan belajar mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember di tengah pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 29-38.

Raco, J. (2018, July 18). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya. https://doi.org/10.31219/osf.io/mfzuj

Raco, J.R.(2013). Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Didik. 8(1), 325-335.

Simbolon, Naeklan. (2013). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Kajian Pendidikan dan Pendidikan Dasar, 1(2), 14-19.

Tambunan, M. I. H. (2018). Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sma Se-Kota Stabat. 2, 109-115.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232-243.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Usman, U., Lestari, I. D. ., Sinurat, B. P. C. ., Pratiwi, F. I., Oktavia, I. ., Az Zahra, I. ., Munawaroh, S. ., & Herawati, T. . (2022). PERSEPSI MINAT BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DENGAN ICE BREAKING. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 5(1), 98–102. https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.4874