HUBUNGAN PERSEPSI BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR PRAJA IPDN KAMPUS SUMATERA BARAT

Authors

  • Dedi Robani Mahasiswa Prodi Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Nevi Yarni Dosen/Staf Pengajar Prodi Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.485

Keywords:

Motivasi, Prestasi, Persepsi Belajar, IPDN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kepribadian dalam hal motivasi berprestasi dan persepsi belajar praja IPDN Kampus Sumatera Barat dan mengevaluasi keberhasilan system Tritunggal terpusat, yaitu pengajaran, pelatihan, dan pengasushan dalam mengembangakan kepribadian Praja. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data angket persepsi dan angket motivasi dengan populasi penelitian praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kampus Sumatera Barat. Populasi Penelitian ini Praja IPDN Kampus Sumatra Barat yang berjumlah 400 orang. Sampel penelitian ini adalah 30 orang Madya Praja tingkat II berjumlah 60.Berdasarkan hasil deskripsi data dan analisis hipotesis, maka diketahui bahwa: terdapat hubungan persepsi dengan motivasi belajar praja IPDN dapat diperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan perspsi dengan motivasi belajar parja IPDN kampus Sumatera Barat yang dengan perolehan koefisien korelasi sebesar 0,857 dengan kategori sangat tinggi. Dapat disimpulkan bahwa perspsi siswa akan pentingnya belajar juga memiliki peranan dalam tingginya motivasi siswa dalam belajar.

References

Dakhi, O. “Aplikasi Pendeteksian Kerusakan File Akibat Virus Dengan Menggunakan Metode Heuristic.†Pelita Informatika Budi Darma, vol. 4, no. 1, pp. 35-41, 2013.

Dakhi, O. 2013. Belajar Javascript Dengan Mudah Dan Detail. Jakarta: Dapur Buku. pp. 1-202.

Dewey, John. 2002. Pengalaman dan Pendidikan. Terjemahan John De Santo. Yogyakarta: Kepel Press.

Frederick, J. Mc. Donald. 1959. Educational Psycholoy. Tokyo: Overseas Publication LTD. Hamalik, Oemar. 2000. Psikologi Belajar Mengajar: Jakarta: Sinar Baru Algesindo

Sardiman.2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

http://ainamulyana.blogspot.co.id/2012/02/motivasi-belajar.html http://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/viewFile/8118/6872

Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 1980 tentang Peraturan Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

Sarumaha, R., Harefa, D., & Zagoto, Maria M. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Geometri Transformasi Refleksi Siswa Kelas XII-IPA-B SMA Kampus Telukdalam Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Kertas Milimeter. Jurnal Education and development, Vol.6 No.1, 90-96. https://doi.org/10.37081/ed.v6i1.668

Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian .Jakarta : Rineka Cipta.

Zagoto, Maria M., Yarni, Nevi; Dakhi, O. (2019). Perbedaan Individu dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 259-265.

Zagoto, Maria M. & Dakhi, O (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Peminatan Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 157-170.

Zagoto, Maria M. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematic Educations Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar, Jurnal Education And Development, vol. 3, no. 1, p. 53, Feb. 2018. https://doi.org/10.37081/ed.v3i1.139

Downloads

Published

2019-12-28

How to Cite

Robani, D., & Yarni, N. (2019). HUBUNGAN PERSEPSI BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR PRAJA IPDN KAMPUS SUMATERA BARAT. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 285–290. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.485