SIKAP TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH MENGGUNAKAN PLATFORM WHATSAPP GROUP PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 2 PLIKEN BANYUMAS

Authors

  • Hafidz Muhammad Fajar Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Ana Andriani Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i2.3526

Keywords:

Sikap Tanggung Jawab, Disiplin, Pembelajaran Jarak Jauh, Whatsapp Group

Abstract

Kegiatan pembelajaran yang dilakukan menggunakan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan whatsapp group memberikan tantangan tersendiri bagi guru. Guru dituntut untuk kreatif dalam menyampaikan materi meningkatkan dan sikap tanggung jawab peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap tanggung jawab peserta didik selama proses pembelajaran jarak jauh yang berkaitan dengan kedisiplinan peserta didik dalam presensi tepat pada waktunya dan mengumpulkan tugas, mendeskripsikan hambatan apa saja yang dialami oleh peserta didik, orang tua dan guru. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif deskriptif, yang dilaksanakan di kelas V SD Negeri 2 Pliken Kembaran Banyumas. Penelitian yang dilakukan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang di peroleh kemudian di analisis dengan menggunakan model interaktif Miles & Huberman dengan siklus mulai pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Sikap tanggung jawab pada pembelajaran jarak jauh menggunakan platform whatsapp group pada peserta didik kelas V SD Negeri 2 Pliken Banyumas. Hasil yang diperoleh dalam sikap tanggung jawab peserta didik melalui pembelajaran jarak jauh yaitu sudah baik dalam pengumpulan tugas dan melakukan absen tepat pada waktunya lalu kedisiplinan peserta didik terhadap tanggung jawab yang diberikan oleh guru juga sudah baik. Sehingga untuk mengetahui sikap tanggung jawab peserta didik harus melakukan wawancara kepada orang tua peserta didik dan guru.

References

Andriani, A., dkk. (2018). Sikap Toleransi dan Tanggung Jawab Speserta didik Kelas V SD Negeri 1 Patikraja. Atlantis Press, Advences in Social Sciene, Education and Humaties Research (ASSEHR), vol.267

Basyuni, B. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Task-Think-Discussion Berbantuan Group WhatsApp Untuk Mengoptimalkan Sikap Tanggung Jawab Mahapeserta didik Baru. Jurnal Pembelajaran Prospektif. 3, (1), 62-72

Bhagaskara, A.E. (2021). Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Berbasis WhatsApp Di SD Yapita. Research and Tought Elementary School Of Journal. 2, (1), 13-23

Daryanto & Darmiatun, S. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah.Yogyakarta: Gaya Platform

Fauzi, Wildab Nuril Ahmad & Munastiwi Emi. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Berbasis Online Masa Pandemi Covid-19 Di SDIT Luqman Al-Hakim Sleman. Jurnal Kajian dan Penelitian Islam. 14, (2), 171-186

Karlina, E. (2021). “WhatsApp Sebagai Platform Literasi Digital Sebagai Platform Untuk Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Dimasa Pandemiâ€. Jurnal Global Komunika. 4, (1), 41-50

Khasanah, N,.(2012).“Evaluasi Pelaksanaan Program Rintisan PPJJ (Pengembangan Pendidikan Jarak Jauh) Iain Walisongo Menuju Pembelajaran Online (Kerjasama DBE 2 USAID dengan IAIN Walisongo Semarang)â€, Jurnal Phenomenon, Vol. 2, No. 1, pp.32,

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2020. Surat Edaran No. 4 Tahun 2020 tentang Pelaksaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Larasati, W. (2013).Efektivitas Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp sebagai sarana Diskusi Pembelajaran pada Mahapeserta didik (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). https://www.academia.edu/10886930/EfekMarla Mallete, D.B. 220. onUsing Google Form. By Educator, 1-2.https://booksc.xyz. Diakses pada Rabu, 7 Juni 2021

Narimo, S. (2018). Konsekuensi Tanggung Jawab Dalam Pembelajaran Matematika SMA. Jurnal Varia Pendidikan. 30, (2), 1-6

Prajana, A. (2017). Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp Dalam Platform Pembelajaran Di Uin Ar-Raniry Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Teknologi Indonesia. 1, (2), 122-133

Wahyudi, Ahmad Besari Eko & Siti Partini Suardiman. Meningkatkan Karakter dan Hasil Belajar IPS Menggunakan Metode Bermain Peran pada Peserta didik SD. Jurnal Prima Edukasia. 1, (2), 113-123

WhatsApp Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas. (Online), (https://id.m.wikipedia.org/wiki/WhatsApp, diakses pada hari Rabu 07 April 2021)

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Fajar, H. M. ., & Andriani , A. . (2021). SIKAP TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH MENGGUNAKAN PLATFORM WHATSAPP GROUP PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 2 PLIKEN BANYUMAS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 4(2), 408–418. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i2.3526