ANALISIS KERJASAMA SEKOLAH DAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SANTRI DI LINGKUNGAN PONDOK PESANTREN TARBIYAH ISLAMIYAH (PPTI) MALALO KABUPATEN TANAH DATAR

Authors

  • Riri Susanti STAI Al-Hikmah Pariangan Batusangkar
  • Fitri Wahyuningsihy STAI Al-Hikmah Pariangan Batusangkar
  • Romi Febrianto STAI Al-Hikmah Pariangan Batusangkar
  • Rina Sulastri STAI Al-Hikmah Pariangan Batusangkar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32261

Keywords:

Kedisiplinan, Belajar, Siswa

Abstract

Persamalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya penerapan kedisiplinan di Pondok Pesantren  Tarbiyah Islamiyah Malalo. Terlihat bahwa santri sering bolos dalam jam pelajaran , cabut dan sering  nongkrong di warung masyarakat sekitar sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana tingkat kedisiplinan belajar santri di Pondok Pesantren  Tarbiyah Islamiyah  Malalo, bagaimana upaya sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan santri dan upaya sekolah dalam melibatkan masyarakat untuk meningkatkan kedisiplinan belajar santri. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research yang bersifat deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Penelitian ini menunjukkan bahwa masih kurangnya kedisiplinan belajar santri yang disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor dari dalam dan luar sekolah. Faktor dari dalam yaitu sebagian majelis guru yang kurang disiplin menyebabkan siswapun menjadi tidak disiplin, kurangnya ketegasan dari pimpinan sekolah kepada guru dan siswa yang tidak disiplin. Faktor dari luar yaitu tidak adanya teguran dari masyarakat yang melihat  santri yang bolos saat jam belajar.

References

Kartini. (2023). Wawancara. Warga Masyarakat.

Mulyasa (2007). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nurfajriah, Syifa. (2021) Pengelolaan Hubungan Sekolah dengan Masyarakat untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidian Dasar. Vol. 11. No. 2.

Putra, Eka. (2017) Analisis Hubungan Sekolah dan Masyarakat di Madrasah Tsanawiyah Hasanuddin Bandar Lampung. Skripsi: UIN Raden Intan Lampung.

Rohiat. (2010). Manajemen Sekolah- Teori Dsar dan Praktik Dilengkapi dengan Contoh Rencana Strategis dan rencana Operasional. Bandung: Refika Aditama.

Sagala, Syaiful. (2013) Kemampuan Professional Guru dan Tenaga Kependidikan: Pemberdayaan Guru, Tenaga Kependidikan dan Masyarakat Dalam Manajemen Sekolah. Bandung: Alfabeta.

Sari, Yusni. (2018) Peningkatan Kerjasama di Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan 1 (1).

Tu’u, Tulus. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Belajar. Jakarta: Grasindo.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wahyuni, Rahmi Sri. (2023). Wawancara. Wakil Kepala Sekolah.

Yusmardi, Neri. (2023). Wawancara. Wakil Kepala Sekolah.

Yusuf, A. Muri. (2013) Metode penelitian Kuanttatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Padang: UNP Press.

Downloads

Published

2024-07-26

How to Cite

Susanti , R., Wahyuningsihy, F. ., Febrianto, R. ., & Sulastri, R. . (2024). ANALISIS KERJASAMA SEKOLAH DAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SANTRI DI LINGKUNGAN PONDOK PESANTREN TARBIYAH ISLAMIYAH (PPTI) MALALO KABUPATEN TANAH DATAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 11124–11128. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32261