MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR : PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA

Authors

  • Muhammad Bukhori Dalimunthe Universitas Negeri Medan
  • Hanna Hotmian Br Silalahi Universitas Negeri Medan
  • Fridayani M. Sitio Universitas Negeri Medan
  • Hotmaria Silva Dewi Naibaho Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.27639

Keywords:

Motivasi belajar, Lingkungan belajar, Hasil belajar

Abstract

Kehidupan manusia tidak pernah terlepas dari kata belajar. Belajar merupakan sebuah tahapan untuk memperoleh perubahan ke arah yang baik dan memperoleh pengetahuan baru. Banyak faktor yang mempengaruhi keinginan dan minat seseorang dalam belajar yang diantaranya adalah motivasi belajar dan lingkungan belajar. Kedua elemen ini akan menentukan tingkat keberhasilan seseorang dalam proses belajar yang dibuktikan dengan capaian hasil belajar. Apabila dalam diri seorang pembelajar sudah tertanam motivasi belajar yang tinggi maka ia akan lebih mudah memahami, menyerap, bahkan menguasai setiap materi pembelajaran yang disampaikan oleh gurunya. Selain itu, lingkungan belajar juga memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dimana, lingkungan belajar merupakan seluruh aspek penunjang terwujudnya aktivitas pembelajaran yang mengantar siswa sampai pada hasil yang mereka harapkan. Ketika motivasi belajar semakin tinggi dan kondisi lingkungan belajar  semakin baik maka hasil belajar yang diperoleh semakin maksimal. Sebaliknya, semakin rendah motivasi belajar dan semakin buruk kualitas lingkungan belajar maka hasil belajar seseorang kurang maksimal.

Downloads

Published

2024-06-12

How to Cite

Dalimunthe, M. B. ., Silalahi, H. H. B. ., Sitio, F. M., & Naibaho, H. S. D. (2024). MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR : PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7122–7129. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.27639