MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR : PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.27639Keywords:
Motivasi belajar, Lingkungan belajar, Hasil belajarAbstract
Kehidupan manusia tidak pernah terlepas dari kata belajar. Belajar merupakan sebuah tahapan untuk memperoleh perubahan ke arah yang baik dan memperoleh pengetahuan baru. Banyak faktor yang mempengaruhi keinginan dan minat seseorang dalam belajar yang diantaranya adalah motivasi belajar dan lingkungan belajar. Kedua elemen ini akan menentukan tingkat keberhasilan seseorang dalam proses belajar yang dibuktikan dengan capaian hasil belajar. Apabila dalam diri seorang pembelajar sudah tertanam motivasi belajar yang tinggi maka ia akan lebih mudah memahami, menyerap, bahkan menguasai setiap materi pembelajaran yang disampaikan oleh gurunya. Selain itu, lingkungan belajar juga memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dimana, lingkungan belajar merupakan seluruh aspek penunjang terwujudnya aktivitas pembelajaran yang mengantar siswa sampai pada hasil yang mereka harapkan. Ketika motivasi belajar semakin tinggi dan kondisi lingkungan belajar semakin baik maka hasil belajar yang diperoleh semakin maksimal. Sebaliknya, semakin rendah motivasi belajar dan semakin buruk kualitas lingkungan belajar maka hasil belajar seseorang kurang maksimal.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Bukhori Dalimunthe, Hanna Hotmian Br Silalahi, Fridayani M. Sitio, Hotmaria Silva Dewi Naibaho
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.