LAYANAN PUBLIK BERBASIS ELEKTRONIK PEMERINTAH KOTA PALU: WWW.LAPORWALIKOTAPALU.COM

Authors

  • Erdiyansyah Erdiyansyah Universitas Tadulako
  • Muhammad Afandi Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27141

Keywords:

Layanan Elektronik, Pelayanan Publik, Website, Kota Palu.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelayanan publik berbasis web yang diterapkan pemerintah Kota Palu. Penelitian ini didesain menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini bersumber dari data primer dan data sekunder. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data mencakup observasi, wawancara, dan dokumen tertulis. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model yang yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan melalui website yang diterapkan pemerintah Kota Palu telah berjalan dengan baik, meskipun masih terdapat kekurangan diantara lain adalah masih adanya laporan masyarakat yang belum ditindaklanjuti, belum adanya keterangan bahwa layanan telah selesai ditindaklanjuti, sehingga membuat masyarakat bingung dengan laporannya terhadap layanan elektronik yang diiterapkan oleh pemerintah Kota Palu. Keunggulan dari penerapan website ini adalah seluruh laporan langsung ditangani oleh organisasi perangkat daerah terkait dan selanjutnya ditindaklanjuti Bersama satuan tugas yang dibentuk dengan tujuan untuk mendukung penerapan website tersebut.

References

Afrizal, D. (2019). Pelaksanaan Prinsip-Prinsip Pelayanan Publik. Jurnal Administrasi Publik dan Bisnis, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.36917/japabis.v1i1.2

Agustina, E. (2010). Pelaksanaan Pelayanan Publik Berkualitas Bagi Masyarakat. Jurnal Literasi Hukum, 3(2), 2019. http://dx.doi.org/10.31002/lh.v3i2.1977

Anggraeni, C. W., Herlina, E., & Aziz, A. (2022). The Impact Of Transformational Leadership, Infrastructure, And Public Service Quality On Employee Performance At The District Prosecutor’s Office. International Journal of Management, Economic, Business and Accounting, 1(3), 71–81. https://doi.org/10.58468/ijmeba.v1i3.36

Aryani, Y. A., Gantyowati, E., Nurrahmawati, A., Arifin, T., & Sutaryo, S. (2023). Determinants of local government public service quality: Evidence from the developing economy. Journal of Governance and Regulation, 12(1, special issue), 218–229. https://doi.org/10.22495/jgrv12i1siart2

Bowo, F. A., & Mahrudi, I. (2022). Efektivitas Pelayanan Publik Dasar Dalam Perspektif Kualitas Pelayanan. Jurnal Studi Interdisipliner Perspektif, 21(2), 105–114.

Dewi, R. S. (2020). Proyeksi peningkatan kualitas pelayanan publik. Ombudsman Republik Indonesia. https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--proyeksi-peningkatan-kualitas-pelayanan-publik-2020

Heldi. (2021). Implementasi Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik Di Kecamatan Cicalengka Kabupatenbandung Tahun 2019. Jurnal Dialektika: Jurnal Ilmu Sosial, 19(2), 93–100. https://doi.org/10.54783/dialektika.v19i2.10

Indarja, I., Hardjanto, U. S., Faculty of Law, Diponegoro University, Susanto, S. N., Faculty of Law, Diponegoro University, Wibawa, K. C. S., & Faculty of Law, Diponegoro University. (2023). Public Service Mall as an Effort to Improve Public Service Quality in Semarang City. International Journal of Current Science Research and Review, 06(11). https://doi.org/10.47191/ijcsrr/V6-i11-36

Lestari, I. W., & Jumiati, I. E. (2021). Adaptasi Sistem Aplikasi Aduan Online Bebeja Sebagai Tolak Ukur Responsivitas Pelayanan Publik di Kabupaten Pandeglang. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 5(1), 87–92.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative Data Analysis. Sage Publisher. Available (online) on: http://researchtalk. com/wp-content ….

Nurmandi, A., Muhammad Lutfi, Sumardi, S., & Zuly Qodir. (2021). Kualitas Pelayanan Publik Melalui Pendekatan Model Demokrasi pada Era Otonomi Daerah. Journal of Government Insight, 1(1), 49–61. https://doi.org/10.47030/jgi.v1i1.253

Permatasari, A. (2020). Pelaksanaan Pelayanan Publik Yang Berkualitas. Decision: Jurnal Administrasi Publik, 2(1), 51–56. http://dx.doi.org/10.23969/decision.v2i1.2382

Pertiwi, P. K., & Wibowo, P. (2022). Government Reporting and Quality of Public Services: Are They Twins? Journal of Accounting and Investment, 24(1), 1–24. https://doi.org/10.18196/jai.v24i1.16193

Puteri, T. Y., Karyono, O., & Agustina, K. (2022). Analisis Hubungan Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan Dengan Kinerja Pelayanan. Jurnal Dialogika Manajemen dan Administrasi, 3(1), 41–48. https://doi.org/10.31949/dialogika.v3i1.2115

Rulianti, E., & Nurpribadi, G. (2024). The Effect of Public Service Quality, Work Discipline, and Organizational Culture on Community Satisfaction. Ilomata International Journal of Social Science, 5(1), 60–74. https://doi.org/10.52728/ijss.v5i1.1059

Said, M., & Cahyasari, E. (2023). Mengukur Kualitas Pelayanan Berbasis Preferensi Masyarakat pada Pemerintahan Daerah Berwilayah Kepulauan. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik (JIAP), 9(2), 88–99. https://doi.org/10.21776/ub.jiap/2023.009.02.6

Sani, A. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan Publik di Rumah Sakit Umum Daerah Bangka Tengah. Jurnal Bestar, 1(2), 38–52.

Sinambela, C. M., & Tohardi, A. (2023). Analysis of Employee Performance and Public Service Quality on Outpatient Satisfaction at Sungai Durian Health Center Sintang. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 6(3), 2082–2093. https://doi.org/10.24815/jr.v6i3.2082

Styo, V. P., & Sukmana, H. (2022). Kualitas Pelayanan Publik Di Pemerintah Desa Entalsewu Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik, 9(4), 776–793. https://doi.org/10.37606/publik.v9i4.440

Susanto, J., & Anggraini, Z. (2019). Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Camat Tabir Ulu Kabupaten Merangin. Jurnal Administrasi Negara, 25(2), 105–122. https://doi.org/10.33509/jan.v25i2.699

Talibo, E., Akili, R., & Kasim, R. (2023). Analisis Penerapan Undang – Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik Di Sekretariat Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Journal Evidence Of Law, 2(3), 50–59.

Wiyarni, W., Sakawati, H., & Yamin, M. N. (2024). Sistem Informasi Website Lapor Walikota Sebagai Pelayanan Publik Di Kota Palu. Pinisi Journal of Public Policy, 1(1), 13–20.

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Erdiyansyah, E., & Afandi, M. . (2024). LAYANAN PUBLIK BERBASIS ELEKTRONIK PEMERINTAH KOTA PALU: WWW.LAPORWALIKOTAPALU.COM. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4446–4450. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27141