PROBLEMATIKA PELAYANAN PUBLIK DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN DI ERA KRISIS IKLIM
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.40990Keywords:
Pelayanan Publik, Lingkungan, Era Krisis IklimAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi problematika pelayanan publik dalam pengelolaan lingkungan di era krisis iklim, serta mencari solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas layanan tersebut. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini dilakukan melalui observasi dan studi kasus dari berita terkini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan utama dalam pengelolaan lingkungan mencakup kurangnya koordinasi antar lembaga pemerintah, rendahnya partisipasi masyarakat, dan isu kesehatan akibat pencemaran. Selain itu, keterbatasan sumber daya manusia dan pemanfaatan teknologi informasi juga menghambat efektivitas kebijakan lingkungan. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian merekomendasikan beberapa solusi inovatif, termasuk pengembangan Program Kampung Iklim, pemanfaatan teknologi informasi, kolaborasi lintas sektor, serta peningkatan pendidikan dan pelatihan bagi masyarakat. Evaluasi berkala terhadap program pengelolaan lingkungan dan penciptaan insentif bagi masyarakat juga dianggap penting untuk mendorong partisipasi aktif. Dengan melibatkan semua pihak dalam pengelolaan lingkungan, diharapkan kebijakan yang dihasilkan menjadi lebih responsif dan berkelanjutan, sehingga mampu menghadapi tantangan perubahan iklim secara efektif dan memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat.References
DAFTAR PUSTAKA
Abdussamad, Z., & Amala, R. (2019). Strategi pemerintah daerah dalam meningkatkan kinerja pelayanan publik di lingkungan sekretariat daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Jurnal Manajemen, 20(2), 262–277.
Alfi, M., Yundari, N. P., & Tsaqif, A. (2023). Analisis Risiko Keamanan Siber dalam Transformasi Digital Pelayanan Publik di Indonesia. ,. Jurnal Kajian Stratejik Ketahanan Nasional, 6(2), 5.
Fathony, R., Muradi, M., & Sagita, N. I. (2021). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Lingkungan Pemerintah Kota Bandung. Jurnal Agregasi: Aksi Reformasi Government Dalam Demokrasi, 9(2), 1–12.
Hardiningtyas, P. R. (2016). Masalah tanah dan krisis lingkungan di Bali dalam antologi puisi dongeng dari utara karya Made Adnyana Ole. Atavisme, 19(1), 45-59.
Harun, B., Nurhayati, N., Satriani, S., & Febrianti, P. (2023). Penyuluhan Kesehatan Jiwa Untuk Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat Tentang Masalah Kesehatan Jiwa di Lingkungan Sekitar. Jurnal Pengabdian Bidang Kesehatan, 1(2), 07-12.
Haryono, N. (2022). Jejaring untuk membangun kolaborasi sektor publik. Jurnal Jejaring Administrasi Publik, 1(4), 48–53.
Hendriyaldi, H., & Musnaini, M. (2021). Analisis pengaruh pelayanan publik dan e-service quality terhadap kepuasan masyarakat di lingkungan pemerintahan kota jambi. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 10(01), 87–98.
La Fua, J. (2014). Aktualisasi Pendidikan Islam dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup Menuju Kesalehan Ekologis. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 7(1), 19-36.
Muntako, A., Purnomo, F. A., & Adi, N. P. (2024). Krisis Sampah Rumah Tangga Menyebabkan Pencemaran Lingkungan Desa Kalialang Kecamatan Kalibawang. Lamda: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA dan Aplikasinya, 4(3), 169-174.
Muthmainnah, L., Mustansyir, R., & Tjahyadi, S. (2020). Kapitalisme, Krisis Ekologi, dan Keadilan Intergenerasi: Analisis Kritis atas Problem Pengelolaan Lingkungan Hidup di Indonesia. Mozaik Humaniora, 20(1), 57-69.
Oroh, M. Y., Pinontoan, O. R., & Tuda, J. B. (2020). Faktor lingkungan, manusia dan pelayanan kesehatan yang berhubungan dengan kejadian demam berdarah dengue. Indonesian Journal of Public Health and Community Medicine, 1(3), 35-46.
Safitri, L. N., Kemala, I., & Aslati, A. (2019). Manajemen Krisis Public Relations PT. Indah Kiat Pulp And Paper TBK (IKPP) Perawang Terhadap Berkembangnya Isu Pencemaran Lingkungan. Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi, 1(1), 29-36.
Samderubun, G., & Maturbongs, E. E. (2014). Krisis Lingkungan Antara Kebijakan Pengelolaan Lingkungan Dan Etika Lingkungan. Societas: Jurnal Ilmu Administrasi Dan Sosial, 3(1), 63-79.
Saputra, T., Sufi, W., & Eka, E. (2022). Pembentukkan Kampung Iklim Di RW 13 Kelurahan Umban Sari Kota Pekanbaru. Jurnal Tunas, 4(1), 6–12.
Sihotang, C. S. B., & Siregar, H. (2024). Krisis Lingkungan Dan Pengelolaan Berbasis Masyarakat Di Desa Kwala Langkat Sebagai Solusi Ketahanan Pesisir Dan Perbaikan Ekosistem Mangrove. Kreativitas Pada Pengabdian Masyarakat (Krepa), 3(9), 1-10.
Sipayung, B., & Wahyudi, A. (2022). Penerapan Good Governance dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik yang Berintegritas di Lingkungan Badan Pemeriksa Keuangan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14323–14334.
Sudiarditha, I. K. R., Waspodo, A. A., & Triani, N. A. (2019). Pengaruh lingkungan kerja dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja karyawan pada direktorat umum lembaga pelayanan publik televisi republik Indonesia. Jurnal Manajemen, 20(2), 278–292.
Utomo, B. S. (2020). Tafsir Kejadian 2: 15 Sebagai Konstruksi Memahami Pelayanan Dan Tanggung Jawab Orang Percaya Terhadap Lingkungan. BIA': Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 3(2), 230-245.
Volume X, Nomor X, Bulan 202X; 1-5
https://ejournal.yasin-alsys.org/yasin
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tomi Satria Maggara, Nora Eka Putri, Genius Umar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.