PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBATUAN PHET UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI LISTRIK

Authors

  • Viktorinus Rema Gare Universitas Ahmad Dahlan
  • Ishafit Ishafit Universitas Ahmada Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26320

Keywords:

Lembar Kerja Peserta Didik, PBL, Hukum Coulomb, Medan Listrik, PhET

Abstract

Penelitian ini fokus dalam mengembangkan perangkat pembelajaran fisika model pembelajaran PBL dengan berbantuan the Physics Education  Technology (PhET) simulasi sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep materi listrik .Tujuan pengembangan perangkat pembelajaran fisika ini adalah menghasilkan produk LKPD model PBL berbantuan PhET yang layak digunakan dalam pembelajaran materi listrik . Hasil penilaian kelayakan produk pengembangan LKPD dari validator yang terdiri dari dua guru Fisika dan satu teman sejawat  untuk setiap aspek menunjukkan bahwa aspek isi  penilaian guru, skor 33 kategori sangat layak  sedangkan teman sejawat  skor 36 kategori sangat layak. Aspek penyajian,  baik penilaian guru maupun teman sejawat, skor 16 kategori sangat layak. Aspek kegrafikan, penilaian dari guru,skor 16 kategori sangat layak sedangkan penilaian teman sejawat skor 12 kategori layak. Aspek  kebahasaan, skor penilaian dari guru maupun teman sejawat adalah 12 kategori sangat layak. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa produk LKPD  model PBL berbantuan PhET  layak digunakan dalam proses pembelajaran berdasarkan penilaian validator.  

References

Brown, A., Smith, J., & Johnson, M. (2019). "Enhancing Problem-Based Learning with Guided Worksheets." Journal of Educational Technology, 16(3), 112-128.

Barrows, H. S. (2000). "Problem-based learning applied to medical education." Southern Illinois University School of Medicine.

Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach(Vol. 722). Springer Science & Business Media.

Borg, Walter R & Gall, Meredith D. (1983). Educationa research: an introduction. New York: Longman

Dewi, N., Utomo, A. P., & Samsudin, A. (2018). "The Effect of PhET Interactive Simulations: The Case of Electric Circuits Concept." Journal of Physics: Conference Series, 1108(1), 012111.

Hake, R. R. (2002). "Relationship of Individual Student Normalized Learning Gains in Mechanics with Gender, High-School Physics, and Pretest Scores on Mathematics and Spatial Visualization." Physics Education Research, 68(2), 477-498.

Johnson, L. (2017). "Effectiveness of Problem-Based Learning in Teaching Physics: A Meta-Analysis." International Journal of Science Education, 39(16), 2164-2183. DOI: 10.1080/09500693.2017.1379821

Jones, R., Williams, P., & Davis, C. (2018). "The Impact of PhET Interactive Simulations on Student Understanding of Physics Concepts." Journal of Science Education and Technology, 27(6), 523-535. DOI: 10.1007/s10956-018-9741-6

Kusumastuti, R. D., Lestari, E. S., & Rosidin, U. (2019). "Effectiveness of Problem-Based Learning in Physics Instruction Viewed from Critical Thinking Ability." Journal of Physics: Conference Series, 1157(3), 032045.

Mikrajuddin Abdulah.(2017). Fisika Dasar II. Intitut Teknologi Bandung.

Perkins, K., Adams, W., Dubson, M., Finkelstein, N., Reid, S., Wieman, C., & LeMaster, R. (2006). "PhET: Interactive Simulations for Teaching and Learning Physics." The Physics Teacher, 44(1), 18-23.

Savery, J. R., & Duffy, T. M. (1995). "Problem-Based Learning: An Instructional Model and Its Constructivist Framework." Educational Technology, 35(5), 31-38.

Smith, E. (2017). "Traditional Lectures or Problem-Based Learning: What Influences Students' Motivation in Physics Class?" Journal of Science Education, 18(2), 145-160.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Suryadi, D. (2017). "Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD): Alternatif Penunjang Pembelajaran Fisika." Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 208-217.

Tan, H., Kusumastuti, R. D., & Samsudin, A. (2016). "The Implementation of Problem-Based Learning to Increase the Students’ Motivation in Physics Learning." Journal of Physics: Conference Series, 739(1), 012127.

Wang, H., Anderson, T., & Huang, Y. (2018). "The Impact of PhET Interactive Simulations in Physics Teaching on Student Achievement and Conceptual Understanding." Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(3), 997-1013.

Widiyoko, A. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2024-03-26

How to Cite

Rema Gare, V., & Ishafit, I. (2024). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBATUAN PHET UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI LISTRIK. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4146–4152. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26320