TANTANGAN DAN HAMBATAN PADA PELATIHAN BAGI ASN: BLANDED LEARNING SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN INOVATIF
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.23983Keywords:
Blended Learning, Pelatihan Bagi ASN, Tantangan dan Hambatan, Literasi Digital, Evaluasi Pembelajaran.Abstract
Penelitian ini membahas tantangan dan hambatan dalam implementasi Blended Learning sebagai alternatif pembelajaran inovatif di diklat Aparatur Sipil Negara (ASN). Metode studi literatur digunakan untuk menganalisis temuan-temuan sebelumnya terkait konsep Blended Learning dan hambatan-hambatan yang muncul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketersediaan infrastruktur teknologi, literasi digital ASN, dinamika kurikulum, dukungan institusional, dan evaluasi pembelajaran merupakan aspek kritis yang mempengaruhi keberhasilan implementasi. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk perbaikan kebijakan dan strategi guna meningkatkan efektivitas Blended Learning di Pelatihan Bagi ASN.References
Alesia. (2015). Pengelolaan Arsip Dinamis Pada Unit Pelayanan Teknis Universitas Tanjungpura Pontianak. Publika Jurnal Ilmu Administrasi Negara (E-Journal), 4(2).
Arifin, A. (2021). Analisis Daya Saing Dalam Strategi Pengembangan Kompetensi Daerah: Studi Kasus Di Kabupaten Mempawah Kalimantan Barat. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(06), 29–38.
Dewantara, R., Iskandar, S., & Fatwanto, A. (2017). Availability Analysis With Failover Computer Cluster Method Case Study In Academic Information System Of Uin Sunan Kalijaga. Ijid (International Journal On Informatics For Development), 6(2), 46–50.
Dewantara, R., Widiawati, W., Cakranegara, P. A., Arief, A. S., & Simanjorang, T. M. (2022). Analysis Of The Effect Of Using Marketplace Based On Customer Data Security. Jurnal Mantik, 6(3), 2988–2997.
Dewantara, R., & Yadi, D. R. A. (2023). Studi Perbandingan Kesadaran, Pengetahuan, Dan Perilaku Cyber Security Di Indonesia. The Journal Implementation Of Data Science, 1(1).
Dewi, R. D. L. P. (2019). Konstruksi Perayaan Imlek Pada Film Animasi Upin Dan Ipin Dalam Episode “Gong Xi Fa Cai “Di Mnctv. Lugas Jurnal Komunikasi, 3(2), 89–97.
Dewi, R. D. L. P., & Cangara, H. (2023). The Influence Of Digital Marketing Challenges Through Instagram Media On The 5.0 Era. Prosiding Seminar Stiami, 10(2), 91–100.
Heriyanto, H. (2023a). Patriarchal Culture, Theology And State Hegemony In Issues Of Gender Equality In Indonesian Politics. International Conference Social-Humanities In Maritime And Border Area (Shimba 2023), 11–15.
Heriyanto, H. (2023b). Penguatan Dan Optimalisasi Fungsi Lembaga Legislatif Di Daerah. Jurnal Administrasi Negara, 1(4), 250–258.
Kuncoro, B., Punggeti, R. N., Nove, A. H., Amahoru, A., Setyaningsih, R., Handayani, F., & Hita, I. P. A. D. (2023). Efektivitas Media Kartu Bergambar Dalam Meningkatkan Keterampilan Dan Motivasi Bermain Bola Basket Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (Jrpp), 6(4), 2505–2515.
Lolang, E., Lasarus, M., & Mentaruk, M. P. (2023). Improving Students’ Self-Confidence Through Problem-Solving Approach In Mathematics Teaching. Aip Conference Proceedings, 2736(1).
Lolang, E., Rais, R., Oualeng, A., & Prayitno, M. A. (2023). Analysis Of Educational Messages In The Lion King Movie: Perspectives On Character Education And Environmental Conservation. Competitive: Journal Of Education, 2(2), 122–130.
Lolang, E., Solong, N. P., Sagita, H., Supriyanto, D., & Aziz, F. (2023). The Influence Of Emotional Intelligence, Spiritual And Intellectual On Students’ Ethical Behavior. Journal On Education, 5(3), 7946–7951.
Mahmudi, A. A., Fionasari, R., Mardikawati, B., & Judijanto, L. (2023). Integration Of Artificial Intelligence Technology In Distance Learning In Higher Education. Journal Of Social Science Utilizing Technology, 1(4), 111–190.
Mardikawati, B., Diharjo, N. N., Saifullah, S., Widyatiningtyas, R., Gandariani, T., & Widarman, A. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence Dan Mendeley Untuk Penyusunan Karya Ilmiah: Pelatihan Interaktif Berbasis Teknologi. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 11453–11462.
Marlin, K., Tantrisna, E., Mardikawati, B., Anggraini, R., & Susilawati, E. (2023). Manfaat Dan Tantangan Penggunaan Artificial Intelligences (Ai) Chat Gpt Terhadap Proses Pendidikan Etika Dan Kompetensi Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 5192–5201.
Meisuri, M., Nuswantoro, P., Mardikawati, B., & Judijanto, L. (2023). Technology Revolution In Learning: Building The Future Of Education. Journal Of Social Science Utilizing Technology, 1(4), 214–226.
Nove, A. H., & Purwanta, E. (2022). Development Of Mind Mapping As Media For Student Career Planning. International Seminar On Innovative And Creative Guidance And Counseling Service (Icgcs 2021), 16–25.
Qurtubi, A., Purwati, S., Ramli, A., Tutiliana, T., & Mardikawati, B. (2023). Development Of Learning Tools With A Self Organized Learning Environment Model To Facilitate Students’academic Abilities. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 11337–11342.
Rochmawati, I., Rusdiono, R., & Arifin, A. (2022). The Involvement And Conflict Of Authority Of Actors Managing The Indonesia-East Malaysia Border Area. Journal Of Governance, 7(3), 608–622.
Rusdiono, R., & Arifin, A. (2023). Pengembangan Pola Etika Dan Moralitas Pelayanan Publik: Studi Kasus Di Pemerintahan Kota Pontianak. Jiip-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1978–1989.
Solissa, E. M., Farizawati, F., Maq, M. M., Aldina, F., & Wantu, H. M. (2023). Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpack): An Overview Through Self-Efficacy And Motivation To Become A Professional Teacher. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(2), 2562–2571.
Solissa, E. M., Haetami, H., Yustita, V. V., Santosa, T. A., & Syafruddin, S. (2023). Effect Size Discovery Learning Model On Students Critical Thinking Skills. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(2), 2083–2093.
Solissa, E. M., Marzuki, K., Arniati, A., Mufti, D., & Santosa, T. A. (2023). The Influence Of The Jigsaw Model Based On Higher Order Thinking Skills On Students 21st Century Skills: Meta-Analysis. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(2), 2470–2479.
Solissa, E. M., Utami, R. J., Ikhlas, A., Putra, S. R., Vanchapo, A. R., & Mahendika, D. (2023). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Ekspresif Pada Anak Usia Dini Melalui Media Flashcard (Cba). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (Jrpp), 6(4), 2941–2946.
Solissa, E. M., Utomo, U., Kadarsih, S., Djaja, D. K., Pahmi, P., & Sitopu, J. W. (2023). Strategi Penguatan Pendidikan Karakter Pada Tingkat Slta Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (Jrpp), 6(3), 757–765.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.
Ulimaz, A. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Konsep Keanekaragaman Hayati Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 61–66.
Ulimaz, A. (2016). Penerapan Inkuiri Terbimbing Pada Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas Vii A Smpn 3 Tanjung Dalam Konsep Ekosistem. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 96–100.
Ulimaz, A. (2021). Respon Mahasiswa Terhadap Modul Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Pembelajaran Daring Mata Kuliah Teknologi Pengolahan Limbah. Jurnal Humaniora Teknologi, 7(1), 21–26.
Ulimaz, A., & Agustina, D. K. (2020). Respon Mahasiswa Vokasi Terhadap Pembelajaran Dengan Kahoot Pada Materi Parameter Limbah Cair. Senaster" Seminar Nasional Riset Teknologi Terapan", 1(1).
Ulimaz, A., Yardani, J., & Widiyastuti, D. A. (2023). Increase Student Learning Activities By Using A Problem-Based Learning Model In Legum Technology Lecture Materials. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 238–246.
Wulantresna, P., Dewi, R. D. L. P., Prihadini, D., & Retnosari, D. (2022). Analisis Strategi Komunikasi Dalam Pelaksanaan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Grab Merchant Pada Pt. Grab Teknologi Indonesia. Lugas Jurnal Komunikasi, 6(2), 145–153.
Zulkarnaen, Z., Arifin, A., Musa, P., & Jumadi, J. (2023). Kegiatan Penghijauan Pada Batas Kelurahan Sebagai Upaya Peningkatan Kebersamaan Pasca Terbitnya Permendagri No. 52 Tahun 2020 Tentang Batas Daerah. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 9938–9943.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ketut Rusmulyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.