OPTIMALISASI PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI LEADER DALAM MENINGKATKAN ETOS KERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Authors

  • Sugito Sugito Universitas Sains Islam Al-Mawaddah Warrahmah Kolaka
  • Muh. Iqbal Universitas Sains Islam Al-Mawaddah Warrahmah Kolaka
  • Muhammad Asra Universitas Sains Islam Al-Mawaddah Warrahmah Kolaka

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21994

Keywords:

Etos Kerja, Leader, Kepala sekolah, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini menggali peran penting kepala sekolah sebagai pemimpin dalam meningkatkan etos kerja guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kabupaten Kolaka. Kepala sekolah memiliki peran kunci dalam memastikan guru PAI bekerja dengan etos yang tinggi dan memberikan pengajaran berkualitas. Penelitian ini dilakukan di tiga SMA di Kabupaten Kolaka dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan kepala sekolah, guru, dan guru PAI, observasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis interaktif yang melibatkan empat komponen: pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan verifikasi data. Dalam penelitian ini ditemukan beberapa peran kepala sekolah sebagai leader dalam meningkatkan etos kerja guru PAI yakni (1) Menekankan pentingnya nilai-nilai agama dan etika kerja di antara staf dan guru, serta mendorong penerapan nilai-nilai tersebut dalam pekerjaan guru (2) kepala sekolah berusaha mengembangkan motivasi guru PAI untuk terus belajar dan berkembang. (3) Pemberian apresiasi juga menjadi aspek penting dari peran kepala sekolah. Mereka memberikan pengakuan atas kinerja guru PAI, menciptakan motivasi positif, dan suasana kerja yang menyenangkan. (4) Kepala sekolah juga harus mempunyai keterampilan mendelegasikan tugas dan wewenangnya kepada para bawahan . Berdasarkan hal tersebut, maka mengoptimalkan peran kepala sekolah sebagai leader sangat penting dalam meningkatkan etos kerja guru PAI dimana Kepala sekolah bukan hanya memberikan arahan, tetapi juga menciptakan lingkungan yang mendukung dan memotivasi guru PAI untuk memberikan kontribusi positif dalam pendidikan agama Islam.

References

Akbar, M. (2019). Managerial Communication Madrasah Principals In Improving Quality Of Education In MTS N 1 Kolaka. Journal of Research and Multidisciplinary, 2(1), 48–52. https://doi.org/10.5281/jrm.v2i1.%25

Alfiandrizal, A., Sesmiarni, Z., Devi, I., Syafitri, A., & Simbolon, A. M. Y. (2023). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru Di MTS Negeri 2 Agam. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 14386–14397, https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.2063

Comalasari, E., & Harapan, E. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah, Kompetensi Guru Dan Manajemen Kelas Terhadap Mutu Pembelajaran. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 1(1), 74–84, https://doi.org/10.52690/jitim.v1i1.31

Djunaid, A., Iqbal, M., & Nasution, A. H. (2023). Manajemen Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi MIN 1 Kolaka dan MI Nurul Iman Pomalaa. Jurnal Kolaboratif Sains, 6(5), 415–424, https://doi.org/10.56338/jks.v6i5.3586

Fadhli, M. (2016). Kepemimpinan kepala sekolah yang efektif dalam menciptakan sekolah efektif. Jurnal Tarbiyah, 23(1), http://dx.doi.org/10.30829/tar.v23i1.119.

Fatikah, N. (2019). Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Motivasi Dan Etos Kerja Guru Di Sekolah Menengah Atas Negeri Bareng Jombang. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 2(2), 167–182, https://doi.org/10.33367/ijies.v2i2.989

Harahap, R. D. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Mengajar Guru Di Smp N 2 Sigambal. Jurnal Eduscience, 5(1), 47–52, https://doi.org/10.36987/jes.v5i1.892.

Lailatilfadla, S., Akmalia, R., Hasri, R. K., Putri, E., & Situmorang, H. S. B. (2022). Pola Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Kepribadian Guru. Jurnal Informasi Keagamaan, Manajemen Dan Strategi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (IKaMaS), 2(1), 27–36.

Mulyasa, E. (2022). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Jakarta : Bumi Aksara.

Mulyasa, H. (2007). Menjadi Kepala Sekolah Proffesional (9 ed.). Remaja Rosdakarya.

Nasution, A. H., & Asra, M. (2023). Efektivitas Pemanfaatan Aplikasi Google Form Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Modern pada Mata Pelajaran Agama di MAN 1 Kolaka. Jurnal Kolaboratif Sains, 6(8), 1087–1093, https://doi.org/10.56338/jks.v6i8.4046.

Nata, A. (2014). Sosiologi Pendidikan Islam. Jakarta : Rajgrafindo Persada.

Poniman, P. (2021). Efektivitas Program Pembinaan Kedisiplinan Dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar Terhadap Etos Kerja Mandiri Guru SDN 2 Awar-Awar Kecamatan Asembagus Kabupaten Situbondo. Jurnal Revolusi Pendidikan (JUREVDIK), 4(1), 18–24.

Priyatna, D., & Gusrini, I. (2020). Pengaruh Pembagian Kerja Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai BPS Kabupaten Sumedang. JRPA-Journal of Regional Public Administration, 5(1), 92–105.

Ridho, M. A. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Sekolah Efektif Di Sekolah Dasar. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 3(2), 114–129, https://doi.org/10.26740/jdmp.v3n2.p114-129

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (26 ed.). Bandung : Alfabeta.

Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi. Diakom: Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83–90.

Downloads

Published

2023-12-17

How to Cite

Sugito, S., Iqbal, M. ., & Asra, M. (2023). OPTIMALISASI PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI LEADER DALAM MENINGKATKAN ETOS KERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3519–3525. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21994

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.