METODE DEMONSTRASI BERBASIS ALAT PERAGA : UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN KELAS V SDN 2 MEKARJAYA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21471Keywords:
Metode Demonstrasi, Alat Peraga, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan peserta didik dalam mengerjakan soal matematika operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan masih kurang. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman, hasil belajar peserta didik dengan menerapkan Metode Demonstrasi menggunakan Alat Peraga Jam Pecahan pada Mata Pelajaran Matematika tentang operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan di Kelas V di SD Negeri 2 Mekarjaya. Subyek penelitian adalah peserta didik Kelas V (lima) dengan jumlah peserta didik 24 Peserta didik ( Laki-laki =12, Perempuan = 12) Tahun Pelajaran 2023/2024. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan peserta didik terhadap materi pembelajaran mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi belajar berupa ketuntasan belajar dari masing-masing siklus I (75%), Siklus II (91,67%). Jadi penerapan metode demonstrasi menggunakan alat peraga Jam Pecahan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V (lima) SD Negeri 2 Mekarjaya.References
Andriansyah, E. H. (2020). Mengembangkan Sikap Positif dan Pemahaman Siswa Melalui Pembelajaran Kontekstual dengan Metode Demonstrasi atau Field Trip. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 9(1), 81–89. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v9i1.270
Asnita, A. U. (2016). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Inquiri Terbimbing Dan Metode Pq4r (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sinjai Tengah. Mapan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 4(1), 144 – 155. https://doi.org/10.24252/mapan.2016v4n1a10
Bahtiar, R. S. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Papan Waktu Pada Pembelajaran Penghitungan Waktu Bagi Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(1), 14–23. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i1.2857
Cahyaningsih, U. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v4i1.707
Cahyo, Agus N. (2013). Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar. Jogjakarta: DIVA Press
Gazali, Rahmita Yuliana. "Pembelajaran matematika yang bermakna." Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika 2.3 (2016): 181-190.
Mariani. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Pembagian Pada Siswa Kelas II SD Muhammadiyah 4 Batu. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(2), 599. https://doi.org/10.22219/jinop.v3i2.5306
Nabillah, Tasya, and Agung Prasetyo Abadi. "Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa." Prosiding Sesiomadika 2.1c (2020).
Netriza, N. (2019). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Shalat Siswa Kelas III SD Negeri 003 Pulau Permai Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1), 166–174. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i1.6482
Nurmitasari. (2016). Pembelajaran Lingkaran dengan Metode Demonstrasi Melalui Alat Peraga Konkrit dan Alat Peraga Gambar. E-DuMath, 2(1), 170–178. https://doi.org/10.26638/je.170.2064
Purwanti, T. (2018). Peningkatan Keterampilan Penjumlahan Bilangan Bulat Dengan Metode Demonstrasi Dan Media Garis Bilangan Kelas IV SD Negeri 2 Geneng Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 11–17. https://doi.org/10.30659/pendas.5.1.11-17
Samosir, Hendro T.G. (2016) Penggunaan Metode Drill Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Notasi Balok Pada Pianika Siswa Kelas Viii Smp Sultan Iskandar Muda. Jurusan Sendratasik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan.
Samosir, Hendro T.G. (2023). “Aplikasi Tiktok: Media Pengumpulan Tugas Pembelajaran Seni Musik Mahasiswa PGSD”. Vol 5 No. 2
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Tati Sapari, Hendro T.G Samosir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.