PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS X SMA SWASTA KAMPUS NOMMENSEN PEMATANG SIANTAR T.A 2022/2023

Authors

  • Endang Restaulina Bagariang Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Daulat Nathanael Banjarnahor Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Wesly Nababan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20717

Keywords:

Disiplin Belajar, Perhatian Orang Tua dan Prestasi Belajar Siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui ada/tidak Pengaruh Disiplin Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas X SMA Swasta Kampus Nommensen Pematang Siantar Tahun Ajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Y atas  yaitu ?  = 75,80+0,10 yang berarti variabel  linear dengan Y. Dan Y atas  yaitu ?  = 78,17+0,11 yang berarti variabel  linear dengan Y, serta Y atas  dan  adalah ?  = 3,90+0,49+0,70, yang berarti variabel  dan  linear. Sementara Pengaruh antara  terhadap Y adalah 0,46, pengaruh antara  terhadap Y yaitu 0,49, koefisien kontribusi Y atas  86,75%, koefisien kontribusi Y atas  98,44%, koefisien kontribusi  atas  30,33%.

References

Ahmadi, Abu. 2019. Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

A.M, Sadirman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dakthi, Agustin. Sukses. 2020. Kiat Sukses Meningkatkan Disiplin Siswa. Yogyakarta: Budi Utama.

Darmiatun, Daryanto. Suryatri. 2013. Pendidikan Karakter Di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Djamarah, Syaiful. Bahri. 2014. Pola Asuh Orang Tua Dan Komunikasi Dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.

Hakiim, Lukmanul. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Mudjiono, dan Dimyanti. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Istirani & Intan Pulungan. 2017. Ensiklopedi Pendidikan. Medan: Incom

Rosyid, Moh.Zaiful.Mustazab.Aminol, Rosid Abdullah. 2022. Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, Sumadi. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Waryani. 2021. Dinamika Kinerja Guru da Gaya Belajar Konsep dan Implementasi Terhadap Prestasi Belajar. Jawa Barat: Adanu Abimata.

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Bagariang, E. R. ., Banjarnahor, D. N. ., & Nababan, W. . (2023). PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS X SMA SWASTA KAMPUS NOMMENSEN PEMATANG SIANTAR T.A 2022/2023. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1148–1154. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20717