PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS X MIPA DI SMA NEGERI 1 PEMATANG SIANTAR TAHUN AJARAN 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20726Keywords:
Kemandirian Belajar, Keaktifan Belajar, Prestasi BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Kemandirian Belajar dan Keaktifan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2022/2023.Permasalahan penelitian adalah bagaimana Pengaruh Kemandirian Belajar dan Keaktifan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2022/2023. Populasi dan Sampel dalam Penelitian ini adalah kelas X Sebanyak 63 orang. Metode yang digunakan dalam peneltian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan angket sebagai alat pengumpulan data dan yang digunakan adalah angket tertutup disusun secara berstruktur dimana item-item pertanyaan yang diikuti dengan jawaban yang terdiri dari empat buah pilihan. Kualitas instrumen penelitian untuk angket dinilai melalui uji validitas dan reabilitas. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menghitung persamaan regresi linier yaitu Y atas X1 adalah = 81,26+ 0,08 X1 artinya bahwa antara variabel X1 linier dengan Y dan Y atas X2 adalah = 80,99+0,01 X2 artinya bahwa antara variabel X2 linier dengan Y serta Y atas X1 dan X2 adalah = 1,48+ 2,70X1+ 1,41X2 artinya bahwa antara variabel X1 dan X2 linier dengan Y. Dari hasil penelitian diperoleh hasil bahwa Pengaruh antara Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Pematang Siantar Tahun Ajaran. 2022/2023 adalah sedang. Kedua, Pengaruh antara Keaktifan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Pematang Siantar Tahun Ajaran. 2022/2023 adalah sangat kuat. Ketiga, Pengaruh antara Kemandirian Belajar Dan Keaktifan Belajar Siswa secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Pematang Siantar Tahun Ajaran. 2022/2023 adalah kuat.References
Arikunto. 2014. Prosedur Penenelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sudjana. 2005 Metode Statistika. Bandung: PT Tarsito.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, danb RAD. Bandung: Alfabeta.
Rusman, 2019. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers
Nurhayati, Eti. 2011. Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Pulungan, Intan dan Istarani, 2021. Ensiklopedi Pendidikan. Medan: Media Persada
Yamin, Martinis. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sarliyana Sinaga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.