PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS X MIPA DI SMA NEGERI 1 PEMATANG SIANTAR TAHUN AJARAN 2022/2023

Authors

  • Sarliyana Sinaga Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Daulat Nathanael Banjarnahor Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Sepriandison Saragih Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20726

Keywords:

Kemandirian Belajar, Keaktifan Belajar, Prestasi Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Kemandirian Belajar dan Keaktifan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2022/2023.Permasalahan penelitian adalah bagaimana Pengaruh Kemandirian Belajar dan Keaktifan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2022/2023. Populasi dan Sampel dalam Penelitian ini adalah kelas X Sebanyak 63 orang. Metode yang digunakan dalam peneltian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan angket sebagai alat pengumpulan data dan yang digunakan adalah angket tertutup disusun secara berstruktur dimana item-item pertanyaan yang diikuti dengan jawaban yang terdiri dari empat buah pilihan. Kualitas instrumen penelitian untuk angket dinilai melalui uji validitas dan reabilitas. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menghitung persamaan regresi linier yaitu Y atas X1 adalah = 81,26+ 0,08 X1 artinya bahwa antara variabel X1 linier dengan Y dan Y atas X2 adalah = 80,99+0,01 X2 artinya bahwa antara variabel X2 linier dengan Y serta Y atas X1 dan X2 adalah = 1,48+ 2,70X1+ 1,41X2 artinya bahwa antara variabel X1 dan X2 linier dengan Y. Dari hasil penelitian diperoleh hasil bahwa Pengaruh antara Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Pematang Siantar Tahun Ajaran. 2022/2023 adalah sedang. Kedua, Pengaruh antara Keaktifan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Pematang Siantar Tahun Ajaran. 2022/2023 adalah sangat kuat. Ketiga, Pengaruh antara Kemandirian Belajar Dan Keaktifan Belajar Siswa secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Pematang Siantar Tahun Ajaran. 2022/2023 adalah kuat.

References

Arikunto. 2014. Prosedur Penenelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sudjana. 2005 Metode Statistika. Bandung: PT Tarsito.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, danb RAD. Bandung: Alfabeta.

Rusman, 2019. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Nurhayati, Eti. 2011. Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Pulungan, Intan dan Istarani, 2021. Ensiklopedi Pendidikan. Medan: Media Persada

Yamin, Martinis. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Sinaga, S. ., Banjarnahor, D. N. ., & Saragih, S. . (2023). PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS X MIPA DI SMA NEGERI 1 PEMATANG SIANTAR TAHUN AJARAN 2022/2023. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1189–1195. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20726