ANALISIS KEMAMPUAN GURU PPKN MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) DALAM PEMBELAJARAN PPKN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 LUBUK PAKAM

Authors

  • Florenta Simbolon Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Hotmaida Simanjuntak Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Kondios M. D Pasaribu Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20275

Keywords:

Pendekatan TPACK, Kompetensi Guru, RPP, SMP Negeri 2 Lubuk Pakam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru menyusun perangkat pembelajaran berbasis pendekatan Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK). TPACK ialah pemahaman yang berasal dari intraksi antara konten pengetahuan (materi), pedagogik, dan teknologi yang baik untuk memenuhi kebutuhan Pendidikan dalam menyediakan konten (materi) yang sesuai dalam konteks tertentu. Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, diketahui kemampuan guru menyusun perangkat pembelajaran berbasis pendekatan TPACK dalam pembelajaran PPKn di SMP Negeri 2 Lubuk Pakam adalah baik. Artinya perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disusun oleh guru sudah berdasarkan kompetensi guru (pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional.

References

De Porter, Bobbi dan Hernacki, Mike. 1992. Quantum Learning. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan oleh Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Penerbit Kaifa.

Fauziddin. 2014. Pembelajaran PAUD Bermain Cerita Menyanyi Secara Islami. Bandung. PT. Remaja Rosda Karya.

Sujimat, D. Agus. 2000. Penulisan karya ilmiah. Makalah disampaikan pada pelatihan penelitian bagi guru SLTP Negeri di Kabupaten Sidoarjo tanggal 19 Oktober 2000 (Tidak diterbitkan). MKKS SLTP Negeri Kabupaten Sidoarjo

Suparno. 2000. Langkah-langkah Penulisan Artikel Ilmiah dalam Saukah, Ali dan Waseso, M.G. 2000. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah. Malang: UM Press.

UNESA. 2000. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal, Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.

(Times New Roman 11, Reguler, spasi 1, spacing before 6 pt, after 6)

pt). Sintawati, M., & Indriani, F. (2019). Pentingnya Technological Pedagogical Content Knowlegde (TPACK) Guru di Era Revolusi Industri 4.0 Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Nasional 2019, 417-422

Zhang, S. (2019). An Epistemic Network Analysis. British Journal of Educational Technology, 0(0), 1-9. https://doi.org/10.1111/bjet.12751

Hartati, Tatat, Dwi Heryanto, Nuri Annisa, Risma Nuriyanti, Alpin, Herman Saputra, R. S. (2019). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pembelajaran Mahasiswa PPG Prajabatan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(2), 174–181. https://doi.org/DOI:http://dx/doi.org/10.17509/e.v18i2.15092

Hidayati, N., Setyosari, P., & Soepriyanto, E. (2019). Kompetensi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru SOSHUM Setingkat SMA. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(4), 291–298. Tersedia: https://doi.org/10.4018/978-1-5225-7918-2.ch016

Ratumanan, dkk.2019. ”Perencanaan pembelajaran. Depok: PT. RajaGrapindo Persada

Bariši?, K. D., Divjak, B., & Kirini?, V. (2019). Education Systems as ContextualFactors in the Technological Pedagogical Content Knowledge Framework. Journal Of Information and Organizational Sciences, Vol. 43 (2, PP. 163-183. https://doi.org/DOI: https://doi.org/ 10.31341/jios.43.2.3

Lexy J. Moleong. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi revi, p. halaman405-410).

Mawardi. (2019). Optimalisasi Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 20(1), 69–82. https://doi.org/10.22373/jid.v20i1.3859

Pulungtana, J. R., & Dwikurnaningsih, Y. (2020). Evaluasi Kinerja Mengajar Guru IPS dalam Mengimplementasikan TPACK. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, Vol. 9, Hal. 146-155. https://doi.org/p-ISSN: 2303-2898

Purwanti, L., Widyaningrum, R., & Melinda, S. A. (2020). Analisis Penggunaan Media Power Point dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Materi Animalia Kelas VIII. Journal Of Biology Education, 3(2), 157–166. https://doi.org/10.21043/jobe.v3i2.8446

Sintawati, M., & Indriani, F. (2019). Pentingnya Technological Pedagogical Content Knowledge ( TPACK ) Guru di Era Revolusi Industri 4.0. 417–422.

Suyamto, J., & Sarwanto, M. M. (2020). Analisis Kemampuan TPACK (Technolgical, Pedagogical, and Content, Knowledge) Guru Biologi SMA dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah. Jurnal Pendidikan IPA, Vol. 9, Hal. 46-57. https://doi.org/DOI: 10.20961/inkuiri.v9i1.41381

Anggriawan, Y. (2020). Analisis Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Pada Guru Matetmatika Dalam Penerapan Metode Discovery Learning di SMP Negeri se Kec. Tutang Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2020. IAIN Salatiga

Abdul Quddus. 2019. “Implementasi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK ) Dalam Pendidikan Profesi Guru (PPG) PAI LPTK UIN Mataram.” Dalam jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, Vol. 17 No. 2. PISSN: 1829-5940 E ISSN: 2503-4510.

Dedi Gunawan, Sutrisno, Muslim. 2020. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berdasarkan TPACK Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis”. Dalam Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 11 No. 2. ISSN-p 2086-8235 ISSN-e 2597-3592.

Tommy Tanu Wijaya, Sukma Murni, Aditya Purnama, dan Hendry Tanuwijaya. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Tpack Menggunakan Hawgent Dynamic Mathematics Software”. Dalam jurnal COLLASE, Vol. 03. EISSN: 2614-4093 P-ISSN: 2614-4085.

Anshori, Sodiq. 2019. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran.” Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya 2(1):88–100.

Akhawani, and Dewi widiana Rahayu. 2021. “Analisis Komponen TPACK Guru SD Sebagai Kerangka Kompetensi Guru Profesional Di Abad 21.” Jurnal Basicedu 5(4):1918–25. doi: 10.31004/basicedu.v5i5.1347.

Larasati, Vinta, and Abdul Gafur. 2018. “Hubungan Kompetensi Pedagogis Dan Kompetensi Profesional Guru PPKn Dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah.” Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan 15(1):45–51. doi: 10.21831/jc.v15i1.17282.

Malichatin, Hanik. 2019. “Analisis Kemampuan Technological Pedagogical and Content Knowledge Mahasiswa Calon Guru Biologi Melalui Kegiatan Presentasi Di Kelas.” Journal Of Biology Education 2(2):162. doi: 10.21043/jbe.v2i2.6352.

Zola, Nilma, and Mudjiran Mudjiran. 2020. “Analisis Urgensi Kompetensi Kepribadian Guru.” Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia 6(2):88–93.

Susanti, Nova, Hadiyanto, and Amirul Mukminin. 2022. “The Effects of TPACK

Instrument Variables on Teacher Candidates in Higher Education.” Journal of Higher Education Theory and Practice 22(2):107–15.

Rahmadia.(2019).Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) :

Kerangka pengatahuan Guru Abad 21. Journal of civics and education

studies.vol.6 no.1. (http://openjournal.unpam.ac.id.)

Nasar, Adrianus, Maimunah& Daud.2020. Analisis kemampuan guru Ipa tentang

Technologi pedagogical content knowledge pada SMP/MTS Di kota

Ende.Jurnal Pendidikan Fisika vol. 4(1) :9-

(http://download.garuda.ristekdikti.go.id)

Sintawati,M, Indriani,F.2019.Pentingnya Technological Pedagogical content

Knowledge (TPACK) Guru di Era Revolusi 4.0. Disajikan Dalam

Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (Ppdn)

UniversitasAhmad Dahlan. (http://seminar.uad.ac.id)

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (https://lib.unes.ac.id)

Sujatmoko,Emmanuel.2019”Hak Warga Negara Dalam Memperoleh Pendidikan.” (https://jurnalkonstitusi .mkri.id)

Downloads

Published

2023-11-10

How to Cite

Simbolon , F., Simanjuntak , H. ., & Pasaribu , K. M. D. . (2023). ANALISIS KEMAMPUAN GURU PPKN MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) DALAM PEMBELAJARAN PPKN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 LUBUK PAKAM. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1353–1361. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20275