KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DI KELAS VII PUTRI PONDOK PESANTREN SUMATERA THAWALIB PARABEK

Authors

  • Silvi Anggia Putri UIN Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Aniswita Aniswita UIN Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • M. Imamuddin UIN Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Tasnim Rahmat UIN Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20100

Keywords:

Keaktifan, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Snowball Throwing

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi dan pengamatan yang telah peneliti lakukan yaitu rendahnya keaktifan dan hasil belajar matematika siswa. Salah satu alternatif pembelajaran yang diduga dapat mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Putri Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek tahun pelajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (Random Sampling). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.15 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.10 sebagai kelas kontrol. Data keaktifan belajar siswa diperoleh dari angket dan hasil belajar matematika diperoleh dari tes akhir. Berdasarkan analisis data angket keaktifan belajar siswa menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing tergolong pada kriteria sangat aktif dengan persentase 82.40%. Analisis tes akhir dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf nyata ? = 0.05. Diperoleh harga thitung > ttabel yaitu 2.04 > 1.67, serta dengan menggunakan Software Minitab  diperoleh P-value < 0.05, yaitu 0.023 < 0.05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “hasil belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran Snowball Throwing lebih baik daripada hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas VII Putri Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek”.

References

Aniswita, A., Saputra, Y., & Medika, G. H. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas Vii Smp N 1 V Koto Kampung Dalam Padang Pariaman Tahun Ajaran 2019/2020. Juring (Journal For Research In Mathematics Learning), 4(1), 63. Https://Doi.Org/10.24014/Juring.V4i1.12589

Firmanti, P. (2017). Penalaran Siswa Laki-Laki Dan Perempuan Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Humanisma: Journal Of Gender Studies, 1(2), 73–85.

Istarani. (2014). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Kunandar. (2015). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.

Makki, M. I., & Aflahah. (2019). Konsep Dasar Belajar Dan Pembelajaran. Pamekasan: Duta Media.

Manalu, K., Sari Tambunan, E. P., & Permata Sari, O. (2022). Snowball Throwing Learning Model?: Increase Student Activity And Learning Outcomes. Journal Of Education And Teaching Learning (Jetl), 4(1), 1–13. Https://Doi.Org/10.51178/Jetl.V4i1.413

Marheni, N. L. A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Journal Of Education Action Research, 6(2), 208–213. Https://Doi.Org/10.47387/Jira.V2i2.81

Martiah, A. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika Kelas Vi Sdn 99/X Sidomukti Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022. Journal On Education, 04(02), 749–757. Https://Doi.Org/10.31004/Joe.V5i1.599

Musaropah, U., Mahali, M., Delimanugari, D., Najib, M. A., Lestari, M. I., & Nasruddin, M. (2020). Snowball Throwing Sebagai Model Pembelajaran Guna Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyyah Bidang Matematika. Intersections, 5(2), 38–47. Https://Doi.Org/10.47200/Intersections.V5i2.605

Novitasari, J., & Pujiastuti, H. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Keaktifan Matematis Materi Lingkaran Pada Siswa Smp Application Of Snowball Throwing Learning Model To Increase Mathematical Activeness Circle Material Of Junior High School Students. 14(3), 357–366.

Purniwantini, N. K. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Journal Of Education Action Research, 6(3), 309–314. Https://Doi.Org/10.47387/Jira.V2i2.81

Rahmaini, A., & Fatonah, S. (2021). Penerapan Metode Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Kelas V Di Sd Muhammadiyah Lubuklinggau. Modeling: Jurnal Program Studi Pgmi, 8(2), 20–29.

Rahmat, T., & Fitri, H. (2022). Pengaruh Keaktifan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mtematika Siswa Kelas X Mipa Sman 1 Padang Gelugur. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 13261–13264.

Rahmawati, D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Mipa 2 Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di Sma Negeri 1 Tanggul Tahun Pelajaran 2019/2020. Pesat: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Agama, 6(6), 57–72.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.

Saraniza, Syafrina, A., & Monawati. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Di Kelas V Sd Negeri Garot Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa: Elementary Education Research, 7(3), 82–86.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual Dan Aplikasi Spss. Jakarta: Kencana.

Suherman Et Al, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Fmipa Universitas Pendidikan Indonesia.

Suryabrata, S. (2004). Metodologi Penelitian. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.

Widya, T., Aniswita, A., & Sari, I. (2021). Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Cooperative Learning Tipe Pair Check. Lattice Journal?: Journal Of Mathematics Education And Applied, 1(2), 153. Https://Doi.Org/10.30983/Lattice.V1i2.5090

Yanti, S. (2020). Penggunaan Metode Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Soal Cerita Pada Siswa Sd. Lintang Songo?: Jurnal Pendidikan, 3(1), 35–39.

Downloads

Published

2023-10-20

How to Cite

Putri, S. A. ., Aniswita, A., Imamuddin, M. ., & Rahmat, T. . (2023). KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DI KELAS VII PUTRI PONDOK PESANTREN SUMATERA THAWALIB PARABEK. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 482–289. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20100

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.