HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ROPES DI KELAS VII MTS MUHAMMADIYAH BUNGA TANJUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Taufik Darma Dinata UIN Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Risnawita Risnawita UIN Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Rusdi Rusdi UIN Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Tasnim Rahmat UIN Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20102

Keywords:

Hasil belajar, Model Pembelajaran ROPES

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Hal ini dilihat dari hasil belajar matematika siswa pada UTS semester I masih 32% siswa yang tuntas, sedangkan 68% siswa lainnya tidak tuntas. Salah satu alternatif pembelajaran yang diduga dapat mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary). Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Mts Muhammadiyah Bunga Tanjung Tahun Pelajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (Random Sampling). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.B sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar matematika diperoleh dari tes akhir. Berdasarkan analisis data tes akhir yang dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf nyata ? = 0.05. Diperoleh harga thitung > ttabel yaitu 2.02 > 1.69, serta dengan menggunakan Software Minitab diperoleh = 0.025. Karena < 0.05, yaitu 0.025 < 0.05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VII Mts Muhammadiyah Bunga Tanjung tahun pelajaran 2022/2023”.

References

Ai Muflihah. (2021). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Index Card Match Pada Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 152–160. Https://Doi.Org/10.36418/Japendi.V2i1.86

Arista, H., & Rahma, A. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Ropes (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) Dengan Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Ketuntasan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X Tkj-A Di Smk Minhajut Thullab Muncar. Pedagogy, 07(02), 96–106.

Dina, R. N., Wahyuni, A., & Saminan. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Ropes (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Materi Alat-Alat Optik Di Kelas X Ia-1 Sma Negeri 4 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (Jim) Pendidikan Fisika, 1(4), 238–244.

Haryati. (2019). Pengaruh Model ( Review , Overview , Presentation , Exercise , Summary ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Gerak Pada Manusia Kelas Xi Ipa Sma Negeri 1 Stabat. Jurnal Sintaksis: Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Ipa, Ips Dan Bahasa Inggris, 1(1), 1–7.

Jamaludin. (2022). Efektifitas Model Pembelajaran Ropes Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama. Journal Of Instructional And Development Researches, 2(5), 92–98. Https://Doi.Org/10.37058/Diffraction.V2i1.1791

Lubis, W. A. (2019). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Review Overview Presentation Exercise Summary ( Ropes ). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (Jppt), 01(02), 106–113.

Nasution, D. I., & Nasution, M. D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Ropes (Review, Overview, Presentation, Exercise ,Summary) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Mts Hifzhil Qur’an Medan T.P 2020/2021. Education Journal Of Indonesia, 1(1), 1–13. Https://Publication.Umsu.Ac.Id/Index.Php/Eji/Article/View/575

Nurliani, N., Subarjah, H., & Sujana, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Peristiwa Alam. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 981–990. Https://Repository.Stkippgri-Sidoarjo.Ac.Id/Id/Eprint/792%0ahttps://Repository.Stkippgri-Sidoarjo.Ac.Id/792/1/1531032 - Artikel.Pdf

Restanti, I., Sudarti, & Harijanto, A. (2015). Pengaruh Model Pembeljaran Ropes Dengan Teknik Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Sma Di Bondowoso. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 93–97.

Rivan M, Y. M., & Masnarivan, Y. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Ropes Dan Pengetahuan Awal Terhadap Hasil Belajar Perkuliahan Matematika Di Stikes Prima Nusantara. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 1(2), 17–24. Https://Doi.Org/10.24036/Jep.V1i2.49

Simanjuntak, J., Simangunsong, M. I., Tiofanny, & Naiaho, T. (2021). Perkembangan Matematika Dan Pendidikan Matematika Di Indonesia Berdasarkan Filosofi. Sepren: Journal Of Mathematics Education And Applied, 02(02), 32–39.

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual Dan Spss. Jakarta: Kencana.

Sudjana, N. (1999). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Pt. Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulastri, Imran, & Firmansyah, A. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran Ips Di Kelas V Sdn 2 Limo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(1), 90–103. Https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/113571-Id-Meningkatkan-Hasil-Belajar-Siswa-Melalui.Pdf

Suryabrata, S. (2004). Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wirdayat, S. R., Imamuddin, M., & Kamal, M. (2019). Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Pada Siswa Kelas Vii Smp N 3 Tigo Nagari Tahun Pelajaran 2018/2019. Juring (Journal For Research In Mathematics Learning), 2(2), 165–170. Https://Doi.Org/10.24014/Juring.V2i2.7346

Yuffa, T., Kurniati, L., & Wahyuni, A. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Ropes (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary). Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika (Jipm), 2(1), 52–63. Https://Doi.Org/10.37729/Jipm.V2.N1.6

Downloads

Published

2023-10-20

How to Cite

Dinata, T. D. ., Risnawita, R., Rusdi, R., & Rahmat, T. . (2023). HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ROPES DI KELAS VII MTS MUHAMMADIYAH BUNGA TANJUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023 . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 496–501. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20102