PENGARUH KECERDASAAN INTERPERSONAL SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 8 PAYAKUMBUH

Authors

  • Siti Nurlaila Warohmah Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Darul Ilmi Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Salmi Wati Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Hamdi Abdul Karim Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18724

Keywords:

Kecerdasaan Interpersonal, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang ditemukan pada Kelas VIII SMP N 8 Payakumbuh. Hasil observasi menunjukkan bahwa kecerdasaan interpersonal siswa masih rendah, seperti yang ditunjukkan oleh siswa yang kurang aktif selama pembelajaran berlangsung. Persoalan ini juga menyebabkan hasil belajar PAI siswa rendah. Oleh sebab itu, peneliti terdorong untuk melaksanakan penelitian dengan rumusan masalah yaitu Seberapa besar pengaruh kecerdasaan interpersonal terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di  SMPN 8 Payakumbuh. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII SMPN 8 Payakumbuh Tahun Pelajaran 2022/2023 yaitu terdiri dari lima kelas. Dalam penelitian ini, sampel terdiri dari kelas VIII1 dan VIII2 yang diambil secara acak. Angket kecerdasaan interpersonal dan tes hasil belajar siswa digunakan sebagai instrument. Dari hasil analisis angket kecerdasaan interpersonal siswa dengan menggunakan uji t pada taraf nyata ? = 0.05, diperoleh harga thitung > ttabel yaitu 2,09 > 1,66 dibandingkan dengan Software SPSS dengan Sig tailed < ? yaitu 0.041 < 0.05  dan hasil belajar PAI siswa,dimana pada uji koefisien determinasinya didapatkan nilai sebesar 93,8% dipengaruhi oleh kecerdasaan interpersonal terhadap hasil belajar  dan 6,2 % dipengaruhi oleh faktor lain.  Sedangkan pada Analisis tes hasil belajar siswa dihitung dengan menggunakan uji-t pada taraf nyata ? = 0.05,  diperoleh harga thitung > ttabel yaitu 2.25 > 1.66 dan dibandingkan dengan Software SPSS dengan Sig tailed < ? yaitu 0.015 < 0.05 dimana pada uji koefisien determinasinya didapatkan nilai sebesar 83,1% dipengaruhi oleh hasil belajar mengikuti kecerdasaan interpersonal dan 17,9 % dipengaruhi oleh faktor lain. sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Pengaruh Kecerdasan Interpersonal Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 8 Payakumbuh.

References

Departemen Agama Republik Indonesia. 2012. Al-Qur’an Dan Terjemahannya. Jakarta: Insan Media Pustaka.

Faisal. 2016. Kecerdasaan Intelektual Rasulullah SAW: Perpektif Hadis, Jurnal Ulunnuha Vol. 6 No.2.

Gunawan, Adi W. 2007. Strategi Genius Learning Dalam Pembelajaran Maharatul Kitabah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Haryanto. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.

Hermida, Junaidi, Arifmiboy, Salmi Wati. 2022. Kesulitan Belajar Pai Di Era New Normal Pada Siswa Kelas VIII SMP N 02 Kenagarian Batahan Kecamatan Ranah Baratahan Kabupaten Pasaman Pendahuluan. Jurnal Multidisiplin Ilmu 1, no. 1

Huda, Miftachul, and Alimufi Arief. 2013. Pengaruh Multiple Intelligences Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis Kelas X Di SMAN 1 Porong. Inovasi Pendidikan 2, no. 3.

M. Yaumi dan Nurdi Ibrahim. 2006. Pembelajaran Berbasis, Kecerdasan Jamak (Multiple Intelligences) Mengidentifikasi dan Mengembangkan Multitalenta Anak. Jakarta: Kencana.

Ningsih, Derita, Wedra Aprison, and Junaidi, Salmiwati. 2022. Strategi Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar PAI Pada Siswa Kelas XI di SMAN 1 Tigo Nagari Kabupaten Pasaman. Koloni?: Jurnal Multidisiplin Ilmu 1, no. 3.

Qurai Shihab, Al-Muthahab Selekta Dalam Tafsir Al-Qur’an Al-Karim. 2001. Republik Arab Mesir Al-Azhar Kementrian Wakaf Majelis Tinggi Urusan Agama Islam.

Safaria, T. 2005. Interpersonal Intelligence. Yogyakarta: Amara Book.

Wulandari; dkk. 2016. Analisis Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik Pada Pembelajaran Ekonomi Di Kelas X SMA Negeri 2 Tanjung Raja. Jurnal Profit 3 no. 2.

Downloads

Published

2023-09-27

How to Cite

Warohmah, S. N. ., Ilmi, D. ., Wati, S. ., & Karim, H. A. . (2023). PENGARUH KECERDASAAN INTERPERSONAL SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 8 PAYAKUMBUH. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 725–735. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18724