PENGARUH KEPRIBADIAN DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP PRESTASI SISWA SMA SEKOLAH YAYASAN BUDDHIS SE-JAKARTA BARAT
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18253Keywords:
Prestasi, Keperibadian, Komunikasi InterpersonalAbstract
Penelitian dilaksanakan terhadap 119 orang Siswa SMA yang terpilih secara multi stage random sampling dari 120 Siswa SMA Sekolah Yayasan Buddhis Se-Jakarta Barat. Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif. Analisis data menggunakan regresi dan korelasi parsial sederhana, korelasi ganda. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel bebas Kepribadian dan Komunikasi Interpersonal secara bersama-sama dengan variabel terikat Prestasi siswa, hasil perhitungan koefisien kolerasi sebesar ry.12 = 0,757 dan koefisien determinan sebesar r2y.12 = 0,573 dan berkontribusi terhadap prestasi siswa sebesar 57,3 %, terdapat faktor-faktor lain yang berpengaruh sebesar 42,7 % terhadap Prestasi siswa. Sedangkan pengaruh secara sendiri-sendiri dari variabel bebas, Kepribadian memiliki pengaruh sangat positif dan signifikan dengan Prestasi siswa dibandingkan dengan variabel lainnya yaitu koefisien korelasi: ry.1 = 0,699 dan koefisien determinan r2y.1=0,489, dan kontribusi terhadap Prestasi siswa 48,9 %. Sisanya sebanyak 51.1% disumbangkan oleh variabel lain yang memiliki hubungan positif dengan prestasi siswa. Sedangkan variabel Komunikasi Interpersonal, koefisien korelasi sebesar ry.2= 0,745 dan koefisien determinan r2y.2= 0,556, berkontribusi terhadap Prestasi siswa sebesar 55,6 %, sedangkan sebesar 44,4 % disumbangkan oleh variabel-variabel lain yang memiliki hubungan dengan peningkatan Prestasi siswa, yang mempunyai hubungan kuat positif dan signifikan dengan Prestasi siswa.References
Adrian. (2017). Metodologi Penelitian. Akademia Pustaka.
Creswell, J. W. (2013). Research Design Qualitative, Quantitative, And Mixed Method. Sage Publications.
Indrianti, R., Djaja, S., & Suyadi, B. (2018). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 69. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/Jpe.V11i2.6449
Nurdadiyono, D., Asih, D., Handayani, K., Prihandoko, T. L., Studi, P., & Ivet, U. (2022). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kinerja Terhadap Kualitas Pembelajaran Guru. Jurnal Pendidikan, 4(2), 1–10.
Senjaya, P., Kotamena, F., Ong, F., Andika, C. B., Purwanto, A., & Pramono, R. (2020). School Environmental Influences, Student Discipline And Learning Motivation Toward Increasing Senior High Students Achievement. International Journal Of Advanced Science And Technology, 29(5), 4572–4586.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yanah Sucintani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.