PENGARUH KEPRIBADIAN DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP PRESTASI SISWA SMA SEKOLAH YAYASAN BUDDHIS SE-JAKARTA BARAT

Authors

  • Yanah Sucintani Sekolah Tinggi Agama Buddha Nalanda
  • Muljadi Muljadi Sekolah Tinggi Agama Buddha Nalanda
  • Isomudin Isomudin Sekolah Tinggi Agama Buddha Nalanda

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18253

Keywords:

Prestasi, Keperibadian, Komunikasi Interpersonal

Abstract

Penelitian dilaksanakan terhadap 119 orang Siswa SMA  yang terpilih secara multi stage random sampling dari 120 Siswa SMA Sekolah Yayasan Buddhis Se-Jakarta Barat. Penelitian  menggunakan metode penelitian kuantitatif. Analisis data menggunakan regresi dan korelasi parsial sederhana, korelasi ganda. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif  dan signifikan terhadap variabel bebas Kepribadian dan Komunikasi Interpersonal secara bersama-sama dengan variabel terikat Prestasi siswa, hasil perhitungan koefisien kolerasi sebesar ry.12 = 0,757  dan koefisien determinan sebesar r2y.12 = 0,573 dan berkontribusi terhadap prestasi siswa sebesar 57,3 %, terdapat faktor-faktor lain yang berpengaruh sebesar 42,7 %  terhadap Prestasi siswa. Sedangkan pengaruh secara sendiri-sendiri dari variabel bebas, Kepribadian memiliki pengaruh sangat positif dan signifikan dengan Prestasi siswa dibandingkan dengan variabel lainnya yaitu koefisien korelasi: ry.1 = 0,699 dan koefisien determinan r2y.1=0,489, dan kontribusi terhadap Prestasi siswa 48,9 %. Sisanya sebanyak 51.1% disumbangkan oleh variabel lain yang memiliki hubungan positif dengan prestasi siswa. Sedangkan variabel Komunikasi  Interpersonal, koefisien korelasi sebesar ry.2= 0,745 dan koefisien determinan r2y.2= 0,556, berkontribusi terhadap Prestasi siswa sebesar 55,6 %, sedangkan sebesar 44,4 % disumbangkan oleh variabel-variabel lain yang memiliki hubungan dengan peningkatan Prestasi siswa, yang mempunyai hubungan kuat positif dan signifikan  dengan Prestasi siswa.

References

Adrian. (2017). Metodologi Penelitian. Akademia Pustaka.

Creswell, J. W. (2013). Research Design Qualitative, Quantitative, And Mixed Method. Sage Publications.

Indrianti, R., Djaja, S., & Suyadi, B. (2018). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 69. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/Jpe.V11i2.6449

Nurdadiyono, D., Asih, D., Handayani, K., Prihandoko, T. L., Studi, P., & Ivet, U. (2022). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kinerja Terhadap Kualitas Pembelajaran Guru. Jurnal Pendidikan, 4(2), 1–10.

Senjaya, P., Kotamena, F., Ong, F., Andika, C. B., Purwanto, A., & Pramono, R. (2020). School Environmental Influences, Student Discipline And Learning Motivation Toward Increasing Senior High Students Achievement. International Journal Of Advanced Science And Technology, 29(5), 4572–4586.

Downloads

Published

2023-08-26

How to Cite

Sucintani, Y. . ., Muljadi, M., & Isomudin, I. (2023). PENGARUH KEPRIBADIAN DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP PRESTASI SISWA SMA SEKOLAH YAYASAN BUDDHIS SE-JAKARTA BARAT . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 412–420. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18253