PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Satriana Sitio Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v1i1.165

Keywords:

Strategi Pembelajaran Aktif Jenis Tim Kuis, Hasil Belajar Sains, Siklus Air dan Kejadian Alamiah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar sains pada siswa kelas lima sekolah dasar negeri 004 Hangtuah Kabupaten Kampar. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan strategi kuis tipe active learning strategy. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran tipe active quiz team untuk meningkatkan hasil belajar siklus air material sains dan kejadian alam pada siswa kelas lima SD Negeri 004 Hangtuah Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari satu pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Waktu penelitian dilaksanakan mulai tanggal 07 Mei s / d 12 Mei 2018. Untuk mata pelajaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas lima sekolah dasar negeri 004 Hangtuah kabupaten Kampar tahun ajaran sekolah 2017/2018 jumlah siswa 25 orang, terdiri dari 11 pria dan 14 wanita. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Setelah melakukan penelitian perhatikan peningkatan hasil belajar siswa dari tindakan sebelumnya, siklus pertama dan siklus kedua. Pada siswa penguasaan pre-action hanya mencapai 40,00% atau 10 siswa yang tuntas, siswa yang lulus siklus pertama meningkat menjadi 17 orang atau kelengkapan hanya mencapai 68,00%. Pada siklus II ternyata kelengkapan siswa pada 22 siswa atau persentase 88,00%. Dengan demikian yaitu penerapan strategi pembelajaran tipe active quiz team untuk meningkatkan hasil belajar sains materi air siklus dan kejadian alam pada siswa kelas lima sekolah dasar negeri 004 Hangtuah Kabupaten Kampar.  

References

Arikunto, S. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.

_________. 1998. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Bahrissalim & Haris, 2011. Modul Strategi dan Model-Model PAIKEM. Jakarta: Zanafa.

Dimyati dan Munjiono. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Ginting, A. 2008. Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniro.

Hamid, Moh. S. 2011. Metode Edu Tainment (Menjadikan Siswa Kreatif dan Nyaman di Kelas). Yogyakarta: Diva Press (Anggota IKAPI).

Ismail. 2011. Strategi Pembelajaran Berbasis PAIKEM. Semarang: RaSAIL Media Group.

Muijs, D & Reynolds, D. 2008. Effective Teaching Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mulyasa, 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Samatowa, U. 2011. Bagaimana Membelajarkan IPA di Sekolah Dasar, Jakarta: Depdiknas

Sardiman. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Silbermen, M.L. 2011. Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: Nusamedia

Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.

Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sutikno, S. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Prospect.

Syah, M. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Trianto. 2008. Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek, Jakarta: Publisher.

Tu’u, T. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo

Yustisia, T.P. 2008. Panduan Lengkap KTSP. Yokyakarta: Pustaka Yustisia.

Wardani, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Zaini, H. 2010. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD.

Downloads

Published

2018-12-10

How to Cite

Sitio, S. (2018). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 1(1), 64–75. https://doi.org/10.31004/jrpp.v1i1.165