Pendidikan Dalam Teori Perbedaan Individu

Authors

  • Yulfia Nora Universitas Negeri Padang
  • Mudjiran Mudjiran Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9702

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsi pendidikan dalam teori perbedaan individu. Metode penelitian menggunakan studi literatur atau tinjauan kepustakaan yaitu suatu metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara mengambil data-data yang diperlukan dari literatur-literatur yang berkaitan. Pendidikan merupakan suatu upaya yang dilakukan orang dewasa untuk menjadikan seorang anak dapat mengembangkan segala potensinya. Pendidikan dalam teori perbedaan individu merupakan suatu proses mendewasakan dan mematangkan seseorang dengan memperhatikan perbedaan yang ada pada setiap individu dibawah bimbingan dan arahan orang dewasa yang meliputi, orang tua atau keluarga, pendidik dan masyarakat. Perbedaan individu yang ada pada setiap peserta didik terlihat dari perbedaan jenis kelamin, kecerdasan, bakat, sifat, kepribadian, gaya belajar, minat, motivasi, hobi dan lain sebagainya. Perbedaan atau keunikan  tersebut secara umum disebabkan oleh dua faktor, yakni pengaruh gen dan pengaruh lingkungan manusia itu sendiri. Oleh karena itu, pendidik sebagai salah satu komponen utama dalam pembelajaran memegang peran yang sangat urgen untuk dapat menghadirkan suasana pembelajaran yang diinginkan dan menyenangkan bagi setiap individu peserta didiknya.

Downloads

Published

2022-12-18

How to Cite

Yulfia Nora, & Mudjiran, M. (2022). Pendidikan Dalam Teori Perbedaan Individu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12013–12020. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9702

Most read articles by the same author(s)