Kompetensi Pedagogik Guru Bersertifikat Pendidik SD 04 Kampung Olo Kota Padang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10875Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi peneliti dilapangan, kebanyakan guru tidak begitu efektif dalam proses pembelaran, guru tidak mengunakan metode pembelajaran yang mempertimbangkan minat dan bakat dari peserta didiknya dan dalam berkomunikasi secara lisan mau pun tulisa tidak begitu dimengerti oleh anak didik, dengan adanya beberapa ketimpangan yang terjadi, maka peneliti tertarik untuk meneliti permasalahan kompetensi guru kelas, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan kompetensi pedagogik guru di SD Negeri 04 Kp Olo Kota padang, Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yang dijadikan informan penelitian adalah guru kelas I sampai dengan guru kelas VI dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan tiga instrumen yaitu lembar observasi, lembar wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori Milles dan Huberman yang meliputi tiga tahapan yakni reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan uji kredibilitas untuk menguji keabsahan data. Hasil Penelitian Berdasarkan hasil obsevasi kepada Guru SD negari 04 Kp olo kota Padang untuk kompetensi pedagogik yang harus dimilki oleh guru kelas dan guru yang bersertifikat pendidik, didapat kan sangat menguasai kompetensi pedagogik dengan kategori sangat baik. Dan berdasarkan dari wawancara yang dilakukan oleh pendidik dengan mengajukan 14 pertanyaan mengenai kompetensi pedagogik yang harus dimiliki oleh guru dapat disimpulkan bahwa guru besertifikasi menguasi dan melakukan semua indikator-indikator dalam kemampuan pedagogik dalam proses pembelajaran,Downloads
Published
2023-01-02
How to Cite
Suryani, . A. I. ., & Mudjiran, M. (2023). Kompetensi Pedagogik Guru Bersertifikat Pendidik SD 04 Kampung Olo Kota Padang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 102–109. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10875
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Ade Irma Suryani, Mudjiran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).