Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah pada SD Negeri

Authors

  • Dedi Zulkarnain Pulungan Universitas Negeri Padang
  • Mudjiran Mudjiran Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8591

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan gambaran implementasi berbasis sekolah di SD. Manajemen berbasis sekolah merupakan salah satu usaha untuk meningkatkan kreatifitas pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penyusunan perencanaan, pelaksanaan, partisipasi masyarakat dan faktor pendukung dalam pelaksanaan manajemen berbasis sekolah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan manajemen berbasis sekolah di SD dilakukan dengan melibatkan seluruh warga sekolah dalam perencanaan dan pelaksanaan program sekolah, termasuk orang tua siswa. Sekolah memiliki staf khusus untuk mencatat dan melaporkan keuangan dan aset sekolah. Penerapan manajemen berbasis sekolah dilakukan dengan prinsip kebersamaan, yaitu dengan mendorong guru yang berkompeten untuk melatih guru yang kurang kompeten, menggerakkan kegiatan kewirausahaan sekolah, dan kepala sekolah mengajar guru lain dengan memberikan contoh secara langsung. Dengan demikian, penerapan manajemen berbasis sekolah memerlukan dukungan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.

Downloads

Published

2022-11-09

How to Cite

Pulungan, D. Z. ., & Mudjiran, M. (2022). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah pada SD Negeri . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2481–2487. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8591

Most read articles by the same author(s)