Analisis Kreativitas Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 12 Kota Padang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.8019Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya percaya rasa inggin tahu peserta didik, kurang percaya dengan kemampuan yang dimilikinya, kurang berani menunjukkan potensi yang dimilikinya di depan umum. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran kreativitas Siswa kelas XI IPA SMA N 12 Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah Siswa kelas XI IPA SMA N 12 Padang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan proposional random sampling dengan 38 responden. Instrumen yang digunakan dala pengumpulan data berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian tentang analisis kreativitas siswa kelas XI SMA N 12 Padang didapatkan data kreativitas siswa yang ditinjau dari 5 indikator secarah keseluruhan dengan persentase 69,22% pada katagori Baik. dari masing-masing indikator yaitu indikator memiliki rasa ingin tahu 50% dengan kriteria kurang baik, tekun dan tidak mudah bosan 61,13% dengan kriteria cukup baik, percaya diri dan mandiri 67,74% dengan kriteria baik, merasa tertantang oleh kemajuan atau kompleksitas 86,07%, dan berani mengambil resiko 81,18% dengan kriteria sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA N 12 Padang memiliki kretivitas yang baik.Downloads
Published
2022-10-27
How to Cite
Nerita, S. ., & Mudjiran, M. (2022). Analisis Kreativitas Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 12 Kota Padang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 8288–8293. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.8019
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Siska Nerita, Mudjiran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).