Gaya Belajar Visual : Bagaimana Kesalahannya Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika?

Authors

  • Rhomiy Handican Universitas Negeri Padang
  • Ade Putra Hayat Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Mudjiran Mudjiran Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9441

Abstract

Setiap siswa memiliki gaya belajar tersendiri yang perlu menjadi perhatikan pendidik dalam proses pembelajaran dan salah satunya adalah gaya belajar Visual. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan jenis-jenis kesalahan siswa dan faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi bentuk aljabar berdasarkan prosedur Newman. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket gaya belajar,  soal tes, dan pedoman wawancara. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIIB SMP N 11 Sungai Penuh yang memiliki gaya belajar  Visual berjulmlah 8 subjek Hasil penelitian ini menunjukkan siswa yang memiliki gaya belajar Visual melakukan kesalahan transformation, keterampilan memproses dan membuat jawaban akhir. Kesalahan transformation disebabkan karena siswa kurang menguasai materi aljabar dan siswa kurang teliti dalam membuat model matematika yang akan digukan, keterampilan proses disebabkan karena siswa kurang teliti dalam melakukan operasi aljabar dan kurang menguasai materi, kesalahan penulisan jawaban disebabkan karena siswa tidak mengecek kembali jawaban yang ditulis dan siswa ingin menyingkat waktu pengerjaanya.

Downloads

Published

2022-11-28

How to Cite

Handican, R. ., Hayat, A. P. ., & Mudjiran, M. (2022). Gaya Belajar Visual : Bagaimana Kesalahannya Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika?. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7020–7030. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9441

Most read articles by the same author(s)