Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dilihat Dari Gaya Belajar Di Kelas VIII-1
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7709Abstract
Tujuan dari penelitian kualitatif ini adalah untuk menguji data tentang kemampuan komunikasi matematis siswa yang diekspresikan sepanjang waktu mereka di kelas delapan di SMP Negeri 8 Padangsidimpuan. Partisipan dalam penelitian ini adalah enam siswa kelas VIII-7 yang fokus belajar pada ranah visual, auditori, dan kinestetik. Observasi, wawancara, dokumentasi, dan pengujian adalah metode yang digunakan untuk mengumpulkan data. Metode-metode tersebut didasarkan pada indikator kemampuan komunikasi matematis pada wanita, khususnya: (1) kemampuan menghubungkan benda nyata dengan komunikasi matematis; (2) kemampuan mengungkapkan kegiatan sehari-hari dengan menggunakan simbol-simbol yang mewakili komunikasi matematis; (3) kemampuan mendeskripsikan ide, situasi sehari-hari, dan koneksi matematis secara tertulis atau melalui gambar; dan (4) kemampuan memahami. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa; (1) Gaya belajar visual siswa, kemampuan komunikasi matematika dalam kategori "baik" pada indikator 1,3,4 dan 5, kurang baik pada indikator 2; (2) Gaya belajar auditori siswa memiliki kemampuan komunikasi matematik dengan kategori "baik" pada indikator 1,4, dan 5 serta kurang baik pada indikator 2 dan 3; (3) Sebaliknya, siswa kinestetik hanya memiliki komunikasi matematis yang kuat pada kategori “Baik” untuk indikator 4, 1, 2, 3, dan 5, dan komunikasi matematis cukup kuat pada indikator 1, 2, dan 4; (3) Sebaliknya, siswa yang cenderung kinestetik dalam belajar siswa homoseksual hanya memiliki kemampuan berkomunikasi matematis dengan kategori “Baik” untuk indikator 1 sampai 4, dan hanya sedikit pada indikator 1, 2, 3, dan 5.Downloads
Published
2022-10-20
How to Cite
Harahap, A. N. ., & Mudjiran, M. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dilihat Dari Gaya Belajar Di Kelas VIII-1. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6381–6387. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7709
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Adek Nilasari Harahap, Mudjiran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).